Resep Swedish Meatballs

Resep Swedish Meatballs – Bola-bola daging Swedia ini dibuat dengan kombinasi daging sapi dan daging bagi. Hidangan ini merupakan makanan favorit Skandinavia yang terdiri dari hidangan pembuka hingga hidangan utama dalam satu kali hidangan (hanya dengan menambahkan mie). Dalam tradisinya, hidangan ini disajikan dengan selai manis dari lingonberry; yang jika tidak dapat ditemukan, Anda dapat menggantinya dengan anggur atau jelly kismis merah.

Total waktu untuk memasak : 40 menit

Persiapan : 20 menit

Porsi sajian : 8 porsi

BAHAN

1 pound daging sapi giling

1 pound daging babi giling

3 cup panko – tepung roti ala Jepang

1 1/2 cup susu

2 buah telur – kocok

2 siung bawang putih – cincang

1 sendok teh Garam

1/2 sendok teh merica

1/4 sendok teh bumbu all spice

3 sendok makan butter

1/3 cup tepung serbaguna

3 cup kaldu sapi rendah sodium

Anggur atau jelly kismis merah

Mie telur yang telah dimasak

Jika suka, tambahkan pala bubuk.

 

CARA PEMBUATAN

  1. Panaskan oven pada suhu 475 F.
  2. Dalam mangkok besar, campurkan daging sapi giling, daging babi giling, panko, 1/2 cup susu, telur, bawang putih, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica dan bumbu all spice (jika suka tambahkan pala bubuk). Aduk hingga semua rata.
  3. Gunakan sendok bulat untuk membentuk bola-bola ini sampai berbentuk bulat. 1 resep ini dapat menghasilkan sekitar 48 buah bola-bola.
  4. Letakkan bola-bola pada loyang yang telah diberi alas, panggang hingga berwarna kecoklatan kurang lebih 10-12 menit lalu baliklah pada sisi yang lain.
  5. Sambil menunggu daging dipanggang, mari kita membuat sausnya
  6. Di wajan berukuran sedang, lelehkan butter dengan suhu sedang. Tambahkan tepung, masak dan aduk selama kurang lebih 1 menit – jangan sampai gosong.
  7. Perlahan aduk sisa susu dan kaldu, biarkan hingga mendidih. Lalu kurangi panas dan biarkan mendidih perlahan hingga saus menjadi lebih kental.
  8. Pindahlah ke wadah yang lebih besar.
  9. Dengan sendok besar, tambahkan bola-bola daging ke dalam saus. Perlahan aduk hingga rata.
  10. Dapat disajikan sebagai hidangan pembuka dengan menggunakan tusuk gigi dan tambahan jelly pada sisinya atau dihidangkan sebagai menu utama dengan menyiramkannya ke atas mie yang telah dimatangkan terlebih dahulu. Tambahkan daun parsley dan jelly sebagai hiasan.

 

Sumber : Everyday Food – Desember 2008, www.marthastewart.comĀ 

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!