Bagaimana Diet Menyebabkan Kerontokan Rambut dan Uban Sebelum Waktunya

Bagaimana diet menyebabkan kerontokan rambut dan uban sebelum waktunya – Ya memang kita harus menghadapinya!! Kita hidup dalam jaman dan budaya yang terobsesi dengan penampilan fisik. Iklan-iklan dan gambar-gambar yang mempromosikan gigi putih yang cemerlang, kulit yang bercahaya dan rambut yang tebal serta berkilau membombardir kita dalam banyak bentuk media promosi. Tidak cukup itu saja, menua sering kali diibaratkan sebuah hal yang buruk sehingga banyak orang menghabiskan waktunya untuk melawan tanda-tanda penuaan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Johns Hopkins, kita dapat menghabiskan sebagian kecil saja dari waktu dan uang kita untuk melawan hal-hal itu hanya dengan mengubah pola makan kita.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam laporan ilmiah Jurnal Nature, ditemukan bahwa melakuan diet dengan pola Barat (mungkin lebih baik jika disebut sebagai Diet Standar Amerika (Standard American Diet – SAD) berkontribusi pada kerontokan rambut serta tumbuhnya uban. Sebagai tambahannya, diet ini juga berkontribusi pada peradangan di kulit serta memicu pada berbagai masalah yang berhubungan dengan kondisi kulit termasuk dermatitis dan lesi.

Diet Standar Amerika adalah salah satu diet yang mengkonsumsi makanan hewani dalam kadar yang tinggi (ini karena lemak hewani adalah lemak jenuh), gula putih dan makanan lain yang mengandung gula, soda, makanan yang digoreng, makanan yang proses sebelumnya serta makanan yang mengandung lemak, gula dan zat pengawet dalam kadar yang tinggi. Menurut para peneliti Universitas Johns Hopkins, kebiasaan berdiet jenis ini tidak hanya akan membuat kita kelebihan berat badan tetapi juga meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung. Hal ini juga akan menyebabkan memutihnya rambut kita bahkan menjadi tipis juga membuat kulit kita menjadi lebih rentan.

Para peneliti menemukan bahwa diet yang mengkonsumsi lemak akan mengganggu glicospingolipid (GLS) di dalam tubuh. GLS adalah lipid yang ditemukan dalam kedua sel di lapisan atas kulit dan yang mengontrol pigmen kulit, mata dan rambut. Pilihan diet yang buruk dapat mengubah produksi lemak ini dan mengakibatkan kerontokan rambut dan penuaan dini.

Para peneliti juga menemukan bahwa diet tinggi lemak dan kolesterol – makanan yang dimakan oleh kebanyakan orang setiap hari – memiliki efek negatif pada ketiga lipit yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Lipid adalah lemak dan zat mirip lemak yang digunakan oleh tubuh untuk melakukan sejumlah fungsi mulai dari memberi kita energi untuk membantu produksi hormon. Ceramide lipid ditemukan di membran sel dan membantu menjaga kelembaban kulit. Tingkat ceramide turun sebagai akibat dari diet ala barat yang tinggi lemak. Demikian pula glucosylceramides, lipid pelindung kulit lainnya juga akan menurun. Para peneliti juga mencatat bahwa laktosylceramide – lipid yang terlibat dalam menciptakan respon peradangan di kulit kita – sebenarnya akan meningkat tiga kali lipat dengan kita melakukan diet khas orang barat ini.

Karena itu, apa yang harus kita lakukan jika kita sudah terperangkap dalam kebiasaan makan buruk seperti ini?

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengubah pola makan kita :

BERPIKIRAN TERBUKA

Jika kita berpikir bahwa makan makanan sehat bukanlah hal yang memuaskan atau mungkin berarti kita tidak lagi bisa menikmati makanan favorit kita. Makanan terbaik yang pernah dimakan oleh penulis artikel ini adalah makanan sehat. Jadi berhentilah berpikir bahwa kita hanya bisa makan daun selada dan tomat jika kita ingin merasa lebih sehat dan lebih baik. Itu tidaklah benar!

MULAILAH MEMBACA LABEL KEMASAN

Hampir semua makan yang kita konsumsi adalah makanan dalam kemasan yang mengandung bahan-bahan sintetis, lemak berbahaya dan juga jumlah gula yang mungkin saja berlebihan. Mulailah untuk membaca label kemasan dan menjauhi m makanan yang mengandung bahan yang kita tidak mengerti ataupun yang mengandung banyak gula dan lemak.

MAKANLAH MAKANAN NABATI

Jika kita seperti kebanyakan orang yang berpikir bahwa jika kita makan lebih banyak sayuran, kita tidak akan mendapatkan protein ataupun kalsium yang cukup. Mungkin saja ini adalah bagian dari intrik pemasaran perusahaan olahan daging dan susu selama beberapa dekade. Mulailah makan lebih sedikit daging dan susu (dimana yang tinggi lemak tidak sehat) dan makanlah lebih banyak makanan yang kaya protein nabati seperti kacang-kacangan (kacang mentah, almond tawar, kacang Brazil, kacang mente, macadamia, kacang pican, kenari, dan lain-lain); biji-bijian (biji rami, biji labu, quinoa, dan lain-lain); kacang polong (kacang hitam, kacang merah, buncis dan lain-lain) serta alternatif nabati lain untuk daging, susu dan keju. Makan makanan nabati telah ada sejak dulu bahkan sebelum adanya roti, tahu dan sosis.

MAKAN MAKANAN BERWARNA

Nutrisi yang terkandung dalam makanan awalnya dikenali dari warnanya yang cerah seperti paprika kuning, wortel atau labu yang berwarna oranye, tomat merah, blueberi dan blackberi serta jenis-jenis lain. Pastikan kita mengkonsumsi banyak ragam buah dan sayur berwarna setiap harinya.

Tentu saja ada banyak cara untuk merubah Diet Standar Amerika yang kita jalani menjadi diet yang leih sehat. Semoga saran-saran ini adalah langkah awal yang baik untuk memulainya.

Penulis : Dr. Michelle Schoffro Cook

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!