Bagaimana Cara Mengetahui Barang Terbuat Dari Perak Asli

Bagaimana Cara Mengetahui Barang Terbuat Dari Perak Asli – Mungkin selama ini tes menggunakan magnet adalah trik yang paling baik di kalangan penilai barang antik.

Tidak seperti perhiasan lain, perhiasan perak (sterling silver) menangkap cahaya. Itulah sebabnya, banyak orang yang menyukai tampilan perhiasan perak pada peralatan makan, vas, perhiasan dan aksen dekorasi. Perak asli juga memiliki nilai pasar yang tinggi sehingga barang-barang yang terbuat dari bahan ini cenderung memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan barang lain yang terlihat seperti perak. Untuk mengetahui apakah sebuah barang terbua dari perak asli atau tidak, ini penting bukan hanya masalah harga atau biaya. Ada orang yang alergi atau terlalu peka terhadap logam sehingga harus dipastikan bahwa perhiasaan yang mereka pakai adalah perak asli. Dengan tes ini maka dipastikan bahwa tidak akan ada reaksi negatif saat mereka mengenakannya.

Berbelanja perhiasan atau barang dari perak di pasar loak, bazaar dan pameran mungkin saja memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik. Tetapi kita harus tahu apa yang kita cari. Sue Whitney seorang penulis buku yang telah menelurkan 5 (lima) buah buku tentang berbelanja barang antik dan mendekorasi dengan perabotan daur ulang mengatakan bahwa dia selalu merekomendasikan agar para pembeli melihat tumpukan apa yang ditawarkan penjual sebagai tumpukan perak. Katanya lagi, dia pernah membeli sebuah nampan perak hanya seharga USD 5 dari sebuah tumpukan barang tua. Kemudian dia membawanya ke pedagang perak dan dihargai USD 1.400. Kadang, para pedagang perak tidak tahu apa yang ada pada dagangannya sehingga melewatkan peluang bisnisnya.

Seperti halnya logam mulia, perak memiliki sifat khas yang memudahkan kita dalam mengidentifikasinya. Beberapa tes dapat dilakukan untuk memberikan kita masukan yang baik, apakah barang yang kita pegang adalah perak asli atau palsu. Ingatlah bahwa ada beberapa tes yang tidak dapat kita lakukan jika kita tidak memiliki barang itu. Sebaiknya kita tidak mengambil resiko untuk merusak barang tersebut agar mendapatkan nilai lebihnya.

Karena itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah sebuah barang itu terbuat dari perak asli atau bukan :

 

TANDA KEASLIAN

Carilah stempel atau cap pada perkakas atau perhiasan perak. “Hal pertama yang harus kita cari ketika menemukan barang yang kita curigai sebagai barang asli adalah tanda seperti stempel atau ciri khas lainnya,” jelas Nicolas Martin, pakar pasar loak dan pendiri Flea Market Insiders. “Barang terbuat dari perak yang dijual secara komersial, di sebagian besar negara, akan dibeikan satu atau lebih tanda untuk menunjukkan kemurnian perak, tanda pabrik atau pengrajinnya serta tanda lain yang menunjukkan tanggal pembuatan atau informasi tambahan lainnya. Penjual perak kelas internasional akan menandai perak dengan 925, 900 atau 800. Angka-angka ini mengindikasikan tingkat kemurnian perak. Nilai kemurnian perak murni adalah 92,5% atau lebih tinggi.

TES MAGNET

Logam mulia seperti emas dan tembaga tidak mengandung magnet. Demikian juga dengan perak. Ambillah magnet dan lihatlah apakah logam mulia kita tertarik kepadanya. “Perak tidak bersifat magnetis dan menunjukkan efek magnetik yang lemah seperti pada besi, nikel, kobalt dan logam lainnya,” jelas Martin. “Jika magnet menempel kuat pada potongan logam kita, maka barang kita memilik inti feromagnetik. Ini menunjukkan bahwa dia bukan perak.”. Perak palsu atau barang berlapis perak biasanya dibuat dari logam lainnya. Ini adalah tes mudah untuk memberikan kita informasi apakah barang kita perak asli atau bukan.

TES BAU

Perak murni tidak berbau. Jadi gunakan indera penciuman kita untuk mengetahuinya. Apakah ada bau yang dapat kita nekali? Jika kita mencium baru belerang atau aroma logam lain maka itu bukan perak murni. Mungkin saja barang itu berlapis perak tetapi aroma yang dimiliki menunjukkan bahwa tidak seluruh bagian terbuat dari perak murni. Ini adalah cara pengujian yang bagus dilakukan oleh kita yang memiliki indera penciuman kuat.

TES POLES

Perak perlu dikilapkan secara teratur. “Setelah memeriksa tanda dan cap serta menggunakan tes magnet, gunakan kain lembut berwarna putih yang kita bawa”, kata Whitney. “Perak dapat mengoksidasi serta menodai. Gosok bagian yang terkena noda seperti memoles. Jika tidak ada residu hitam yang muncul di kain putih kita, maka itu bukan perak.” Memoles barang perak adalah sebuah indikator yang baik untuk menunjukkan keasliannya. Karat atau kurangnya oksidasi mengindikasikan bahwa barang terbuat dari bahan selain perak.

UJI SERPIHAN

Beberapa barang mungkin saja dilapisi perak yang artinya mereka hanya ditutup dengan lapisan perak asli. Apakah barang tersebut memiliki serpihan yang mengungkapkan adanya logam berbeda dibawahnya? Bisakah kita menggaruknya dengan kuku dan melihat bahan lain dibawahnya? Barang ini hanya dilapisi dengan perak tetapi bukan perak murni.

Kita juga bisa mengambil beberapa serpihan dan memasukkannya ke dalam cairan asam. Warna  cairan asam harus tetap sama jika benda yang kita masukkan adalah perak murni. Tentu saja ini bukan tes yang dapat kita lakukan di toko. Jadi gunakan tes ini pada barang yang kita miliki di rumah.

TES DENGAN ES BATU

Pastinya kita harus memiliki es batu untuk dapat melakukan tes ini. Ambilah sepotong es batu dan letakkan diatas barang perak. “Perak memiliki konduktivitas termal tertinggi dari logam atau logam campuran pada umumnya,” jelas Martin.¬† “Bahkan pada suhu kamar, produk dengan perak asli akan melelehkan es dengan sangat cepat. Jadi jika es meleleh dengan cepat, mungkin barang Anda adalah perak”.

Ini adalah trik sederhana dan cermat untuk dapat mengungkapkan apakah barang yang kita miliki adalah perak asli ataukah palsu.

 

Penulis : Roxanna Coldiron

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!