Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu

Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu – Jika Anda melahirkan secara normal, baringkan bayi Anda diatas tubuh Anda, wajahnya diletakkan didekat payudara Anda dan kakinya didekat paha Anda. Jika Anda melahirkan dengan operasi caesar, letakkan bayi Anda di dada tetapi jauh dari luka operasi atau baringkan disisi Anda dengan wajah bayi menghadap pada payudara Anda. Jika Anda bisa duduk, peluklah bayi Anda dan sanggalah kepalanya dengan lekuk lengan Anda saat bayi Anda disusui. Setiap bayi akan memberikan reaksi yang berbeda pada setiap posisi, jadi cobalah beberapa posisi sampai Anda menemukan posisi yang paling nyaman.

Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu

Sebagai Ibu baru, menyusui adalah hal yang membutuhkan banyak akal. Bertanggung jawab atas kehadiran seorang anak manusia kadang adalah hal yang menakutkan. Kekurangan informasi dan pengetahuan juga hal yang kurang membantu. Senyampang dokter Anda memberikan bantuan yang Anda butuhkan, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk menyusui. Ambillah waktu Anda, bersabar, cobalah posisi baru dan cari tahu posisi mana yang cocok untuk Anda dan buah hati Anda.

BERBARING (BIOLOGICAL NURTURING)

Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu

Posisi ini adalah posisi optimum bagi para ibu untuk rileks dan untuk para bayi untuk mengembangkan daya refleks mereka serta membuat mereka menikmati suasana baru.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan :

  1. Berbaringlah pada posisi setengah duduk yang nyaman di atas tempat tidur atau di sofa dengan menggunakan bantal. Pastikan Anda memberikan sandaran pada punggung, leher dan bahu Anda selama berada pada posisi ini.
  2. Jika Anda melahirkan secara normal, letakkan bayi Anda dengan wajah di dekat dada Anda dan kakinya di dekat paha Anda.
  3. Jika Anda melahirkan melalui operasi caesar, letakkan bayi Anda di dada atau di dekat bahu untuk menghindari luka operasi Anda tersentuk. Bayi Anda harus bertumpu pada perut mereka jika berada dalam posisi ini.
  4. Posisi lutut ke atas dan terlipat akan sangat membantu.
  5. Anda dapat memodifikasi seperti meletakkan bayi dalam posisi vertikal ataupun diagonal dibawah dada. Anda akan secara berlaa menemukan posisi yang cocok untuk Anda.
  6. Anda dapat menggunakan bantal untuk memposisikan diri Anda pada posisi yang paling nyaman.

Kapankah posisi pelukan ini berfungsi dengan baik ?

Oksitosin adalah hormon dan neurotransmitter yang memicu produksi air susu pada Ibu. Saat bayi disusui dalam kondisi tubuh yang saling bersentuhan penuh mulai menyusu, impuls syarat yang menyebabkan pelepasan oksitosin sehingga air susu dapat diproduksi dengan lebih baik. Posisi bersandar adalah yang terbaik untuk kondisi ini karena memberikan kesempatan kedua tubuh saling bersentuhan.

Posisi ini juga dianggp sebagai salah satu cara terbaik untuk mengenalkan proses menyusui pada bayi yang baru dilahirkan. Sesuai dengan namanya, posisi ini membuat para ibu merasa rileks dan santai. Bila bayi belum dapat mengontrol lehernya khususnya dalam beberapa minggu pertama, gravitasilah yang akan berfungsi disini dan membantu bayi pada posisinya. Anda hanya perlu memberikan sentuhan dan dukungan yang lembut pada bayi. Posisi ini juga membantu bayi yang tidak dapat menguasai aliran air susu yang cepat, jika mereka tidak memiliki lidah yang lebar atau mengalami masalah saat menempel pada tubuh Anda.

Cara memegang ini juga dapat membuat naluri dan reflek bayi keluar secara alamiah. Seperti dikatakan bayi-bayi memiliki kemampuan dari lahir untuk menemukan jalan menuju puting susu dan mulai menghisap air susu. Ini adalah posisi terbaik bagi bayi untuk menemukan jalan untuk menyusu. Mungkin mereka membutuhkan beberapa waktu untuk tahu bagaimana seharusnya, karena itu bersabarlah dan pandulah mereka. Sebagian besar bagian tubuh Anda bebas bergerak, sehingga nda sapat menyesuaikan posisi Anda kapan saja dibutuhkan.

PERINGATAN :

Ibu dengan operasi caesar mungkin akan menemui kesulitan untuk meletakkan bayi mereka pada bagian perut. Sebagai alternatifnya, Anda dapat meletakan bayi Anda di sekitar bahu. Posisi ini mungkin tidak dapat berfungsi pada ibu dengan payudara besar.

 

POSISI BUAIAN/GENDONGAN

Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu

Ini adalah posisi dasar yang diajarkan pada para ibu baru, yaitu ;

  1. Duduk dengan nyaman, baik di kursi yang memiliki pegangan tangan ataupun di tempat tidur dengan bantal yang cukup untuk menyangga punggung dan tangan Anda.
  2. Jika Anda menyusui pada sisi kanan, peganglah bayi dengan tangan kanan Anda.
  3. Sanggalah kepala bayi dengan lekuk tangan Anda.
  4. Gunakan tangan kiri Anda untuk menopang payudara Anda.
  5. Gunakan bantal untuk menopang berat badan bayi dan untuk membaringkan punggung Anda jika kesulitan duduk tegak untuk waktu yang cukup lama.
  6. Pastikan bayi Anda nyaman dan hanya fokus untuk minum susu.

