Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari .

Tepung hampir selalu digunakan dalah membuat makanan baik untuk keluarga kita sehari-hari ataupun penganan untuk acara khusus.

Ada baiknya kita mengenal nama. jenis dan fungsi masing-masing tepung itu sehingga kita tidak salah dalam penggunaannya.

Mari simak, jenis-jenis tepung yang dapat kita temukan di pasaran :

tepung terigu

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

1.TEPUNG TERIGU (Wheat Flour) : terbuat dari gandum yang telah dibersihkan sehingga menghasilkan warna putih. Mengandung gluten dan dibedakan dengan tingkat proteinnya yaitu protein rendah, sedang dan tinggi. Penggunaannya juga sesuai dengan tingkat protein yang dikandung. Informasi detailnya dapat dibaca di sini .

tepung maizena

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

2. TEPUNG MAIZENA (Corn Starch)  : tepung ini terbuat dari sari pati jagung. Tepung ini tergolong bebas protein (Gluten Free). Fungsi tepung maizena ini diantaranya adalah pengental pada sup dan saus, sebagai campuran dalam pembuatan kue kering sehingga kue kering menjadi lebih renyah, memberikan tekstur lentur, lembut dan halus pada sponge cake dan mencegah penggumpalan pada gula halus. Selain itu, cake yang dihasilkan juga kokoh dan bagus.

tepung tapioka

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

3. TEPUNG TAPIOKA (Tapioka Starch) : tepung ini terbuat dari sari pati singkong (ketela pohon) karena itu dapat dikatagorikan bebas protein (gluten free). Jenis tepung ini tidak cocok dipakai untuk campuran gorengan karena menyerap minyak dan hasil gorengan cenderung mengeras setelah dingin. Biasanya dipakai sebagai pengenyal pada bakso atau bahan baku kerupuk. Dapat juga digunakan sebagai pengganti sagu pada pembuatan pempek. Tepung tapioka sering digunakan dalam pembuatan makanan tradisional ataupun cendol. Sifatnya agak lengket bila dipanaskan namun berwarna bening.

tepung ketan

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

4. TEPUNG KETAN (Glutinous Rice Flour) : tepung ketan ini terbuat dari beras ketan baik hitam maupun putih. Dapat dikategorikan dalam kelompok bebas protein (gluten free). Tepung ketan ini memiliki tekstur mirip dengan tepung beras hanya tepung ketan ini biasanya lebi berat. Jika dicampur air maka hasilnya akan lebih kental. Umumnya dipakai dalam pembuatan onde-onde, kue bugis dan jajanan basah lainnya.

tepung tang mien wheat starch

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

5. TEPUNG TANGMIEN (Tang Flour / Wheat Starch) : tepung ini merupakan ” ampas” dari pembuatan gluten terigu protein tinggi. Dimana setelah diuleni berkali kali, adonan direndam dan dicuci berulang-ulang. Air cucian gluten yang  mengandung endapan pati inilah yang djika dikeringkan akan menjadi tepung tangmien. Dapat dikategorikan sebagai gluten free. Karakter tepung ini halus, lembut dan berwarna transparan. Biasanya digunakan untuk membuat kulit hakau, dumpling, dimsum dan bakpao.

tepung sagu

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

6. TEPUNG SAGU (Sago Starch) : tepung ini merupakan sari pati batang pohon sagu (aren) dimana bagian tengah pohon sagu dikerukk dihaluskan, dicampur air hingga menghasilkan endapan. Endapan inilah yang nantinya dijadikan tepung. Biasanya dijual dalam bentuk lempengan kering. Tepung sagu tergolong gluten free dan biasa dipakai sebagai pengental. Biasa digunakan untuk bubur, khususnya oleh orang Indonesia Timur; bika ambon, kue kering dan campuran siomay. Merek yang terkenal di pasaran adalah Sagu Tani.

tepung panir

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

7. TEPUNG ROTI (Tepung Panir / Bread Crump) : tepung ini terbuat dari remah roti ata roti tawar yang dikeringkan dan ditumbuk agak kasar. Karena itu sebenarnya kita dapat membuat sendiri tepung roti ini. Biasanya berfungsi debagai pelapis makanan sebelum digoreng. Karakternya tidak menyerap minyak dan membuat makanan yang dilapisinya menjadi lebih renyah.

Ada beberapa macam tepung roti, antara lain adalah :

a. Tepung Coklat Kering, biasanya digunakan untuk taburan masakan panggang seperti potato gratin. Yang membedakan adalah proses pembuatannya menggunakan suhu yang lebih panas sehingga roti lebih kecoklatan.

b. Tepung  Roti Putih, biasanya dipakai untuk membalut ikan, ayam, daging atau makanan lain sebelum digoreng.

c. Tepung Roti Putih Basah, biasanya dipakai sebagai campuran isian ayam atau daging gulung. Dapat dibuat sendiri dengan mencabik-cabik roti tawar yang belum kering dan dihancurkan.

d. Tepung Pangko yaitu tepung roti dengan tekstur yang kasar dan berwarna kuning. Biasa digunakan untuk menggoreng makanan Jepang. Hasilnya lebih renyah dari tepung roti biasa.

tepung beras

Mengenal Jenis Tepung Untuk Kebutuhan Dapur Tiap Hari

8. TEPUNG BERAS (Rice Flour) : tepung ini terbuat dari beras yang dihaluskan. Tekstur lebih lembut daripada tepung ketan. Karena terbuat dari beras maka tepung ini dikategorikan gluten free. Dapat digunakan untuk membuat kue tradisional dan campuran gorengan karena menghasilkan gorengan yang lebih renyah.

9. TEPUNG LARUT (Arrowroot Flour) : tepung ini terbuat dari umbi garut sehingga tergolong gluten free. Tekstur dan warnanya mirip dengan tepung sagu. Biasa digunakan untuk membuat kue kering.

tepung kentang

10. TEPUNG KENTANG (Potato Flour) : tepung ini dibuat dari kentang yang dimatangkan lalu dikeringkan dan dibuat tepung. Masih jarang ditemukan dipasar. Biasa dibuat donat, cake, schotel dan kue kering.

11. TEPUNG CUSTARD (Custard Powder) : tepung ini merupakan campuran dari tepung maizena atau tepung kentang dengan gula, susu dan kuning telur. Biasanya digunakan untuk membuat vla.

12. TEPUNG GANDUM (Whole Wheat Flour) : tepung yang terbuat dari biji gandum utuh yang digiling. Teksturnya kasar dan warnanya coklat kusam serta sangat menyerap air. Biasa digunakan untuk membuat roti tawar gandum dan kue kering.

13. TEPUNG JAGUNG (Corn Meal/Polent) : tepung ini dibuat dari biji jagung yang dihaluskan dan dikeringkan. Berwarna  kuning terand dan bertekstur kasar. Biasa digunakan untuk tortilla ataupun corn dog.

14. TEPUNG SEMOLINA (Semolina Flour) : tepung ini dibuat dari kulit bulir gandum yang dihaluskan. Tepung ini memiliki kadar protein yang sangat tinggi. Biasanya digunakan dalam pembuatan pasta, kue kering dan cake.

15. TEPUNG HUNKEW (Mung Bean Flour) : tepung dari sari pati kacang hijau ini berwarna putih dan biasa digunakan untuk membuat nagasari atau cendol.

Demkian jenis tepung yang biasa digunakan di rumah. Semoga bermanfaat untuk kegiatan dapur Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!