Kombinasi Makanan Populer Yang Dapat Membuat Kita Gemuk

Kombinasi makanan populer yang dapat membuat kita gemuk – Lihatlah ke hampir semua keluarga, restoran dan juga rumah makan cepat saji; dan Anda akan melihat perpaduan makanan yang biasa dipilih orang-orang.  Hampir semua orang memilih makanan dengan protein tinggi dan minuman bergula atau makanan penutup untuk melengkapi makanan mereka. Ada burger dengan minuman bersoda, makan malam dengan daging bakar yang ditutup dengan cake atau kue-kue; dan masih banyak lagi kombinasi makanan yang sejenis ini. Tetapi penelitian menemukan bahwa memadukan makanan berprotein tinggi dengan minuman bersoda atau makanan penutup yang manis dapat menciptakan bencana yang dapat menghancurkan kesehatan metabolisme kita dan juga meningkatkan resiko menjadi lebih gemuk bahkan obesitas.

Dr. Shanon Casperson, pimpinan penulisan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BMC Nutrition, menemukan bahwa kombinasi makanan yang biasa kita temukan ini menyebabkan bertambahnya berat badan Anda dalam beberapa kilogram selain juga akan merusak metabolisme Anda. Hal ini akan menjadi menyulitkan untuk menurunkan berat badan. Saat ini kebanyakan orang menganggap bahwa makanan dengan protein yang tinggi adalah hal yang sehat dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme, ada kenyataan yang jauh dari anggapan itu jika Anda menambahkan gula pada protein Anda.

Peserta penelitian ini diawasi dalam sebuah ruangan dimana semua asupan makanan dan nutrisi selalu dipantau. Para peneliti juga memantu asupan oksigen, karbon dioksida dan jumlah nitrogen yang dikeluarkan melalui air kencing (nitrogrn adalah komponen utama yang terkandung dalam makanan dengan protein tinggi seperti daging dan unggas). Kemudian para peneliti mengalkulasi jumlah karbohidrat dan lemak yang digunakan oleh tubuh tiap peserta.

Peserta penelitian diberikan makanan yang sama dan jumlah protein yang bervariasi antara 15-30 persen dari jumlah total kalori makanan yang dimakan. Di setiap jam makan, diberikan baik itu minuman bergula ataupun minuman lain yang untuk dapat mengetahui efek dari minuman manis tersebut di dalam proses metabolisme. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa gula memberikan efek yang merugikan sehubungan dengan penyimpanan lemak dan metabolisme.

Minuman dengan kandungan gula seperti minuman ringan atau punch buah dengan gula serta jus buah dengan gula merupakan kontributor terbesar dalam penambahan gula dalam program diet yang dijalani (bukan gula alami yang ditemukan dalam buah atau makanan itu sendiri). Disisi lain, selama bertahun-tahun, industri gula telah menyatakan bahwa gula mempunyai peran dalam diet yang sehat. Namun penelitian tidak dapat dengan mudah mendukung pernyataan in khususnya saat gula ditambahkan pada makanan dengan dasar protein.

 

Beruntungnya, hal ini tidak sesulit yang Anda pikirkan untuk meningkatkan metaboisme Anda dan menjaga tubuh Anda dari penyimpanan lemak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Kurangilah konsumsi kombinasi protein dan gula. Hentikan menambahkan minuman bergula atau makanan penutup yang manis setelah Anda makan makanan yang mengandung protein.
  2. Lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsi minuman bersida dan mengandung gula secara bersamaan. Sebagai alternatifnya, minuman tanpa gula atau minuman dengan gula pengganti yang tidak mempengaruhi tingkat gula dalam darah.
  3. Makanlah buah, walaupun bukan hal terbaik untuk makan buah saat Anda makan protein karena gula buah juga dapat menyebabkan pembusukan daging di perut dan di usus yang dapat menyebakan mikroba berbahaya seperti ragi candica dan mikroba berbahaya lain menjadi terlau tinggi.
  4. Makan buah saat perut kosong adalah baik karena dapat menjadi sumber gula dalam diet Anda.
  5. Makanlah kacang-kacangan pada setiap jam makan Anda karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah Anda. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari lapar yang berlebihnan juga menjaga dari penumpukan lemak yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah.
  6. Hindari burger dan soda atau daging bakar dengan pai. Sebagai gantinya, pilihlah kombinasi makanan yang lebih baik dan lebih sehat

 

Penulis : Dr. Michelle Schoffro Cook. PhD. DNM

Sumber : www.care2.com

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!