Kapankah posisi  ini berfungsi dengan baik ?

Posisi buaian ini cocok untuk bayi yang sudah cukup umur. Anda dapat menggunakan posisi ini saat bayi Anda berusia paling sedikit 1 bulan karena posisi ini membutuhkan otot leher yang cukup kuat untuk menyangga. Posisi ini cocok untuk para ibu yang melahirkan secara normal.

PERINGATAN :

Posisi ini tidak nyaman jika bayi Anda memiliki masalah saat menempel pada payudara Anda. Kepala mereka mungkin kurang kuat / goyang dan Anda kurang dapat mengatasinya. Posisi ini memberi tekanan cukup besar pada perut bagian bawah sehingga mungkin menyebabkan rasa sakit pada mereka yang menjalani operasi caesar.

 

POSISI BUAIAN/GENDONGAN MENYILANG

Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu

Posisi ini sama dengan posisi buaian/gendongan di poin sebelumnya. Yang membedakan hanyalah tangan yang digunakan. Baiknya menggunakan tangan yang dominan Anda pakai untuk menopang bayi.

  1. Duduklah dengan nyaman pada kursi dengan pegangan tangan atau pada tempat tidur dengan bantal yang cukup untuk menyangga punggung dan tangan Anda.
  2. Baringkan bayi pada pada sisi nyaman Anda dan gunakan bantal untuk membawa ke tinggi yang tepat.
  3. Jika menyusui pada payudara kanan Anda, gunakan telapak tangan kiri untuk menopang kepala bayi Anda.
  4. Topanglah punggungnya dengan tangan yang lain.

Kapankah posisi  ini berfungsi dengan baik ?

Posisi ini akan bekerja dengan baik jika bayi Anda mempunyai masalah saat menyusu dan pada awal menyusu yang tidak banyak. Sebagai ibu, Anda dapat melihat bagaimana posisi bayi Anda dan arahkan dia ke posisi yang benar. Ini juga akan meningkatkan kepercayadirian Anda sebagai Ibu Muda.

PERINGATAN :

Posisi ini mungkin tidak cocok untuk bayi yang mengalami cedera pada kepala dan pertumbuhan tumbuh yang tidak simetris. Karena cukup sulit untuk menjaga posisi ini saat bayi lebih besar, disarankan untuk mengganti posisi memegang bayi ini.

PEGANGAN ALA DOMPET TANGAN SEPAK BOLA

Posisi Menyusui Terbaik Yang Harus Dicoba Oleh Para Ibu

Ini adalah cara yang mudah untuk memegang atau menggendong bayi Anda jika bayi Anda aktif dan terus bergerak saat disusui.

  1. Duduk dengan punggung yang nyaman
  2. Letakkan bayi Anda disisi sebelah Anda akan menyusui
  3. Jika Anda menyusui di sisi kanan, gunakan tangan kanan Anda untuk menopang bayi. Posisikan seperti menyelipkan di bawah tangan Anda, seperti memegang bola.
  4. Bayi Anda harus menghadap ke wajah Anda dan mulutnya sejajar dengan puting Anda.
  5. Pegang kepalanya dengan telapak tangan kanan Anda dan pandulah dia untuk dapat menyusu dengan baik.
  6. Peganglah payudara Anda dengan tangan yang lain dan masukkan ke dalam mulut bayi Anda.
  7. Gunakan bantal dibawah badan bayi Anda, dan juga untuk menopang tangan Anda.

Kapankah posisi  ini berfungsi dengan baik ?

Ini adalah posisi terbaik untuk para ibu yang menjalani operasi caesar karena posisi ini menghindarkan bayi untuk memegang atau menyentuh luka bekas operasi.  Posisi ini cocok untuk para ibu dengan payudara besar. Sangat pas untuk para ibu yang baru pertama memiliki bayi dan juga untuk bayi yang lahir prematur, bayi yang kecil karena akan memberikan dasar yang kokoh. Dengan pegangan jenis ini akan memudahkan ibu untuk memperhatikan apakah bayinya merasa nyaman atau tidak dan memudahan untuk memandu dia. Jika Anda memilki masalah dalam reflek ejeksi, bayi berada di posisi yang lebih baik untuk menyusu.

Posisi ini juga baik untuk bayi yang lahir lewat umur. Gunakan pegangan ini untuk menghindari bayi menggerakkan kepalanya terlalu banyak sehingga menghindari masalah pernafasan karena bayi rentan dengan masalah pernafasan – mendadak susah bernafas.

PERINGATAN :

Pegangan ini membutuhkan latihan dan waktu untuk penyesuaian. Anda harus memastikan bahwa bagian bawah bayi Anda tidak terlibat atau menggantung dan buatlah ia nyaman.

Sumber : www.curejoy.com

 

Incoming search terms:

  • posisi menyusui

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!