Inilah Cara Bisnis Online Baju Bagi Mahasiswa

Inilah Cara Bisnis Online Baju Bagi Mahasiswa – Masalah keuangan bagi seorang mahasiswa adalah hal yang wajar. Ini merupakan masa menuntut ilmu dimana anda perlu mengeluarkan uang bukan hanya untuk membayar iuran sekolah saja, tapi juga untuk makan, transportasi, mengerjakan tugas-tugas, kos, dan yang lainnya. Untuk mencukupi kebutuhan, anda bisa mencari pekerjaan sampingan. Salah satu jenis pekerjaan yang tidak terlalu memakan banyak waktu adalah berjualan online. Lalu, apa saja kiat-kiat untuk memulai berbisnis baju secara online?

anakmuda set

Buat website

Yang pertama, buatlah website karena website merupakan pondasi terpenting dari bisnis jual-beli online. Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hosting dan domain. Untuk domain, sebaiknya sesuaikan dengan produk yang ingin dijual, kalau bisa kod atau keyword on domain. Jadi di dalam domain tersebut mengandung kata kunci sesuai dengan produk yang ingin anda jual. Membuat website tidak sulit sama sekali.

Inilah Cara Bisnis Online Baju Bagi Mahasiswa

Anda bisa memakai website builder yang biasanya sudah terdapat di dalam akun hosting. Anda tinggal melakukan beberapa pengaturan untuk membuat website. Jika website sudah ada, tahap selanjutnya adalah melisting produk. Proses listing akan jauh lebih mudah jika anda memakai platform yang dirancang untuk website e-commerce. Platform seperti WordPress juga bisa dipakai, tapi ada beberapa plugin yang perlu diinstal untuk memaksimalkan fungsinya.

Cari produsen pakaian

Setelah itu, anda perlu mencari produsen yang barangnya ingin anda jual. Sebenarnya dalam berjualan online, anda tidak harus menyiapkan produk sendiri. Jika tidak ada waktu untuk itu, apalagi anda adalah seorang mahasiswa, maka anda bisa menjual pakaian dengan sistem dropship atau reseller. Pada sistem dropship, anda hanya perlu menjadi perantara antara produsen dan konsumen. Sementara pada sistem reseller, anda perlu membeli / menyetok produk kemudian dijual kembali. Soal keuntungan, potensi keduanya sama saja. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan modal yang tersedia.

SET

Jika tidak ada modal untuk menyetok barang, anda bisa memakai sistem dropship. Silahkan berkunjung ke Tokopedia, OLX, Bukalapak, dan website sejenis. Ada banyak sekali marketplace yang menawarkan berbagai produk dengan harga yang murah. Anda bisa menjual kembali produk-produk tersebut dengan perantara website. Margin keuntungan tetap harus diperhatikan. Saat ini orang sudah terbiasa bertransaksi di marketplace online. Jadi anda perlu berusaha lebih keras lagi untuk menjaring konsumen karena popularitas website-website tersebut sudah sangat tinggi di indonesia. Namun begitu, tetap ada peluang untuk menjual baju secara online dan meraih untung.

Inilah Cara Bisnis Online Baju Bagi Mahasiswa 2

Lakukan promosi

Cobalah berpromosi di Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya untuk menjaring konsumen. Agar lebih menarik, berikanlah bonus untuk pembelian partai besar. Silahkan tentukan sendiri berapa besaran bonus dan produk-produk mana saja yang ingin anda beri diskon. Dengan begitu orang akan lebih tertarik untuk membeli baju di tempat anda. Pastikan produk yang dijual modelnya terbaru atau terupdate. Biasanya model baju sangat cepat berganti dari waktu ke waktu. Anda perlu mencari informasi tentang produk atau model baju seperti apa yang sedang ngetren atau in saat ini. Dengan begitu, potensi penjualan juga akan semakin meningkat.

Berikan pelayanan terbaik

Berikanlah pelayanan terbaik kepada costumer. Kalau perlu pekerjakan orang lain untuk mengelola website anda. Jadi jika ada konsumen yang bertanya lewat email, chatting, ataupun telepon, anda tidak perlu langsung berbicara dengan mereka karena sebagai mahasiswa tentu anda punya kesibukan sendiri yang lebih penting. Tapi tidak usah khawatir, meskipun mempekerjakan orang, anda tetap bisa meraih keuntungan asalkan tahu bagaimana menganalisa pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan yang masuk. Inilah cara bisnis online baju bagi mahasiswa.

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!