Apakah Lensa Kontak Berwarna Aman?

Apakah Lensa Kontak Berwarna Aman? – Apa yang dokter mata katakan tentang lensa kontak berwarna? Ya, kita tetap memerlukan resep ukuran. Jika kita ingin merubah penampilan tetapi tidak mencari hal yang permanen seperti warna rambut atau tindik; kita dapat menggunakan lensa kontak berwarna.

Tetapi meskipun terlihat keren, sering kali kita bertanya apkah menggunakan lensa kontak berwarna aman? Bahkan jika kita tidak membutuhkannya untuk membantu pengelihatan. Secara umum, lensa kontak diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan mata (tidur dengan lensa kontak dapat menyebabkan kehilangan penglihatan). Untuk dapat membantu kita dalam mengambil keputusan serta menjaga agar mata kita tetap aman dan sehat, majalah Health berbicara dengan dokter mata tentang apa saja yang perlu dikeatahui tentang lensa kontak berwarna dan bagaiman kita dapat menggunakannya tanpa melukai mata kita.

SELALU, SELALU PERGI KE PROFESIONAL

Masalah yang selalu muncul dengan lensa kontak berwarna adalah saat kita mendapatkannya tanpa rekomendasi dokter mata. Steven Shanbom, MD, seorang dokter mata di Berkley, Michigan mengatakan pada majalah Health. ” Anda harus mempertimbangkan lensa kontak berwarna ini sebagai alat kesehatan bukan mainan”. Dan bahkan jika Anda tidak membutuhkan lensa kontak untuk menormalkan mata, Anda tetap saja membutuhkan bantuan profesional untuk mendapatkan lensa yang pas dan cocok.

Apa yang terjadi jika salah? ” Jika lensa kontak yang Anda gunakan terlalu ketat atau lekukannya terlalu pendek, lensa kontak ini akan menempel dan mengangkat bagian mata. Dan secara perlahan dapat menyebabkan iritasi atau abrasi”, jelas Dr. Shanbom. Ini akan menjadi tempat bagi bakteri masuk dan menyebabkan infeksi.

GUNAKAN LENSA KONTAK DARI MEREK TERNAMA

Saat ini sangatlah mungkin untuk memesan lensa kontak berwarna melalui daring atau membelinya di toko serba ada. Dr. Shanbom mengingatkan lensa kontak berwarna dengan merek yang tidak membutuhkan resep saat membeli sebaiknya tidak dipercaya. ” Jika Anda datang pada layanan produk perawatan mata profesional, Anda akan mendapatkan produk yang aman,” demikian tambahnya.

Yang menjadi masalah dengan merek abal-abal ini adalah mereka dibuat dalam satu ukuran yang pas untuk sema mata. Tetapi tidak semua kornea itu sama besar. Sama seperti kaki yang membutuhkan ukuran sepatu yang benar, bola mata juga membutuhkan lensa yang cocok. Dengan menggunakan lensa kontak yang tidak sesuai dengan ukuran mata, bisa saja menyebabkan iritasi, infeksi dan bahkan kebutaan jika infeksi yang terjadi diluar kendali.

Untungya, ada banyak merek yang masuk ke pasar lensa kontak berwarna dan dapat dibeli sesuai resep valid. Pilihan mulai dari merek ACUVUE yang secara halus mencerahkan warna mata alami dengan peningkatan warna mata hingga merek ALCON AIR OPTIX COLOR yang memungkinkan kita memilih beberapa pilihan warna untuk pemakaian sehari-hari hingga 30 hari.

RAWATLAH LENSA KONTAK

Sama seperti pada lensa kontak biasa, kita tidak akan bebas dari masalah hanya karena telah membeli di tempat profesional dan merek ternama. Masih ada hal yang harus dilakukan yaitu merawat lensa kontak berwarna dengan benar.

Tergantung bagaimana labelnya, lensa harus dilepaskan dari mata setelah waktu tertentu dan diganti dengan lensa baru. Pembersih lensa yang digunakan juga harus cairan pembersih khusus lensa kontak bukan yang lainnya serta dilakukan dengan tangan yang bersih. ” Ini berlaku sama untuk lensa kontak berwarna maupun tidak,” kata Dr.Shanbom.

Kabar baiknya adalah jika kita mengikuti petunjuk ini, maka penggunaan lensa kontak berwarna untuk penampilanpun akan relatif aman. Kata Dr. Shanbom, ” Jika Anda menggunakannya dengan benar, saya tidak melihat adanya resiko berlebihan untuk keinginan mengubah warna mata.”

 

Sumber : Health.com

Penulis : Lindsey Murray

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!