Menggunakan Pembersih Alami

Menggunakan pembersih alami – Berikut ini adalah bahan-bahan dasar yang mempunyai lebih dari satu manfaat. Kita dapat menggunakannya sebagai alternatif bahan pembersih berbasis kimia yang sehat dan murah.

Berikut adalah beberapa bahan yang dapat digunakan :

CAIRAN PENCUCI PIRING

Campurkan 2 cup air dengan 2 sendok makan cairan pencuci piring dalam botol semprotan. Gunakan cairan ini untuk membersihkan permukaan meja dan peralatan rumah tangga lainnya. Bilas dengan air.

BAKING SODA

Campurkan 3 bagian air hangat dengan 1 bagian baking soda. Dengan spons basah, gosokkan campuran ini pada meja dengan laminasi. Bilas dengan air bersih. Campuran ini juga dapat digunakan untuk memoles krom dan stainless steel.

BORAX

Borax dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada toilet. Tambahkan 1/2 gelas borax ke dalam air, biarkan semalaman lalu bersihkan.

SODA PEMBERSIH

Untuk permukaan yang sangat kotor seperti lantai dengan noda minyak, bersihkan / pel area dengan larutan campuran 1/2 cup soda pembersih (sodium karbonat) yang dicampur dengan seember air hangat.

AIR SODA

Tuangkan sedikit air soda ke tumpahan karpet tentunya bukan noda lama – lalu keringkan dengan handuk. Jangan digosok karena mungkin akan merusak serat. Jika nodanya membandel, coba gunakan hidrogen peroksida. Tuangkan sebagian pada kain putih dan bersih lalu tekan-tekan pada karpet dengan noda tersebut. Tunggulah sekitar 15 (lima belas) menit, lalu keringkan dengan lap bersih dan jangan dibilas.

AIR

Jika menggunakan air biasa, untuk menambah manfaatnya, sikat atau gosoklah tempat bernoda lalu semprot kotoran dengan tekanan yang kuat. Gosok perlanan dan atau gunakan air hangat.

Untuk noda protein seperti telur atau darah, sebaiknya gunakan air dingin karena akan bekerja dengan lebih baik.

HIDROGEN PEROKSIDA

Hidrogen peroksida aman untuk menghilangkan noda pada kain berwarna yang lembut. Tempatkan area yang terkena noda dalam sebuah wadah, lalu tuangkan hidrogenn peroksida ke atasnya. Rendam selama paling sedikit 1 (satu) jam lalu cuci seperti biasa,

AIR SULING CUKA PUTIH DAN JUS LEMON

Letakkan tissue dapur (paper towel) atau spons yang telah dibasahi cuka kuat ini atau air jeruk lemon di atas kerak di sekitar keran. Biarkan sekitar 1 (satu) jam dan gosoklah kerak sampai bersih.

MINYAK TEA TREE

Campurkan beberapa tete minyak pada botol semprot yang telah diisi dengan 2 cup air dan 2 sendok makan cairan pencuci piring untuk menciptakan pembersih serba guna yang efektif. Perlakukan dengan hati-hati dan konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan campuran ini khususnya jika Anda dalam keadaan hamil.

Sumber : www.marthastewart.com 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!