Peluang Bisnis Pertanian Untuk Mahasiswa

Peluang Bisnis Pertanian Untuk Mahasiswa – Menjadi mahasiswa sangat menyenangkan apabila mendapatkan nilai yang bagus dan memiliki prestasi di kelas juga dapat meringankan orang tua dari segi biaya kuliah. Meringankan orang tua dari segi biaya bisa dari mengajukan beasiswa, ataupun dari berbisnis. Kebanyakan orang lebih memilih bisnis sampingan sambil kuliah dibandingkan berebut beasiswa dari kampus.

SET

Bisnis saat waktu mahasiswa biasanya sangat mudah dilakukan oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan IT, karena peluang bisnis di IT memang lebih banyak yang dapat dilakukan sebagai usaha sampingan, namun bukan berarti jurusan lain tidak dapat melakukan bisnis, yang terpenting adalah mencari peluang usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian saat masih kuliah. Bahkan untuk jurusan yang lebih banyak praktek di luar, seperti salah satunya adalah pertanian. Mungkin beberapa orang menganggap bisnis saat menjadi mahasiswa pertanian tidaklah memungkinkan, karena melakukan banyak hal diluar rumah untuk mengurus bisnis menyita banyak waktu dan kemungkinan besar akan mengganggu perkuliahan.

Namun tidak selamanya demikian, berikut beberapa peluang bisnis pertanian untuk mahasiswa yang dapat Anda lakukan.

peluang bisnis pertanian untuk mahasiswa

Jasa penulis artikel bertopik pertanian

Akan sangat membuat Anda memiliki banyak wawasan, saat membuka jasa penulisan artikel khusus untuk topik pertanian, selain Anda akan lebih banyak membaca referensi tentang pertanian, membuka jasa penulisan artikel akan membuat Anda semakin lancar dan menguasai teknik mengetik. Hal positif lain yang bisa kita dapatkan saat menjadi penulis artikel adalah bisa saja Anda mendapatkan topik penelitian menarik saat membaca dan menulis artikel, yang ini akan sangat membantu Anda untuk menyusun tugas akhir karena biasanya mahasiswa semester akhir tertunda karena tidak memiliki ide skripsi.

Menulis artikel akan secara otomatis membuat Anda membaca berbagai topik sehingga ide skripsi akan lebih mudah untuk Anda dapatkan.

anakmuda set

Menanam sayur dan buah 

Tidak menutup kemungkinan Anda kuliah dan sambil berbisnis sayur dan buah, bagi mahasiswa perantauan biasanya jauh lebih sulit kecuali ada partner yang memiliki lahan untuk digarap menjadi kebun sayur dan buah. Kelebihan dar bisnis ini adalah Anda dapat sekaligus mempraktekan ilmu pertanian yang Anda dapatkan dikampus, dan sekaligus bisa memanen penghasilan dari bisnis sayur dan buah.

Penjualan bahan pupuk

Salah satu peluang bisnis pertanian untuk mahasiswa yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjual pupuk pertanian. Anda bisa menjadi dropshiper dari produsen pupuk, sehingga tidak memerlukan modal untuk bisa mulai menjual pupuk tersebut. Kelebihan dari berjualan pupuk atau bahan-bahan pertanian adalah Anda tidak kesulitan untuk mempelajari jenis dan cara kerjanya, karena kemungkinan besar Anda sudah mengenali cara kerja dan jenis pupuk, cara penggunaan dan tips-tips lainnya yang kemungkinan akan dipertanyakan oleh calon pembeli.

peluang bisnis pertanian untuk mahasiswa

Menjual bibit 

Jika sebelumnya Anda menanam buah dan sayur untuk dipanen, peluang bisnis pertanian untuk mahasiswa yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjual bibit. Karena dengan menjual bibit Anda tidak harus memerlukan lahan yang besar, tidak seperti menjual hasil pertanian sayur dan buah. Kelebihan lain adalah Anda juga tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk bisa mendapatkan uang, karena bibit dapat tumbuh subur hanya dalam beberapa bulan saja, sehingga waktu untuk menjual dan mendapatkan uang jauh lebih cepat.

Demikian peluang bisnis pertanian untuk mahasiswa, peluang bisnis di atas juga bisa dilakukan oleh yang bukan mahasiswa pertanian, jika Anda menyukai dan mencintai pertanian. Namun akan jauh lebih baik jika Anda mencari peluang bisnis yang sesuai dengan jurusan Anda.

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!