Bersahabat Dengan Matahari

Bersahabat Dengan Matahari – Kini saatnya merencanakan liburan Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan aneka produk perawatan kulit karena saat ini kulit akan terekspos sinar matahari lebih banyak daripada biasanya.

Liburan tiba, Saatnya untuk bersantai dibawah sentuhan matahari yang menyenangkan. Tabir surya adalah senjata paling utama yang tak boleh Anda lupakan agar kulit tidak menjadi rusak karena sinar matahari bisa menjadi sangat “jahat”. Jangan asal memilih. Pastikan Anda memilih formula tabir surya yang tepat sesuai dengan jenis kulit.

PERHATIKAN FORMULANYA !

Tabir surya yang mengandung formula pelindung UVA dan UVB

UVA adalah sinar matahari yang dapat memicu terjadiya penuaan dini. Misalnya kerut dan flek hitam. UVB adalah sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar dan dapat memicu terjadinya kanker kulit. Pilih produk tabir surya yang mengandung pelindung dari kedua sinar matahari tersebut dengan maksimal.

Tabir surya yang mengandung formula antioksidan

Saat sinar ultraviolet menembus kulit, terbentuklah molekul-molekul radikal bebas yang menyebabkan terjadinya penuaan dini dan kanker kulit. Pilih produk tabir surya yang mengandung antioksidan topical seperti vitamin C, vitamin E dan teh hijau. Kandungan alami ini bermanfaat menetralisir kerja radikal bebas sehingga tidak merusak kulit yang sehat.

Tabir surya yang mengandung formula Water Resistant dan Waterproof

Formula water resistant berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari selama 40 menit di dalam air. Sedangkan formula waterproof berfungsi melindungi kulit selama 80 menit. Jangan lupa mengoleskannya kembali sehabis berenang dan setelah mengeringkan badan.

Tabir surya yang mengandung Sport Sunscreen

Digunakan saat berolahraga di luar ruangan. Tekturnya lembut dan tidak mengandung minyak sehingga dapat cepat menyerap dan tidak lengket. Beberapa produk juga mengandung formula waterproof dan sweat resistant (tahan keringat).

Tabir surya yang mengandung formula Allergic Tested dan Hypo Allergenic

Disarankan untuk kulit yang sensitif. Produk ini tidak mengandung wewangian (free fragrance formula) dan aman untuk kulit. Selain itu juga tidak memiliki efek samping misalnya kulit kemerahan, gatal dan alergi lainnya.

Tabir surya yang mengandung formula anti keriput

Tekstur lembut karena mengandung glycerol yang bermanfaat untuk melembabkan kulit. Produk ini mengandung lapisan pelindung UVA dan UVB, beta karoten dan formula anti penuaan kompleks seperti vitamin E dan vitamin C.

APA JENIS KULIT ANDA?

Kulit Sensitif

Sebaiknya memilih tabir surya dengan formula Allergic Tested dan Hypo Allergenic yang bebas wewangian. Pilih jenis gel atau lotion karena mudah menyerap dan tidak lengket.

Kulit Normal dan Cenderung Kering

Kulit kering cenderung mudah berkerut. Gunakan produk yang mengandung anti oksidan dan anti kerut untuk melindungi kulit dari penuaan dini. Pilih jenis krim atau lotion yang kaya pelembab.

Kulit Berminyak dan Berjerawat

Gunakan tabir surya yang tidak mengandung minyak (oil free). Jenis gel atau lotion yang kandungan airnya tinggi bisa jadi pilihan. Sebelum mengoleskan tabir surya, aplikasikan toner terlebih dulu agar tabir surya menyerap maksimal.

RAMBUT INDAH DI BAWAH SINAR MATAHARI

Untuk mempertahankan kondisi kesehatan rambut, oleskan leave in conditioner secara merata sebelum beraktivitas. Gunakan setiap 3 jam sekali. Formulanya melindungi rambut dari kekeringan dan dehidrai serta mencegah perubahan warna akibat pengaruh sinar matahari. Oleskan juga sebelum dan setelah berenang.

BILA KULIT TELANJUR TERBAKAR

Kulit yang terbakar sinar matahari akan terlihat mengelupas dan terasa sangat perih. Tak perlu panik. Lakukan pertolongan pertama dengan segera mengoleskan campuran jus mentimun dengan minyak esensial untuk mendinginkan kulit.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 4 buah mentimun, diblender halus
  • 2 tetes minyak esensial lavender
  • 2 tetes minyak esensial tea tree
  • 2 tetes minyak esensial camomile

Caranya :

  • Campurkan seluruh bahan diatas, oleskan pada kulit yang terbakar
  • Bungkus kulit yang terbakar dengan kain katun. Biarkan selama 30 menit. Formula ini bermanfaat untuk menenangkan kulit.
  • Basuh dengan air dingin. Mentimun membuat kulit menjadi halus. Oleskan pelembab bila perlu.

BERAPA LAMA TABIR SURYA BEKERJA EFEKTIF

Perhatikan besar SPF (Sun Protecting Factor) yang tertera pada kemasan. Setiap 1 SPF bermanfaat melindungi kulit dari pengaruh negatif sinar matahari selama 15 menit. Jadi tabir surya dengan kandungan SPF 30 bekerja efektif melindungi kulit selama 30 x 15 menit = 450 menit.

Aktivitas di luar ruangan sering kali menghapus tabir surya yang telah Anda gunakan. Sebaiknya oleskan setiap 2 (dua) jam sekali untuk menghindari kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Tips :

  1. Sehabis berjemur atau beraktivitas di bawah sinar matahari, oleskan after sun lotion yang mengandung lidah buaya, vitamin E dan kandungan lain yang bermanfaat untuk mendinginkan kulit.
  2. Oleskan tabir surya secara teratur sebelu beraktivitas dan setiap habis berenang. Ulangi setiap 2 jam sekali.
  3. Kulit yang berubah kecoklatan adalah tanda bahwa kulit telah mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Karena itu jangan abaikan pertanda ini. Oleskan lotion yang mengandung pendingin untuk kulit.
  4. Jika Anda berencana untuk melakukan tanning (mencoklatkan kulit), gunakan tabir surya yang mengandung formula khusus tanning.
  5. Tabir surya dengan SPF yang tinggi bersifat lebih creamy dan lengket. Bila tak ingin aktivitas Anda terganggu, tak perlu menggunakan SPF yang terlalu tinggi. Namun jangan lupa untuk teratur mengoleskannya kembali pada kulit.

Sumber : Majalah Wanita Mingguan Lisa, No.23/v. 3-9 Juni 2004

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!