Mencuci Piring Adalah Penghilang Ketegangan Yang Baik

Mencuci piring adalah penghilang ketegangan yang baik РPerhatikanlah apa yang dikerjakan tangan Anda. Mencuci piring dapat secara signifikan menurunkan tingkat ketegangan Anda jika Anda melakukannya dengan penuh kesadaran. Demikianlah yang diungkapkan oleh sebuah penelitian.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Florida State University atas 51 orang mahasiswa yang mencuci piring. Sebelum mereka memulainya, separuh dari mahasiswa ini membaca sebuah paragraf sarat makna tentang mencuci piring sedangkan sebagian lagi membaca sebuah paragraf deskriptif pendek tentang mencuci piring. Paragraf deskriptif itu langsung pada topik bahasannya tetapi paragraf yang sarat makna dan juga fokus ini mempengaruhi pesesrta secara mental untuk melakukan tugas itu.

Berikut adalah kutipan paragraf tersebut :

Saat mencuci piring, seharusnya seseorang hanya mencuci piring saja. Ini berarti bahwa saat mencuci piring seseorang harus benar-benar menyadari bahwa dia sedang melakukan pekerjaan mencuci piring. Pada pemikiran awal, ini mungkin tampak konyol. Mengapa menekankan begitu banyak hal pada hal sederhana ini? Tetapi justru inilah intinya.

Fakta bahwa kita berdiri di tempat cuci piring dan melakukan kegiatan mencuci adalah hal yang menakjubkan. Kita sepenuhnya menjadi diri kita sendiri, mengikuti nafas kita serta sadar akan keberadaan kita dan sadar akan pikiran dan tindakan kita. Tidaklah mungkin jika kita melakukan semua itu tanpa berpikir seperti botol yang terombang-ambing di atas ombak.

Menurut sebuah penelitian, jika mencuci piring dilakuan dengan bersungguh-sungguh maka secara signifikan akan menurunkan tingkat ketegangan pada diri Anda.

Sang penulis, Adam Hanley, seorang kandidat doktor di FSU College of Education’s Counseling/School Psychology program menyatakan bahwa beliau tertarik pada kegiatan setiap hari di kehidupan yang dapat digunakan untuk meningkatkan keadaan sadar sehingga dengan demikian dapat meningkatkan rasa segar dan senang pada diri seseorang.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mencuci piring dengan sungguh-sungguh (berfokus pada bau sabun cuci, merasakan suhu air yang digunakan serta menyentuh piring dam gelas); dapat meningkatkan rasa terinspirasi hingga 25% serta dapat menurunkan tingkat kecemasan hingga 27%. Kelompok yang tidak mencuci piring dengan sungguh-sungguh mencuci piring tidak akan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. Penulis penelitian ini menyimpulkan bahwa tampaknya jika kita melakukan kegiatan sehari-hari dengan kesadaran penuh maka akan meningkatkan keadaan keadaan mental menjadi lebih sadar.

Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelompok yang sangat kecil dengan 51 orang peserta. Penelitian ini perlu direplikasi. Para peneliti menyarankan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan sungguh-sungguh dimungkinkan dapat mengurangi tekanan serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan psikologis.

 

Sumber : Martha Stewart

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!