Kenali Arti 7 Tanda Segitiga Pada Kemasan Plastik

Kenali arti 7 tanda segitiga pada kemasan plastik – Dalam hidup sehari-hari di dunia modern ini, kita tidak luput dari penggunaan peralatan berbahan baku plastik. Mulai dari peralatan makan, peralatan mandi, peralatan kebersihan rumah tangga, mesin, alat kecantikan, kemasan makanan dan minuman hingg pestisida serta banyak hal lain yang menggunakan bahan baku plastik. Ternyata banyak sekali jenis plastik yang diproses untuk peralatan tersebut.

Sebelum berbicara lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apakah plastik itu. Plastik adalah barang-barang yang mengandung Bisphenol-A yang merupakan perusak hormon. Walaupun berbahaya, ditengarai penggunaan plastik di dunia ini adalah sekiar 100 juta ton per tahunnya.

Plastik dibagi menjadi 2 (dua) macam berdasarkan sifatnya bila dipanaskan, yaitu tipe coklat (thermoplastic) dan tipe biskuit (thermosetting). Plastik dengan tipe coklat ini adalah jenis plastik yang mudah melunak bila dipanaskan dan biasanya berbahan baku minyak. Sedangkan plastik tipe biskuit adalah jenis plalstik yang apabila telah mengeras akan tetap mengeras walaupun terus dipanaskan.

Untuk memudahkan konsumen mengenali jenis plastik yang digunakan sebagai bahan baku, The Society of Plastic Industry di Amerika Serikat mengeluarkan kode berupa tanda segitiga yang harus diberikan pada setiap kemasan dan peralatan yang dibuat dengan bahan baku plastik. Tanda segitiga ini kemudian menjadi standard yang harus ada pada semua barang yang dibuat dari plastik. Tujuannya adalah agar konsumen mengetahui jenis bahan yang digunakan serta dampaknya pada pengguna dan lingkungan.

Mungkin banyak yang belum tahu seperti apa bentuk tanda segitiga ini, apa artinya, dimana letaknya dalam kemasan atau peralatan plastik yang kita gunakan? Nah, disini akan dijelaskan lebih lanjut arti dari setiap jenis tanda segitiga tersebut. Oh ya, simbol segitiga pada kemasan plastik itu terletak di bagian bawah. Dan di tengah segitiga itu terdapat angka juga nama jenis plastik yang ditulis dibagian bawah segitiga.

Sekarang mari kita kenali arti 7 tanda segitiga pada kemasan plastik supaya kita lebih berhati-hati dalam penggunaannya di kegiatan dan kehidupan kita sehari-hari terutama bagi mereka yang mempunyai anak balita. Karena kesehatan lebih penting dari gaya hidup bukan?

Inila waktunya kita kenali 7 tanda segitiga pada kemasan plastik yang kita gunakan atau temukan sehari-hari :

PETE

Tanda segitiga dengan angka 1 (satu) di dalamnya dan tulisan PETE atau PET dibagian bawah segitiga, berarti polythylene terephthalate. Biasanya kemasan dengan tanda segitiga seperti ini adalah botol plastik yang berwarna jernih dan tembus pandang seperti botol air mineral, jus dan botol minuman lainnya.

Botol jenis PETE/PET ini direkomendasikan untuk dipakai 1 (satu) kali saja karena bila terlalu sering dipakai apalagi jika digunakan untuk menyimpan air hangat atau panas maka akan mengakibatkan melelehnya lapisan polimer yang dapat mengakibatkan keluarnya zat karsiogenik. Jika terjadi dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya kanker.

Dalam penggunaannya, plastik dengan tanda PETE atau PET ini biasaa digunakan untuk serat sintetis yaitu bahan baku polyester dan juga untuk bahan dasar botol kemasan.

Bagi mereka yang bekerja di industri yang berhubungan dengan plastik PETE atau PET ini maupun pengolahan daur ulangnya, harus memperhatikan bahaya antimoni trioksida yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan. Jika debu ini terhidup dalam waktu lama dimungkinkan dapat mengakibatkan iritasi kulit dan masalah di saluran pernafasan. Selain itu dapat juga mengakibatkan masalah menstruasi dan keguguran bahkan adanya pertumbuhan lambat bagi anak-anak yang ibunya menghidup debu plastik jenis ini dalam jangka waktu panjang.

