Tips Mengisi Liburan Bersama Si Kecil

Tips Mengisi Liburan Bersama Si Kecil – Libur sekolah sudah hampir tiba. Apa rencana Anda dan si kecil untuk mengisi liburan yang akan datang? Mengisi liburan di rumah saja ataupun pergi ke luar kota? Pastikan liburan kali ini bermanfaat untuknya.

Namun, bukan berarti Anda sendiri lah yang merencanakan liburan kali ini tanpa persetujuan si kecil. Biarkan ia mengeluarkan ide-idenya sendiri untuk mengisi liburannya. Bagaimanapun, liburan merupakan media bagi anak untuk melepaskan ketegangan sesudah ujian dan belajar di sekolah setiap hari.

RENCANAKAN BERSAMA-SAMA

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengajak si kecil mendiskusikan rencananya untuk  mengisi liburan sekolahnya. Anda bisa mengusulkan berbagai kegiatan yang mungkin menarik baginya. Walaupun, dia sendirilah yang berhak menentukan yang mana yang dipilihnya. Untuk itu, buatlah daftar tempat-tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.  Agar anak tidak bosan, usahakan agar tempat liburan tidak selalu sama setiap tahunnya.

Yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah anggaran yang ada. Jadi ingatkanlah si kecil untuk menyesuaikan rencana liburannya itu dengan dana yang tersedia. Jika kebetulan dana terbatas sehingga tidak bisa bepergian ke luar kota, Anda berdua mungkin bisa merencanakan berbagai kegiatan menarik di rumah ataupun bepergian di tempat-tempat wisata di dalam kota dengan biaya yang relatif murah. Kegiatan-kegiatan seperti ini tentunya juga berguna bagi Anda yang bekerja dan tidak bisa mengambil cuti panjang.

Selipkan unsur pendidikan di setiap kegiatan liburan. Unsur pendidikan ini sendiri tidak hanya bisa diperoleh dari kunjungan ke tempat wisata tapi juga bisa didapatkan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan di rumah. Misalnya memasak bersama.  Berbagai pengetahuan baru bisa dia dapatkan seperti bagaimana proses penguapan terjadi dan lain sebagainya. Bahkan dalam perjalanan di mobil pun, Anda bisa menciptakan berbagai permainan menarik yang mendidik. Misalnya berlomba menuliskan sebanyak mungkin benda-benda yang dilihat di jalan, yang namanya dimulai dengan huruf tertentu. Intinya, apapun kegiatan yang Anda lakukan, asal Anda jeli, banyak unsur pendidikan yang ada di dalamnya.

JIKA BERLIBUR DI LUAR RUMAH

Berlibur bisa dilakukan di luar rumah dan tidak harus bepergian ke luar kota. Jalan-jalan ke mal, misalnya, tak hanya menghibur si kecil tetapi juga bisa menjadi media untuk belajar dan bermain.

Coba Anda berikan uang secukupnya untuk si kecil membeli mainan dan makanan kesukaannya. Minta ia membelanjakan uang tersebut dengan sisa beberapa ribu rupiah. Melalui kegiatan ini, ia tidak hanya bisa mendapatkan mainan atau makanan kesukaannya tetapi juga belajar berhitung dan membelanjakan uang. Atau bisa juga mengajaknya ke panti asuhan atau panti jompo misalnya. Melalui kegiatan ini, empati si kecil pada orang-orang urang beruntung bisa semakin terasah. Ajaklah ia mengumpulkan pakaian bekasnya yang masih layak pakai untuk diberikan kepada teman-temannya di panti asuhan.

Demikian pula jika kebetulan si kecil memilih berlibur di alam terbuka. Ajaklah ia menggambar atau membuat tulisan tentang tempat yagn dia kunjungi itu jika memang menyukai kedua kegiatan itu. Atau bisa juga dengan mengajaknya mengumpulkan berbagai dedaunan kering untuk ditempelkan di buku sebagai koleksi. Jelaskan pula berbagai peristiwa alam. Tentunya dilakukan lewat kegiatan bermain. Hal yang serupa juga bisa dilakukan jika kebetulan Anda dan si kecil bepergian ke museum atau tempat wisata lainnya.

JIKA DI RUMAH SAJA

Anda mungkin hanya puny a waktu Sabtu dan Minggu, dan si kecil sedang malas bepergian ke luar rumah serta dana terbatas. Ajaklah ia merencanakan berbagai kegiatan menyenangkan di rumah. Misalnya melakukan acara masak-memasak bersama atau bisa juga membuat berbagai kerajinan tangan yang tentunya bisa dengan mudah ia buat. Seperti membuat kartu ucapan dari kertas karton serta membuat boneka, Atau jika kebetulan halaman rumah Anda cukup luas, Anda sekeluarga bisa membangun kemah dan kemping di halaman rumah sambil membuat api unggun dan bernyanyi bersama.

Sumber : Majalah Wanita Mingguan Lisa, No. 23/V, 3-9 Juni 2004

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!