Jenis-Jenis Tepung Terigu Untuk Penganan dan Kebutuhan Dapur Sehari-hari

Jenis-Jenis Tepung Terigu Untuk Penganan dan Kebutuhan Dapur Sehari-hari .

Tepung terigu  adalah salah satu bahan utama yang sering kita gunakan dalam menyiapkan hidangan untuk keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Baik untuk membuat kue ataupun campuran masakan, tepung terigu sering kali digunakan.

Banyak jenis dan fungsi tepung terigu yang ada di pasaran. Kegunaan masing-masing tepung itu berbeda karena itu kita perlu mengenal jenis-jenis tepung agar tidak salah dalam penggunaannya.

TEPUNG TERIGU (WHEAT FLOUR)

Tepung terigu terbuat dari biji gandum yang dikupas dan dihaluskan. Tepung terigu ini mengandung protein (gluten). Gluten mempengaruhi tingkat elastisitas dan kekenyalan makanan yang kita olah dengan menggunakan tepung terigu. Semakin tinggi kadar protein dalam tepung terigu maka semakin tinggi pula tingkat glutennya dan makin padat juga tingkat kepadatan/kekenyalan makanan yang kita buat.

Tepung terigu sendiri dibedakan menjadi 3 macam berdasarkan tingkat kandungan proteinnya :

kunci biru

Jenis-Jenis Tepung Terigu Untuk Penganan dan Kebutuhan Dapur Sehari-hari

a. Tepung Terigu Protein Rendah : tepung terigu dengan kadar gluten sekitat 6-8%. Tepung terigu protein rendah ini memilili daya serap air dan gula yang rendah sehingga menghasilkan adonan yang tidak lunak/tidak kenyal, cenderung sulit diuleni karena tidak elastis, lengket dan tidak mengembang.

Tepung terigu protein rendah ini cocok untuk membuat segala jenis kue kering, pastel, biskuit, gorengan dan beberapa jenis cake yang tidak memutuhkan proses pengembangan seperti lapis legit. chiffon cake, crepes, pancake, kue cubit, waffle dan pie.

Kelebihan tepung terigu protein rendah adalah tahan lama. Karena itu makanan yang terbuat dari tepung terigu jenis ini tidak mudah berjamur.

Merek di pasaran untuk tepung terigu protein rendah adalah Kunci Biru atau Roda Biru.

Tips : jika tidak memiliki tepung terigu protein rendah saat membuat kue kering, Anda dapat menggunakan tepung terigu protein sedang dan dicampur dengan sedikit tepung maizena.

segituga

Jenis-Jenis Tepung Terigu Untuk Penganan dan Kebutuhan Dapur Sehari-hari

b. Tepung Terigu Protein Sedang : tepung terigu dengan kadar gluten sekitar 8-11%. Merupakan campuran tepung terigu protein rendah dan tinggi. Dipasaran dikenal sebagai tepung serbaguna (all purpose flour) karena memiliki karakter kedua jenis tepung campurannya sehingga  penggunaannya lebih multi fungsi.

Tepung terigu jenis ini dapat digunakan untuk membuat makanan dengan tekstur lembut dan cukup mengembang.

Tepung jenis ini dapat digunakan untuk membuat cake, bolu, martabak, kue basah, adonan yang membutuhkan fermentasi seperti donat, bakpao, dapat juga untuk membuat brownies, croissant, puff pastry dan muffin.

Merek di pasaran untuk tepung terigu protein sedang adalah Segitiga Biru atau Gunung Bromo.

cakra

Jenis-Jenis Tepung Terigu Untuk Penganan dan Kebutuhan Dapur Sehari-hari

c. Tepung Terigu Protein Tinggi : tepung terigu dengan kandungan gluten paling tinggi yaitu 11-13%. Karena itu, jenis tepung terigu protein tinggi ini paling cocok untuk membuat adonan yang memerlukan elastisitasa dan kekenyalan yang tinggi. Olaha makanan dengan tepung terigu protein tinggi ini biasanya mengembang, lembut, kenyal dan elastis.

Tepung terigu protein tinggi ini tidak tahan lama sehingga hasil masakan yang dihasilkan cepat basi.

Tepung terigu jenis ini cocok digunakan untuk membuat kue sus, pasta, aneka mi, martabak telur dan aneka roti.

Merek di pasaran untuk tepung terigu protein tinggi adalah Cakra Kembar.

Selain 3 jenis tepung terigu diatas, dipasaran kita juga menjumpai jenis tepung terigu lain yaitu tepung terigu yang telah dimodifikasi untuk memudahkan penggunanya.

1.SELF RAISING FLOUR

Self Raising Flour adalah jenis tepun terigu yang telah ditambahkan bahan pengembang dan garam yang dimaksudkan agar tepung dapat bersifat lebih stabil.

Jika di pasar Anda tidak dapat menemukan tepung jenis ini, Anda dapat membuatnya sendiri yaitu dengan menambahkan 1 sendok teh baking powder pada 1 kilogram tepung terigu.

Self Raising Flour ini biasanya cocok digunakan untuk membuat cake, muffin dan kue kering.

2. WHOLE MEAL FLOUR

Whole Meal Flour adalah tepung terigu yang dibuat dari biji gandum utuh. Utuh maksudnya adalah termsuk dedaknya sehingga warna tepung menjadi lebih gelap – bukan lagi putih.

Jenis tepung ini sangat cocok untuk makanan kesehatan karena mengandung serat dan protein yang sangat tinggi.

3. ENRICHED FLOUR

Enriched Flour adalah tepung terigu yang didalamnya telah ditambahkan beberapa vitamin atau mineral. Tujuan penambahan ini adalah untuk menambahkan kandungan nilai gizinya. Tentu saja harganya relatif lebih mahal dari tepung terigu pada umumnya.

Tepung terigu jenis ini cocok untuk membuat kue kering dan bolu.

Nah, dengan mengetahui jenis dan fungsi tepung terigu, semoga kita tidak lagi salah dalam menggunakan tepung terigu. Dan kue yang kita buat menjadi enak dan memuaskan semua yang menikmatinya.

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • Gorengan pastel cocok memakai tepung
  • tepung kunci dan roda biru
  • tepung protein sedang dicampur tepung protein tinggi fungsi

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!