Alternatif Alat Masak Tidak Lengkat Yang Tidak Akan Menyebabkan Kanker

Alternatif Alat Masak Tidak Lengkat Yang Tidak Akan Menyebabkan Kanker – Riset membuktikan bahw memasak dengan peralatan yang mengandung teflon (anti lengket) dapat memicu munculnya racun kimia yang mungkin saja dapat menyebabkan kanker.

Peralatan masak pengganti yang mana yang dapat dipakai?

Berikut adalah beberapa alternatif pilihan terbaik yang dapat ditemukan di toko peralatan dapur ataupun di pusat perbelanjaan bahkan di toko-toko online.

 

BESI COR

Selama puluhan tahun, penulis telah menggunakan besi cor untuk peralatan memasak karena 5 (lima) alasan berikut : tidak mudah rusak, harganya murah, mudah dibersihkan, sangat serbaguna dan berhasil guna. Dengan besi cor yang diproses dengan baik, Anda bisa memasak apa saja dengannya; walaupun tentu saja Anda tidak perlu menggunakannya untuk makanan yang membutuhkan air mendidih. Besi cor cocok untuk  menumis, menggoreng, memasak dalam api pelan, merebus dan memasak makanan sederhana seperti telur orak-arik. Dan besi cor juga berfungsi dengan baik di atas kompor seperti pada oven. Sebenarnya, jika Anda memasak makanan yang bagian atasnya perlu matang kecoklatan, Anda dapat memindahkan wadah dari besi cor ke oven tanpa kehilangan rasa.

Mudah untuk membersihkannya dengan sikat penggosok sederhana dan air panas lalu keringkan dengan lap atau masukkan kembali ke atas api sebenatar saja agar panas dapat membuat sisa air menguap.

Kekurangan besi cor adalah bahan yang berat namun mudah untuk dirawat dan digunakan.

 

BAJA STAINLESS

Baja stainless sangat tepat digunakan untuk merebus kentang, beras dan pasta atau untuk menumis. Baja tahan karat ini mentolerir panas yang tiggi, tidak seperti panci anti lengket yang tidak aman saat terkena panas tinggi (menurut The Ultimate Guide to Healthy Cookwaree di TwoKitchenJunkies.com). Jika peralatan memasak dari bahan stainless ini tidak memiliki pegangan dari bahan plastik maka perangkat dari baja stainless ini dapat langsung dimasukkan ke oven.

Kelemahan dari peralatan masak baja stainless ini adalah makanan akan mudah terbakar (gosong) jika panasnya terlalu tinggi atau peralatan masak menjadi terlalu kering yang menyebabkan peratalan masak sulit dibersihkan. Peralatan masak dari baja stainless ini, jika semakin padat atau berat maka semakain baik panasnya dan semakin mudah dibersihkan.

 

ALUMINIUM

Peralatan memasak dari aluminium ini keliatannya hampir sama dengan yang terbuat dari bahan baja stainless tetapi aluminium lebih ringan. Memasak dengan api tinggi dengan peralatan dari aluminium tidak akan mengeluarkan asap beracun seperti yang terjadi pada peralatan masak dari teflon. Tapi ada kekhawatiran jika aluminium larut ke dalam makanan dan menimbulkan masalah kesehatan. Seperti pada campuran saus tomat yang dimasak dengan peralatan aluminium dapat terjadi korosi pada proses memasaknya.

TheKitchn.com merekomendasikan penggunaan peralatan memasak non reaktif seperti baja stainless setiap kali Anda memasak makanan yang mengandung bahan asam atau basa. Aluminium bagus untuk mendidihkan air, menumis sayuran dan membakar daging tetapi tetap jangan lapisi wajan Anda dengan cairan yang mengandung asam. Menurut beberapa sumber, aluminium anodized yang berfungsi menciptakan permukaan tahan luntur dan tidak lengket dapat dibeli dengan harga yang sama dengan baja stainless.

 

PERALATAN MEMASAK DARI TANAH LIAT DAN KERAMIK

Peralatan memasak dari tanah liat dan keramik dapat digunakan untuk membuat casserole dengan baik. Tetapi perlu waapada dengan material yang bahannya mengkilap karena dimungkinkan mengandung timbal atau bahan kimia berbahaya lain. Lembaga Layanan Kesehatan Contra Costa (CA) memperingatkan agar tidak menggunakan peralatan makan dengan bahan baku terakota (clay) yang mengkilap yang berasal dari Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya. Hall ini dikarenakan adanya kemungkinan terkontaminasi timah hitam.

Departemen Lingkungan Australia juga memperingatkan agar tidak menggunakan peralatan makan tradisiona dan juga peralatan memasak dari beberapa negara di Asia yang dihias dengan indah.

 

PERALATAN MASAK DARI KACA

Peralatan memasak yang terbuat dari bahan kaca sangat bagus, utamanya berbentuk panci bukan wajan; seperti wadah kue, pai dan juga piring casserole. Bahan dari kaca ini tidak reaktif dan harganya terjangkau. Selain itu dapat langsung dipindahkan dari oven ke meja saji dengan catatan haruslah dialasi dengan tatakan non logam sampai dingin. Salah satu kelemahannya adalah jika kaca panas ini diletakkan diatas permukaan logam dingin seperti bagian atas kompor, dapat menyebabkannya hancur. Jadi saat menggunakan peralatan memasak dari kaca haruslah memperhatikan pergeseran suhu yang ekstrim.

 

Jika saat ini Anda menggunakan peralatan memasak anti lengket (teflon) dan tidak ingin menggunakannya lagi, ada baiknya tidak diberikan kepada orang lain. Kembalikan saja produsen / toko – jika ada program penjualan seperti ini atau buang saja. Jika Anda masih terus memasak dengan peralatan anti legket ini,  ada baiknya gunakan api yang sangat rendah atau untuk kegiatan memasak lain dengan kemungkinan kecil terbakar. Jangan menggunakan peralatan logam seperti spatula atau pengaduk karena akan menggores lapisan anti lengket dan masuk ke dalam makanan yang sedang Anda masak.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Diane MacEachern

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!