Semua Kacang-kacangan Baik Tapi Ini 8 Jenis yang Tersehat

Semua kacang-kacangan baik tapi ini 8 jenis yang tersehat – Saat kita berbicara tentang nutrisi, tidak semua kacang-kacangan setara. Kita memotong lemak sehingga kita tidak perlu melakukannya. Jika Anda bertanya kepada kami maka kami katakan bahwa semua orang pantas mendapatkan cinta. Mungkin bentuknya adalah camilan yang terbaik seperti kacang yang renyah, mudah dibawa kemana saja dan rasanya enak. Memasangkannya dengan coklat juga tidak ada salahnya.

Namun saat kita membicarakan soal nutrisi, tidak semua jenis kacang-kacangan mengandung nutrisi yang seimbang. Penulis berdiskusi dengan Malena Perdomo, MS, RDN, CDE, tentang manfaat kacang untuk kesehatan dimana yang harus dibahas terlebih dahulu.

Apakah kabar baiknya tentang hal ini? Semua kacang-kacangan itu sehat. Kata Malena,” Semua kacang mengandung lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda) serta memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral seperti asam folat, vitamin E, vitamin B6, magnesium, kalium, tembaga, seng, selenium dan fosfor. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat dan protein”.

Sebagai seorang ahli dalam hal pengaturan makanan (diet), Malena juga merekomendasikan berbagai jenis kacang sebagai kudapan untuk memperoleh manfaat dari nutrisi yang dikandungnya. Tidak perlu berpikir dua kali untuk mengkonsumsinya.

Berikut adalah daftar jenis kacang tersehat dan alasan ilmiah dibaliknya :

ALMOND

Kacang ini merupakan kudapan yang enak untuk dimakan. Kacang almond mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Selain itu, almond memiliki jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada kacang lainnya dalam ukuran yang sama yaitu 4 gram per porsinya (sekitar 23 buah kacang almond). Kacang almond juga memiliki vitamin E dan protein yang paling banyak dibandingkan semua kacang-kacangan dimana terkandung 6 gram protein per porsi. Kombinasi serat, lemak baik dan protein ini terbukti mampu membuat perut kita kenyang lebih lama. Akhirnya, almond terbukti mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 2.

PISTASIO

Dibandingkan jenis kacang lain, pistasio mengandung potasium tertinggi yaitu 291 miligram per ounce serta mengandung vitamin B6 tertinggi. Pistasio juga merupakan kacang dengan serat tertinggi. Jenis kacang ini juga mampu membantu mereka yang memiliki faktor resiko masalah jantung termasuk tekanan darah, berat badan berlebih serta masalah oksidatif. Satu sajian pistaio berisi sekita 49 buah.

 

KENARI

Kenari merupakan sumber asam lemak omega 3 yang terbaik. Jenis kacang ini juga menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Sebagai tambahan, kenari juga baik untuk melawan peradangan. Satu takar saji kenari biasanya terdiri dari 12-14 buah.

KACANG METE

Satu takar saji kacang mete biasanya terdiri dari sekitar 18 buah kacang dengan kancungan protein sebesar 5 gram. Kacang mete mengandung zat besi dan seng tertinggi per ouncenya dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lain. Kedua sangat penting dalam menjaga sistem imunita tubuh kita. Bagi para vegetarian yang membutuhkan makanan kaya zat besi, mengudap kacang mete bisa menjadi pilihan. Selain itu, kacang meter juga merupakan sumber magnesium dan tembaga yang sangat baik.

HAZELNUT

Dalam 1 ounce hazelnut terkandung 4 gram protein (kurang lebih 20 buah kacang). Selain itu hazelnut juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Dibandingkan dengan tiga jenis kacang lainnya, dalam kacang ini terkandung asam folat tertinggi yang merupakan nutrisi terpenting bagi kehamilan. Serta mengandung lemak tak jenuh tunggal tinggi.

MAKADAMIA

Jenis kacang ini tertinggi dalam kandungan kalori dan lemak. Namun, siapa yang akan menghitungnya karena rasanya sangat enak. Jumlah kalori kacang-kacangan bervariasi mulai dari 160 hingga 200 kalori per once. Namun 1 ounce kacang makadamia mengandung 200 kalori – ini untuk 10-12 buah kacang. Makadamia adalah kacang dengan lemak tak jenuh tunggal tertinggi dibandingkan dengan jenis kacang lain. Bagi mereka yang menjalani diet ketogenik, jangan lagi mencari yang lain. Kacang makadamia juga mampu mengurangi faktor resiko penyakit jantung termasuk stres dan peradangan oksidatif.

KACANG PIKAN

1 once kacang pikan Рsekitar 20 buah, mengandung 196 kalori serta jumlah serat makanan yang baik yaitu sekitar 2,7 gram.  Kacang jenis ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kacang pikan dapat menurunkan kadar LDL kolesterol buruk, pada orang dengan kadar kolesterol normal.

KACANG PINUS

Kacang pinus merupakan sumber vitamin E dan fosfor yang baik. Selain itu kacang ini kaya akan vitamin K. 1 ounce kacang pinus berisi sekitar 167 buah kacang.

 

 

Penulis : Betty Gold

Sumber : www.realsimple.com

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!