Pisang Kaya Vitamin dan Mineral

Pisang Kaya Vitamin dan Mineral – Buahnya yang manis membuat pisang diminati semua orang. Selain mudah didapat, murah, pisang mengandung banyak vitamin dan kaya akan mineral.

Pisang memang tak mengenal musim. Setiap saat dapat mendapatkannya dimanapun. Tanaman berumpun ini dapat hidup di tanah subur hingga tanah tandus sekalipun. Tak salah jika tanaman yang memiliki tinggi 3-5 meter ini tumbuh subur di negara kita.

 

Pohon pisang memiliki karakteristik tersendiri. Batangnya semu, licin dan banyak mengandung air. Proses berbuahnya juga sangat khas, keluar dari ujung batang, tersusun seperti sisir dalam satu tandan. Ujung tandannya terdapat jantung yang biasa berwarna merah hati. Semua buah pisang apapun jenisnya pasti tersusun dalam bentuk sisir. Satu pohon pisang akan menghasilkan beberapa sisir pisang yang tersusun dalam satu tandan. Berbeda dengan tanaman lainnya, pisang hanya berbuah sekali dan akhirnya mati,

JENIS-JENIS PISANG

Pisang banyak sekali ragamnya. MulaiĀ  dari yang kecil hingga yang besar. Masing-masing pisang berbeda satu sama lainnya. Jenis-jenis pisang ini pasti sudah Anda kenal atau mungkin sering Anda makan.

PISANG AMBON

Mungkin pisang ini yang paling populer. Selain rasanya yang manis, aromanya pun wangi. Jenisnya ada dua macam yaitu pisang ambon putih dan pisang ambon lumut. Kandungan kalorinya paling tinggi sehingga banyak dikonsumsi para olahragawan.

PISANG NANGKA

Bentuknya sama seperti pisang ambon tetapi lebih ramping dengan kulit berwarna hijau. Aroma wanginya mirip dengan buah nangka sehingga disebut pisang nangka.

PISANG KEPOK

Di beberapa daerah pisang ini dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Seperti di Sulawesi, pisang kepok dijadikan olahan lokka dianjore. Jenisnya ada 2 macam, yang kuning dan putih.

PISANG TANDUK

Pisang tanduk digolongkan menjadi tiga yaitu hanya satu sisir dalam satu tandan. Yang terdiri dari 2-3 sisi dalam satu tandan dan disebut pisang galek. Serta yang tumbuh 4-6 sisi dalam satu tandan dikenal dengan kerayunan.

PISANG MAS

Pisang mas bentuknya kecil dan rasanya manis. Konon jenis pisang ini dianggap mujarab untuk mengusir setan. Bahkan ada juga yang pantang memakan pisang mas.

Selain jenis pisang tersebut masih ada jenis pisang lain yang sudah Anda kenal. Seperti pisang raja sereh, pisang raja bulu, pisang susu, pisang usuk dan pisang lainnya. Semuanya merupakan keturunan dari Musa acuminate colla dan Musa balbisiana colla. Jenis inilah yang banyak tumbuh di Malaysia, Thailand, Indonesia dan Papua Nugini.

PENYIMPANAN PISANG

Pisang merupakan jenis bahan makanan yang mudah rusak. Kalau kebetulan Anda membeli pisang dalam jumlah banyak, janganlah salah menyimpan pisang. Bila pisang belum terlalu matang, sebaiknya ikat bagian pangkalnya dan gantung serta simpan dalam suhu ruang. Jangan menyimpan pisang dalam lemari pendingin karena akan membuat pisang mudah rusak dan warna kulit menjadi coklat.

Jangan salah pilih! Pisang akan terasa enak dan manis bila sudah benar-benar matang. Bila masih mentah akan terasa sepet dan keras. Pilih ujung dengan bentuk agak bulat. Hati-hati, saat ini banyak sekali pisang yang diperam sehingga berwarna kuning tetapi jika dimakan rasanya sepet.

PENGOLAHAN

Ada pisang yang dapat langsung disantap tanpa diolah seperti pisang ambon, pisang raja sereh, pisang raja, pisang susu dan pisang mas. Tapi ada pula yang harus dimasak sebelum dinikmati. Ambil contoh pisang tanduk dan pisang nangka.

Pisang bisa diolah apa saja. Aneka kue, masakan atau minuman dengna berbagai tehnik pengolahan : dipanggang, dikukus, direbus atau digoreng. Saat ini pisang bisa dipakai sebagian sajian es krim, salad, cake bahkan pie.

Penasaran? Kenapa tidak mencobanya sekarang?

 

Sumber : Majalah Wanita Mingguan Lisa – No. 13/V – tanggal 25-31 Maret 2004

Penulis : Cucu Cahyana

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!