Apa Yang Dikatakan Air Kencing Anda Tentang Kesehatan Anda

Apa yang dikatakan air kencing Anda tentang Kesehatan Anda – Setiap saat Anda menyiram air toilet setelah berkemih, Anda juga menyiram petunjuk penting tentang kesehatan Anda. Apakah warna air kencing Anda hari ini? Kita akan mendapatkan banyak informasi tentang kesehatan kita saat kita melihat warna air kencing kita.

Mengapa warna air kencing berubah-ubah? Warna air kencing utamanya dihasilkan oleh urokrom atau yang dikenal juga dengan urobilin, sebuah pigmen yang dapat menyebabkan air kencing berwarna dari kuning pucat hingga kuning tua. Semakin banyak air yang Anda minum, makin encerlah air kencing Anda, dan warnanya juga akan semakin pucat. Jika Anda mengkonsumsi banyak air, air kencing Anda akan kelihatan semakin jernih. Akan tetapi warna “normal” air kencing adalah berada di satu titik di spektrum ini.

warna air kencing

 

Warna air kencing juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Gambar tentang warna air kencing ini mungkin dapat membantu Anda untuk mengenal perbedaan warna air kencing Anda jika esok Anda melihat pada toilet Anda.

 

 

DIET

Apakah ada bit di menu makan malam Anda? Jangan khawatir jika Anda melihat air kencing Anda berwarna semu kemerahan sesaat pada malam hari atau pada esok pagi. Bit adalah salah satu makanan yang dapat merubah warna air kencing Anda, sama seperti aneka berry, wortel, kelembak, asparagus dan kacang fava. Makanan yang diproses dengan menggunakan zat pewarna adalah penyebab lainnya atau mungkin juga makanan pengganti yang memiliki kandungan vitamin B yang tinggi.

 

SUPLEMEN

Beraneka jenis vitamin termasuk vitamin B riboflavin dan cobalamin (B2 dan B12) dapat juga membuat air kencing Anda berubah warna menjad kuning kehijauan. Mengkonsumsi vitamin C atau betakarotin yang tinggi juga menyebabkan air kencing Anda berwarna kuning tua atau oranye pucat.

LATIHAN FISIK

Latihan fisik jjuga dapat mempengaruhi warna air kencing Anda. Jika Anda berolahraga dan tidak mengkonsumsi banyak air, khsususnya di udara panas, Anda akan mengalami dehidrasi yang mungkin akan menyebabkan air kencing berkonsentrat tinggi sehingga berwarna kuning tua atau menyerupai warna teh. Ini adalah kondisi kesehatan yang serius dan harus segera diobati. Beberapa atlit berolahraga dengan sangat kuat sehingga mereka menemukan darah di air kencing mereka yang menjadikan air kencing berwarna kemerahan. Ini adalah kondisi sementara tetapi harus diperiksa oleh dokter jika keadaan ini berlanjut selama lebih dari 24 jam, karena air kencing yang berwarna merah ini mungkin menandakan sesuatu yang serius sedang terjadi dengan tubuh Anda.

 

OBAT-OBATAN

Obat-obatan yang dapat dibeli bebas di toko obat maupun dengan resep dapat mengubah warna air kencing Anda untuk sementara atau untuk jangka waktu lama. Beberapa obat dapat mengubah warna air kencing menjadi kuning tua, oranye, kehijauan atau kecoklatan, tergantung obat yang diminum, diantaranya antibiotikm alfa-metildopa dan L-dopa, rifampisin, obat pencahar yang mengandung senna atau cascara, phenazopyridine, sulfasalazine, amitriptyline, indometachin, propofol, klorukiun, primakuin, metakarbamol, prometazin, simetidin, amitriptilin, metoklopramid dan indometasin.

 

KONDISI MEDIS

Ada kondisi medis seperti penyakit ginjal, kandung kemih, saluran kemih dan juga infeksi hati yang dapt mengubah warn air kencing menjadi berwarna kecoklatan atau bahkan kehijauan jika terjadi infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas. Pria yang menderita pembesaran prostat, mungkin air kencingnya berwarna kemerahan. Baik infeksi saluran kencing maupun batu ginjal dapat menyebabkan air kencing Anda terlihat keruh atau keputihan, menyerupai endapan kalsium atau kristal fosfat ataupun infeksi mikrobakteri. Walaupun jarang terjadi, tumor pada kandung kemih atau ginjal dapat menyebabkan air kencing berubah warna, demikian juga dengan kanker. Air kencing yang berwarna kebiruan sering kali berkaitan dengan penyakit keturunan langka yang dikenal dengan nama hiperkalsemia.

 

MENDIAGNOSA PERUBAHAN WARNA PADA AIR KENCING

Perubahan warna air kencing sering kali tidak berbahaya. Namun jika hal ini terjadi terus menerus atau Anda mengalami gejala seperti demam, nyeri atau kebingungan mental; Anda seharusnya segera pergi ke dokter.

Beberapa pertanyaan dibawah ini yang mungkin dokter Anda ingin tahu dari Anda :

  • Kapan pertama kali Anda menyadari adanya perubahan warna pada air kencing Anda
  • Obat atau suplemen apa yang sedang Anda minum
  • Apakah Anda makan atau minum sesuatu sebelumnya
  • Apakah Anda menjalani latihan fisik yang cukup berat
  • Apakah ada ruam pada tubuh Anda, mengalami masalah dengan penglihatan, mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, sakit kepala atau mengalami masalah dengan usus?
  • Apakah kebiasaan berkemih Anda berubah?

Dokter Anda mungkin ingin melakukan analisa pada air kencing atau tes darah tergantung pada gelaja yang Anda alami dan jawaban Anda atas pertanyaan diatas dan beberapa pertanyaan lain. Analisa air kencing dapat mengidentifikasi substansi yang dikandung oleh air kencing Anda seperti adanya protein, sel darah merah dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan tes darah dapat menunjukkan tingkat enzim pada hari dan mengukur fungsi ginjal yang dapat membantu mengidentifikasi masalah pada organ-organ tubuh ini.

 

 

Penulis : Andrea Donsky

Sumber : www.care2.com , 

Gambar : https://my.clevelandclinic.org 

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!