Masalah Seputar Pembuatan Cake

Masalah Seputar Pembuatan Cake – Kenapa cake yang Anda buat hasilnya tiak terlalu memuaskan? Cermatilah beberapa hal berikut yang dituliskan dalam Majalah Mingguan Lisa Edisi No. 23/V, tanggal 3-9 Juni 2004.

Mengapa cake yang dihasilkan aromanya tidak kuat atau bahkan hilang?

Jawab : Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa sebab. Salah satunya adalah kualitas bahan yang tidak baik. Contohnya tepung yang digunakan sudah apek, mentega sudah terlalu lama disimpan hingga aromanya hilang, penggunaan bahan tambahan seperti esens terlalu banyak atau berkualitas rendah. Sebaiknya, gunakan bahan segar yang berkualitas dan bahan alami untuk esens.

Cake menjadi turun dan keriput setelah keluar oven

Jawab: Ada beberapa faktor yang berperan penting dalam pembuatan cake yaitu cairan, bahan pengikat dan temperatur serta waktu pembakaran. Kurangnya salah satu hal tersebut mengakibatkan cake turun, matang tidak merata atau berkerak terlalu tebal di bagian bawah. Sebaiknya, cermati resep atau tehnik pengolahan yang digunakan.

Buah-buahan kering harus direndam terlebih dahulu dalam cairan

Jawab : Buah-buahan kering untuk fruit-cake biasanya direndam dalam air atau cairan beralkohol  dengan tujuan agar saat dicampur dengan adonan tidak menyerap cairan terlalu banyak. Sebaiknya taburi sedikit tepung pada buah yang sudah direndam agar tidak mengendap dibagian bawah cake.

Buah segar seperti apel atau pisang cepat berubah warna sebelum dicampur dalam cake

Jawab : Rendam potongan pisang atau apel dalam air garam atau air jeruk nipis, dapat membantu mempertahankan warna buah dalam keadaan baik. Perubahan warna disebabkan oksidasi udara yang mempercepat proses browning atau pencoklatan. Sebaiknya buah-buahan yang digunakan segera setelah dikupas atau dipotong-potong.

Cake cepat berjamur atau bulukan padahal belum lama disimpan

Jawab : Biasanya disebabkan oleh mutu simpan yang tidak baik. Cake sebaiknya dikemas dalam wadah kedap udara dalam keadaan dingin. Jika disimpan dalam kondisi panas atau hangat, akan menghasilkan uap yang mengendap, lembab dan mempercepat proses penjamuran. Wadah yang digunakan juga harus bersih agar kue tetap segar dan tahan lama.

Temperatur dan waktu memanggang berbeda pada tiap resep

Jawab : Berbeda jenis cake yang dioleh berbeda pula temperatur yang digunakan. Contohnya cake buah yang lebih berat dan padat tentunya memerlukan waktu panggang yang lama dengan temperatur yang lebih rendah agar tidak cepat gosong.

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!