Apakah Jantung dan Otak Anda Cukup Asupan Vitamin E ?

Apakah Jantung dan Otak Anda Cukup Asupan Vitamin E – Dari bacaan yang Anda baca, mungkin Anda sudah tahu bahwa vitamin C sangatlah penting untuk kesehatan jantung, tetapi apa pentingnya nutrisi ini? Mengapa kita harus peduli dengan hal ini? Untuk menjawabnya, mari kita mulai dari beberapa hal mendasar berikut ini.

Seperti vitamin lainnya, Vitamin E sangat penting bagi kehidupan manusia. Anda tidak bisa hidup tanpa vitamin E. Tanpa vitamin E yang cukup, pembuluh darah, jantung, hati, paru-paru, kelenjar adrenalin dan kelenjar pituitari , kulit, testis atau rahi dan jaringan penting lainnya yang menderita.

Vitamin E juga meningkatkan kesehatan kulit Anda dan juga menjaganya tetap lembut dan kenyal. Vitamin E juga membantu untuk melindungi tubuh Anda dari paparan racun yang ada dilingkungan dan makanan Anda. Vitamin E juga melindungi Anda dari efek penuaan dan benar-benar mendukung kesehatan otak Anda. Dan dengan vitamin E yang cukup dan seimbang, maka Anda berada pada jalur yang benar untuk hidup lebih panjang.

Anti oksidan yang kuat dalam vitamin E membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengganggu fungsi sel otak. Seiring berjalannya waktu, terlalu banyak zat radikal bebas yang dapat merusak sel otak membuat fungsi komunikasi terganggu karena hilangnya ingatan. Vitamin E dapat menghambat proses perusakan ini dengan melindungi bagian lemak dalam otak sehingga fungsi kognitif otak terjagas serta mencegah terjadinya pernyakit yang menyerang otak. Oh ya, sekitar 60% dari otak kita terdiri dari lemak.

TANDA TANDA KEKURANGAN VITAMIN E

Ada banyak tanda atau gejala kekurangan vitamin E dalam tubuh kita. Tidaklah penting untuk mengalami semua gejala  yang akan disebutkan dibawah ini. Karena gejala-gejala ini dapat juga mengindikasikan adanya masalah kesehatan lain dalam tubuh Anda. Karena itu perlu untuk memeriksakan diri jika Anda mengalaminya.

Tanda atau gejala kekurangan Vitamin E adalah sebagai berikut :

  1. Anemia
  2. Masalah dalam pembekuan darah dimana darah cenderung menggumpal
  3. Aritmia jantung dimana jantung berdetak tidak normal
  4. Dimensia
  5. Rambut kering, ujung pecah atau rambut menipis
  6. Masalah dengan mata / penglihatan
  7. Mata berkedut
  8. Impotensi atau dorongan seksual rendah pada pria
  9. Kehilangan massa otot
  10. Nyeri haid pada wanita
  11. Otot lemah
  12. Rabun senja
  13. Koordinasi tubuh yang buruk

 

 MAKANAN SUMBER VITAMIN E

Vitamin E dapat ditemukan pada biji-bijian dan roti gandum, sereal gandum utuh dan kecambah. Dapat juga ditemukan pada sayuran berdaun gelap, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk kenari, kemiri kacang macadamia, kacang almond, biji rami , biji bunga matahari dan biji labu.

SUPLEMEN PELENGKAP DENGAN VITAMIN E

Meskipun sangat penting untuk mengkonsumsi makanan alami yang kaya antioksidan daripada mengkonsumsi makanan tambahan (suplemen). Tetapi juga penting untuk memperkaya tubuh dengan vitamin E tambahan terutama jika Anda menderita penyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan otak atau masalah kesehatan lainnya  karena vitamin E membantu untuk melindungi otak, jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengkonsumsi suplemen yang mengandung 400 IU vitamin setiap harinya, terutama dalam bentuk campuran tocopherol. Pastikan produk yang Anda konsumsi mengandung vitamin E alami yang lebih baik terserap dan lebih unggul daripada vitamin E sintetis. Bentuk alami vitamin E terdiri dari d-alpha tocopherol, d-alpha acetate atau d-alpha tocopheryl suksinat. Sedangkan bentuk sintetis vitamin E memiliki nama dengan awalan-awalan.

Perlu dihindari untuk mengkonsumsi vitamin E dengan dosis besar kecuali jika Anda telah berkonsultasi dengan praktisi kesehatan di bidang dosis terapeutik vitamin E.  Vitamin E dapat disimpan dalam tubuh Anda dan dapat menumpuk jika diminum dalam dosis besar dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Penulis : Dr. Michelle Schoffro Cook, Phd. DNM

Sumber : www.care2.com

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!