Mengatur Waktu di Tempat Kerja, Pergaulan dan Anak-anak

Mengatur Waktu di Tempat Kerja, Pergaulan dan Anak-anak – Kegiatan sehari-hari kita umumnya terdiri dari berbagai acara. Antara acara satu dengan yang lainnya kadang bisa saling berbenturan. Sehingga membuat Anda kebingungan dalam melakukannya. Terutama bagi para ibu bekerja dimana menyeimbangkan waktu untuk pekerjaan dan rumah tangga adalah hal yang kerap dipusingkan oleh mereka.

Coba kita lihat bagaimana langkah-langkah seorang ibu mengatur waktunya dalam sehari berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Inilah hasil penelitian tersebut :

TETAPKAN TUJUAN

Penting bagi Anda untuk mengkategorikan apakah pekerjaan yang dilakukan saat ini hanya sebagai pendapatan tambahan atau ada tujuan yang hendak di raih. Anda ingin lebih banya menghabiskan  waktu di rumah atau di  kantor? Berapa besar peran Anda bagi aktivitas si kecil? Bila di akhir pekan Anda ingin mengantar si kecil ke sekolah, carilah kerja yang libur di hari Sabtu dan Minggu.

BUAT TUJUAN JANGKA PENDEK DAN BATAS WAKTUNYA

Tujuan bisa dibuat dengan jangka pendek dan lebih mudah. Misalnya Anda ingin menghadiri pertandingan bola basket yang diikuti si kecil. Kita bisa membuat tujuan jangka pendek. Misalnya menyelesaikan pekerjaan minggu ini lebih cepat. Sehingga Anda berhasil mendapatkan keberhasilan di dua sisi. Yaitu menyelesaikan pekerjaan kantor dan menyaksikan pertandingan basket si kecil.

MANTAPKAN PRIORITAS

Buat daftar prioritas. Prioritas yang dimaksud disini adalah apa saja yang menurut Anda lebih penting dan ingin Anda dapatkan sesegera mungkin. Tak perlu memprioritaskan satu kegiatan lebih dulu dari yang lain. Buat saja skala antara 1-3 lalu tuliskan tujuan Anda pada skala tersebut. Ketiga skala ini sama-sama Anda upayakan secara bersamaan.

LUANGKAN WAKTU UNTUK MEMBUAT RENCANA

Buatlah jadwal mingguan ataupun bulanan dimana Anda bisa merencanakan sesuatu yang tidak ada di jadwal tersebut sebelumnya. Tinjau kembali aktivitas yang bisa membuat adanya konflik atau tidak sesuai dengan keinginan Anda. Bila anak-anak Anda mulai besar, ajak mereka untuk ikut merencanakan jadwal kegiatan Anda. Terutama kapan waktu yang mereka ingin Anda bersama-sama mereka sehingga mereka mampu mengerti kesibukan Anda.

DELEGASIKAN BILA MUNGKIN

Jika merasa pekerjaan Anda mulai banyak dengan tenggat waktu yang ketat, jangan pernah melupakan si Upik yang ingin memamerkan kemajuan bermain pianonya. Minta bantuan suami, orangtua Anda ataupun sahabat Anda untuk mewakili Anda di saat itu – bila mereka punya waktu.

BUAT JADWAL YANG FLEKSIBEL

Tinggalkan ruang cukup dalam jadwal waktu Anda untuk berjaga-jaga bila ada hal-hal yang tidak bisa dihindarkan. Cobalah bersikap fleksibel sehingga bila tiba-tiba Anda sakit, Anda bisa tetap mendapatkan waktu untuk beristirahat. Jadwal ini untuk membantu bukan untuk memperbudak Anda.

GUNAKAN SISTEM PENJADWALAN

Catatkan jadwal kegiatan ini di buku agenda harian, kalender atau di kertas jadwal Anda lainnya. Pastikan keluarga Anda dapat juga melihat jadwal kegiatan ini. Ajak si kecil menempelkannya di pintu lemari es dengan perekat magnetik sehingga mereka bisa menambahkan agenda kegiatan mereka juga.

BERI PENGHARGAAN PADA DIRI SENDIRI

Bila Anda mampu menyelesaikan semua tugas, berikan penghargaan bagi Anda sendiri. Ambil satu hari libur dari jadwal kegiatan Anda dan lakukan apa saja kegiatan yang menyenangkan. Acara ini akan memberikan Anda berbagai pemikiran ke depan sehingga semakin lama Anda akan semakin mampu menggapai berbagai tujuan yang ingin dicapai kelak.

 

Penulis : Rahmi

Sumber : Majalah Wanita Mingguan Lisa, No. 51/V, 23-29 Desember 2004

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!