Tips Mengocok Putih Telur dan Krim Yang Berhasil Ala NaturalCookingClub

Tips Mengocok Putih Telur dan Krim Yang Berhasil Ala NaturalCookingClub .

Dalam membuat kue ataupun cake, biasanya kita perlu kocokan putih telur atau beberapa jenis krim dalam membuat adonannya.

Tapi sering kali kocokan kita itu tidak berhasil sehingga kue atau cake yang kita buat juga gagal. Entah menjadi bantat atau tidak matang ditengah atau apapun bentuk gagal matangnya kue kita.

Nah, Natural Cooking Club yang terkenal di Indonesia membagikan beberapa tips dalam mengocok putih telur dan krim yang berhasil sehingga kue atau cake yang kita buat juga berhasil.

Inilah beberapa tipsnya untuk Anda :

putih telur

Tips Mengocok Putih Telur dan Krim Yang Berhasil Ala NaturalCookingClub

TIPS MENGOCOK PUTIH TELUR

  1. Wadah dan peralatan untuk mengocok harus bersih dan kering, bebas dari mnyak, air dan residu lain. Sedikit saja minyak tercampur dalam telur, maka adonan akan menjadi sulit naik.
  2. Putih telur harus bersih dari kuning telur sama sekali. Setetes saja kuning telur tercampur dapat  membuat putih telur sulit menjadi kaku.
  3. Penambahan cream of tar-tar dapat membantu kestabilan putih telur. Tapi bahan ini bisa dihilangkan.
  4. Dalam pengocokan putih telur, ada 3 (tiga) tahap yang harus dilalui yaitu berbusa, puncak tumpul dan puncak runcing :
    • Tahap Berbusa : putih telurnya berbusa dan mulai naik. Adonan mulai enteng.¬† Ditahapan ini biasanya gula mulai masuk.
    • Puncak Tumpul : adonan relatif lebih kaku, membentuk puncak-puncak adonan yang bentuknya membukit-bukit, alias tumpul. Warnanya mengkilat (shiny), terlihat lembut seperti krim kocok. Jika mikser dimatikan, kemudian kocokan diangkat, adonan yang menempel di kocokan akan ikut terangkat ke atas kemudian jatuh lagi ke mangkok.
    • Tahap Puncak Runcing : adonan menjadi sangat kaku membentuk puncak-puncak daonan yang bentuknya runcing-runcing. Warna tidak lagi mengkilat. Adonan terlihat kaku (keras) dan kering. Kalau mikser dimatikan, kemudian kocokan diangkat, adonan yang terangkat tidak akan jatuh lagi ke mangkok tetapi tetap menunjuk ke atas, Di tahap ini, adonan mudah mencair (terpisah antara air dibagian bawah dan busa di bagian atas). Kalau ini terjadi maka cairan dibagian bawah jangan iut dimasukkan ke dalam adonan karena akan menyebabkan kue menjadi bantat.
cream-170439_640

Tips Mengocok Putih Telur dan Krim Yang Berhasil Ala NaturalCookingClub

TIPS MENGOCOK KRIM

  1. Krim harus berada dalam keadaan dingin dari kulkas. Jika perlu dinginkan pula peralatan dan mangkok untuk mengocok.
  2. Selama proses pengocokan, jaga suhu ruang jangan menjadi panas. Jika perlu, rendam mangkok pengocok dalam baskom berisi es batu selama pengocokan.
  3. Jangan mengocok krim terlalu lama. Setelah krim kental da kaku, langsung gunakan – campurkan dalam adonan atau digunakan sesuai kebutuhan krim itu.
  4. Krim non-dairy lebih stabil dalam suhu ruang dibandingkan yang dairy. Cocok untuk kue-kue yang harus berada diluar kulkas dalam waktu relatif lama.
  5. Krim bubuk harus dicampur air lebih dahulu sesuai dengan ukuran yang tertera dalam kemasan, Baru digunakan seperti halnya krim cair. Krim bubuk lebih stabil di suhu ruang dibandingkan dengan krim cair. Tetapi sebagian kalangan berpendapat krim cair memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan krim bubuk.

Selamat mencoba dan semoga kue dan cake yang Anda buat berhasil ya. Tentu senang kalau kue atau cake yang kita buat tidak bantat. Bukan saja mereka yang makan yang senang tapi kita yang membuat juga puas, bukan? Yuk, segera dipraktekkan.

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!