Begini Caranya Memulai Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar

Begini Caranya Memulai Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar – Dalam menjalankan sebuah usaha, ada beberapa hal penting yang perlu anda pertimbangkan, salah satunya adalah modal. Dengan modal terbatas, anda tetap bisa merintis usaha, tapi anda juga harus berpikir realistis sebab hasilnya mungkin tidak seperti bisnis bermodal besar. Berikut ini langkah-langkah memulai bisnis yang perlu anda ketahui.

SET

Mencari ide

Setiap orang memiliki passion yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka berkecimpung di dunia agribisnis, ada juga yang lebih suka fashion, kuliner, dll. Niche bisnis sangatlah beragam. Jika anda ingin memilih bisnis kuliner, maka sebaiknya ketahui makanan apa saja digandrungi banyak orang. Kemudian jika anda tertarik untuk menggeluti bisnis fashion, tentukan fashion seperti apa yang ingin anda buat, apakah aksesoris, pakaian, sepatu, tas, atau yang lainnya. Atau mungkin anda ingin membuka rental Playstation, hitunglah seberapa besar biaya yang diperlukan. Usaha Playstation tidak harus memakan modal besar karena jumlah unit konsol bisa disesuaikan dengan budget. Yang terpenting adalah anda harus tahu mengatur pendanaan agar tidak terjadi negatif cash flow.

Begini Caranya Memulai Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar

Mencari modal

Langkah selanjutnya adalah mencari modal atau pendanaan. Jika anda punya banyak simpanan, itu bisa dipakai sebagai modal. Jika tidak ada, masih ada beberapa opsi lainnya. Yang pertama anda bisa mencari pinjaman dari bank. Tentu untuk meminjam, anda diharuskan untuk menyediakan jaminan. Jaminan bisa berupa berupa sertifikat tanah atau sertifikat kendaraan bermotor. Ada pula kredit tanpa agunan yang memungkinkan kita mendapatkan pinjaman tanpa jaminan apapun. Modal juga bisa berasal dari aset yang dijual. Misalnya anda mewarisi banyak tanah dari orang tua. Kalau mau, jual saja sebagian kecilnya untuk modal usaha.

Lebih baik memulai usaha dengan pribadi daripada pinjaman. Mengapa? Dengan modal pinjaman, ada kewajiban bagi anda untuk mengembalikannya. Dan jika bisnis dibangun ternyata tidak mendatangkan profit seperti yang diinginkan, anda bisa kesulitan melunasi cicilan hutang yang ada. Cara lain mendapatkan modal adalah meminjam dari rekan terdekat, seperti saudara atau teman. Mereka biasanya lebih fleksibel soal bunga dan tidak terlalu menuntut pengembalian dalam waktu singkat. Tapi anda harus ingat bahwa tetap ada beban tanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut.

SET ebook

Mencari rekan kerja

Dalam memulai usaha rumahan, yang juga penting adalah mencari rekan kerja. Yang dimaksud dengan kerja di sini bukan hanya partner berbisnis, tapi juga tenaga kerja atau karyawan yang anda ajak menggarap bisnis tersebut. Rekrutlah tenaga kerja dari lingkungan sekitar. Misalnya anda ingin membuka usaha pembuatan cemilan, mau tidak mau anda harus mempekerjakan orang-orang yang terampil dalam meracik bumbu. Jika banyak ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggal anda yang tidak punya pekerjaan dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ajaklah untuk bergabung.

Begini Caranya Memulai Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar 2

Tidak usah mencari tenaga kerja sampai ke luar daerah sebab di sekitar anda mungkin masih ada banyak orang yang butuh lapangan pekerjaan. Kemudian dalam mencari partner bisnis, ujilah kecocokan terlebih dahulu. Banyak sekali cerita partner bisnis yang pada akhirnya pecah kongsi karena tidak cocok antara satu sama lain. Harus ada chemistry yang kuat diantara keduanya dan sebisa mungkin hindari sifat egois. Di dalam sebuah bisnis, semua orang yang terlibat di dalamnya adalah tim yang punya bagian kerja masing-masing. Sudah seharusnya anda semua saling membantu demi melancarkan usaha.

Membuat analisa usaha

Tahap penting berikutnya adalah membuat analisa bisnis. Ini mencakup perincian soal modal dan pengeluaran. Misalnya anda ingin memulai usaha budidaya lele. Maka di dalam perincian harus tertera biaya untuk pembuatan wadah, pembelian benih, pakan, obat-obatan, dsb. Upah tenaga kerja juga tidak boleh dilupakan jika anda mengajak beberapa karyawan untuk bekerja. Setelah semuanya siap, silakan langsung eksekusi atau memulai usaha tersebut.

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!