Mengapa Kita Merasa Mengantuk Saat Berada Dalam Pesawat Terbang

Mengapa kita merasa mengantuk saat berada dalam pesawat terbang – Apakah Anda pernah merasa benar-benar mengantuk ketika berada dalam sebuah penerbangan? Baru saja satu menit Anda berbincang dengan rekan disamping kursi Anda, tetapi menit berikutnya Anda sudah tertunduk, mulut Anda sedikit terbuka dan bahkan mungkin sedikit dengkuran terdengar keluar dari mulut Anda. Wah, itu tidak kelihatan cakep! Tetapi siapa yang peduli jika memang sudah begitu mengantuknya dan kita menyerah pada rasa kantuk ini. Mungkin saja Anda harus bangun jam 2 dini hari; tetapi apakah alasan Anda jika hal ini terjadi di tengah hari?

Mengapa Kita Merasa Mengantuk Saat Berada Dalam Pesawat Terbang

Berikut adalah beberapa teori tentang mengapa kita merasa begitu mengantuk saat berada dalam penerbangan :

TEKANAN KABIN

Tekanan kabin adalah salah satu penyebab utama mengapa kita merasa mengantuk saat berada dalam penerbangan. Saat kita berada di ketinggian antara 10.000 – 30.000 kaki di atas permukaan laut, sangatlah penting untuk menjaga tekanan kabin etap berada pada tingkatan yang dapat ditoleransi oleh tubuh manusia.

Tekanan yang ditoleransi tubuh terjadi pada saat tingkat tekanan udara berada pada 6.000 – 8.000 kaki diatas permukaan laut, dimana ini jauh lebih tinggi dari yang biasa terjadi pada tubuh kita. Ini akan membuat tubuh kita kesulitan untuk mengkonsumsi oksigen dimana kemungkinan Anda akan merasa pusing dan lelah. Dan secara alamiah, Anda menjadi ingin tidur.

 

KELEMBABAN

Pesawat udara memiliki kelembaban udara yang sangat rendah. Ini berarti udara didalamnya adalah sangat kering. Karena itu tidaklah mengherankan jika banyak orang mengingatkan Anda untuk banyak minum air selama Anda berada dalam penerbangan. Jika tidak, Anda akan terlihat seperti tomat kering di hari yang panas.

Kurangnya kelembaban serta dehidrasi akan menyebabkan kelelahan. Tergantung pula berapa lama penerbangan Anda, itu juga dapat membawa Anda tidur sejenak.

SUASANA

Belakangan ini, semakin banyak orang yang tertidur di depan pesawat televisi atau beberapa bentuk suara lainnya. Pikirkanlah tenrang para ibu yang menggunakan alat penidur untuk anak-anak mereka atau mereka yang mengalami kesulitan tidur sehingga harus menggunakan alat untuk membuat mereka tertidur. Pesawat memiliki dengungan yang konstan yang dapat dengan mudah menarik orang-orang jenis ini ke dalam kondisi mengantuk.

 

KEBIASAAN

Jika Anda sering sekali bepergian, mungkin kebiasaan Anda telah terbentuk. Mungkin inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengejar kekurangan tidur Anda di malam sebelumnya. Bukanlah hal yang buruk juga. Setelah semua hal yang Anda lalui, Anda hanya duduk saja di dalam pesawat untuk menunggu tiba di tujuan berikutnya. Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan tetapi Anda juga dapat jatuh tertidur.

MEREDAKAN STRES

Tidak satupun orang yang sedang dalam penerbangan itu bebas stres. Segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbangan dapat membuat stres. Membeli tiket, melewati pemeriksaan keamanan, berurusan dengan banyak orang, menunggu dalam antrian, terlambat masuk ke dalam pesawat, berusaha mencari tempat parkir di bandara, tiba di bandara, makan di bandara dan berurusan dengan bagasi. Sebutkan saja hal-hal yang berhubungan dengan penerbangan Anda, maka sering kali Anda menjadi stres dengan hal-hal itu.

Tetapi semua stres itu akan menghilang saat Anda telah tiba di kursi pesawat dengan aman dan berada dalam penerbangan menuju tujuan berikutnya ataupun tujuan akhir Anda. Walaupun hal itu tidak selalu terjadi terutama jika Anda menderita kecemasan terbang.

Mengapa Kita Merasa Mengantuk Saat Berada Dalam Pesawat Terbang

PENERBANGAN PAGI ATAU LARUT MALAM

Kita sebutkan lagi dengan jelas : Waktu Penerbangan.  Penerbangan yang berangkat larut malam dan tiba di tujuan pada pagi hari di keesokan harinya (redeye flight), dipastikan dapat membuat Anda tertidur pulas. Kopi mungkin tidak berpengaruh pada penerbangan pagi. Tidak peduli berapa cangkir yang Anda minum, tetap saja panggilan tidur itu membuat kepala Anda terjatuh.

 

KESIMPULAN

Ada banyak kemungkinan yang dapat membuat Anda tertidur saat berada dalam sebuah penerbangan. Yang menarik adalah berapa banyak orang yang mengantuk dibandingkan yang tidak. Anda mungkin saja jatuh tertidur tetapi tetangga Anda sedang dalam ketakutan terbang. Setiap orang berbeda. Jika Anda mengantuk, nikmatilah saja tidur Anda.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Paula Jones

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!