Ketahui Jenis dan Fungsi Kuas Kosmetik

Ketahui Jenis dan Fungsi Kuas Kosmetik – Pemakaian kuas yang tepat saat merias wajah dapat menghasilkan riasan yang sempurna. Ketahui ragam dan fungsinya agar tampilan make up menjadi maksimal.

Kuas merupakan alat penting yang digunakan untuk mengaplikasikan make-up pada wajah. Ragam teknik dan efek tata rias pada wajah juga menentukan banyaknya jenis kuas dengan fungsi yang berbeda. Agar tidak salah mengaplikasikan make-up, ketahui jenis-jenis kuas yang tepat serta fungsi dan cara menggunakannya.

KUAS FOUNDATION

Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau alas bedak berbentuk cair (liquid) dan krim maupun bubuk. Bulu pada kuas berbentuk lebar dan pipih dengan ujung yang meruncing.

Fungsinya untuk menyatukan warna kulit dengna warna alas bedak dan membuat alas bedak menjadi rata dan tidak retak saat diaplikasikan. Gunakan kuas dengan cara menaruh sedikit alas bedak di punggung tangan lalu dengan kuas sapukan ke wajah dengan arah ke bawah.

KUAS CONCEALER

Kuas ini bentuknya menyempit dengan ujung luar berbentuk persegi, serta bulu kuasnyapun kaku. Kuas concealer berfungsi untuk menyamarkan kantong mata serta flek pada wajah. Untuk menyamarkan kantong mata, celupkanĀ  atau oleskan luas pada concealar. Aplikasikan concealer setitik demi setitik dari sudut dalam mata ke arah luar lalu ke seputar kantong mata. Tekan-tekan dengan lembut menggunakan ujung jari agar membaur.

Untuk menyamarkan flek wajah atau jerawat, bubuhkan concealer pada bagian yang ingin disamarkan, lalu baurkan concealer dengan menggunakan kuas.

KUAS BEDAK

Kuas ini memiliki ukuran paling besar di antara kua riasan lainnya. Bulu sikatnya tebal dan lembut. Fungsi kuas ini untuk meratakan bedak pada wajah agar berbaur dengan sempurna. Cara menggunakannya dengan menyapukan bedak pada kuas lalu kibaskan pada telapak tangan untuk menghilangkan gumpalan bedak. Sapukan kuas pada seluruh wajah, khususnya di area wajah yang lebih berminyak. Kemudian sapukan kuas pada pipi dan di bawah mata.

KUAS BLUSH ON

Kuas ini juga berukuran besar namun dengan ketebalan bulu yang sedang. Berfungsi untuk menyapukan perona pipi pada tulang pipi hingga rahang. Sapukan kuas yang sudah dioleskan blush on pada bagian tengah tulang pipi mengarah ke atas atau ke ujung mata.

JENIS-JENIS KUAS UNTUK MERIAS MATA

Riasan pada mata yang sempurna sangat berperan penting dalam tata rias wajah. Banyak teknik yang digunakan untuk mendapatkan riasan mata indah. Teknik merias mata dapat dibantu dengan adanya berbagai jenis kuas khusus untuk mengaplikasikan perona. Dengan bantuan kuas, meriaspun lebih leluasa dan dapat menjangkau bagian sudut mata. Berikut macam-macam jenis kuas untuk kebutuhan merias mata :

Kuas Spon

Sering disebut juga dengan aplikator eye shadow. Kuas ini memiliki ujung dengan bahan spons dan digunakan untuk mengaplikasikan perona mata bubuk pada kelopak mata.

Kuas Perona Mata

Kuas ini memiliki ujung rata. Fungsinya membaurkan perona mata pada kelopak mata agar terlihat lebih lembut dan merata. Kuas ini juga serbaguna karena bisa dipakai untuk mengaplikasikan eyeliner dan high-light (efek warna terang) serta menggambar alis.

Kuas Highlight

Kuas ini berukuran lebih besar dari kuas perona mata lainnya. Fungsinya untuk mengaplikasikan highlight pada tulang alis dan meratakannya.

Kuas Eyeliner

Kuas ini memiliki ujung yang keras dan runcing serta cocok digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner bubuk dan gel. Ujung kuas yang runcing berfungi seperti pensil yang dapat memudahkan pembentukan garis di dekat bulu mata.

Kuas Bulu Mata

Kuas ini memiliki bulu dengan bentuk spiral serta ujung yang menyerong. Setelaj dioleskan maskara, sikatlah bulu mata bagian atas dari arah bawah secara merata. Lakukan penyikatan helai per helai. Pada bulu mata bagian bawah gunakan ujung sikat untuk menjangkau bulu mata bawah yang biasanya lebih pendek. Sapukan sikat dari arah akar ke ujung bulu mata.

Kuas Alis

Kuas ini memiliki bulu yang sedikit kasar dengan bentuk ujung yang menyerong. Kuas ini digunakan untuk membaurkan hasil sapuan dari pensil alis pada alis.

KUAS BIBIR

Kuas bibirĀ  memiliki ujung yang lancip dengan bulu yang pendek, tipis dan lembut. Kuas bibir berfungsi membuat bingkai bibir dan dapat membantu Anda dengan mudah memulaskan lipstik atau lipgloss sehingga membuat garis bibir lebih rapi dan merata sampai sudut bibir.

TIPS MEMILIH KUAS KOSMETIK

  1. Oleskan kuas di pergelangan tangan. Rasakan apakah bulu kuas sudah cukup lembut dan nyaman saat terkena kulit.
  2. Jentikkan bulu kuas pada telapak tangan. Kuas berkualitas baik, bulunya tidak akan rontok saat dijentikkan.
  3. Kuas yang bagus dan berkualitas memiliki bulu yang lebat, padat, dan membulat. Selain itu, saat ditarik tangkai atau batang kuas tidak rapuh dan terlepas.

 

Sumber : Majalah Sekar – Edisi 81/12, 18 April – 2 Mei 2012

Penulis : Ira Nursita

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!