HDPE

Jika Anda menemukan plastik dengan tanda segitiga dengan angka 2 (dua) dan bertuliskan HDPE ini berarti High Density Poyethylene. Plastik jenis ini biasa digunakan untuk botol susu yang berwarna putih, galon air minum, kotak-kotak wadah, kursi lipat dan beberapa barang lain.

Plastik HDPE memiliki daya tahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

Keistimewaan HDPE adaah memiliki kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan berbahan plastik HDPE dan makanan/minuman yang dikemasnya.

Sama seperti PETE/PET, dalam jangka waktu tertentu plastik jenis ini juga akan melepaskan senyawa antimoni trioksisa yang berbahaya bagi kesehatan.

V

Jika tanda segitiga dengan angka 3 didalamnya dan huruf V dibawahnyalah yang Anda temukan pada plastik kemasan maka artinya plastik tersebut mengandung PVC yaitu jenis plastik yang paling sulit untuk didaur ulang.

Jenis plastik ini biasa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan juga pada botol.

PVC mengandung DEHA yang dapat bereaksi dengan makanan  yang dikemas dengannya terutama jika bersentuhan langsung. Sebaiknya carilah bahan plastik lain yang terbuat dari bahan yang lebih ramah lingkungan.

Reaksi yang mungkin terjadi antara PVC dengan makanan adalah potensi bahaya bagi ginjal, hati dan berat badan.

LDPE

Jika Anda mendapati plastik dengan segitiga dengan angka 4 (empat) di dalamnya dan tulisan LDPE ini berarti plastik tersebut adalah low density polyethylene. Maksudnya adalah plastik ini adalah plastik tipe coklat yang dibuat dari minyak bumi.

Sifatnya kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan permukaannya agak berlemak, pada suhu dibawah 60 derajat Celsius sangat resisten terhadap senyawa kimia, memiliki daya proteksi terhadap uap air tetapi kurang jika bersinggungan dengan gas seperti oksigen.

Biasanya digunakan untuk tempat makanan, plastik kemasan dan botol-botol lembek. Plastik ini dapat didaur ulang walaupun sulit dihancurkan .

Cocok digunakan untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilias tetapi memerlukan ketahanan dan resistensi yang baik terhadap reaksi kimia.

PP

Plastik dengan angka 5 (lima) didalam segitiganya dan huruf PP ini adalah jenis bahan plastik terbaik yaitu polypropylene.

Biasanya digunakan untuk botol kemasan yang transparan namun tidak jernih. Sifatnya kuat dan ringan serta daya tembus uapnya rendah. Selain itu plastik dengan logo PP ini memiliki ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil di suhu tinggi dan penampilannya mengkilap.

Karena ini adalah bahan plastik terbaik, disarankan untuk membeli barang dan kemasan untuk makanan dan minuman dengan plastik jenis ini. Ini juga cocok untu botol minum bayi.

PS

Anda menemukan plastik dengan angka 6 (enam) didalam segitiganya dan huruf PS dibawahnya, berarti ini adalah polystyrene.

Polystyrene ini adalah polimer aromatik yang dapt mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan bersentuhan dengan bahan ini.

Biasanya digunakan untuk tempat makanan dari styrofoam, tempat minum sekali pakai dan lain-lain. Sebenarnya bahan ini harus dihindari karena berbahaya bagi kesehatan otak, mengganggu hormon estorogen, mengganggu pertumbuhan dan sistem syaraf.

Plastik dengan tanda ini sulit didaur ulang dan jika diproses ulang pun akan memerlukan proses yang panjang dan lama.

 

OTHER

Apa artinya dengan tanda segitiga dengan angka 7 (tujuh) di dalamnya dan OTHER pada bagian bawah?

Biasanya ada 4 (empat) jenis plastik yang termasuk dalam kategori plastik 7 – OTHER ini  yaitu :

  1. SAN – styrene acryonitrile
  2. ABS – acrylonitrile butadiene styrene
  3. PC – polycarbonate
  4. Nylon

Plastik dengan logo ini biasa ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum, suku cadang kendaraan, peralatan rumah tangga, komputer, peralatan elektronik hingga plastik kemasan.

SAN dan ABS memiliki resistensi tinggi terhadap reaksi kimia. Lebih tahan terhadap suhu dan memiliki kekakuan dan kekerasan yang cukup tinggi. Biasanya digunakan pada mangkuk mixer,  pembungkus termos, alat makan, penyaring kopi, sikat gigi dan lain-lain. Sedangkan ABS lebih banyak digunakan untuk bahan mainan lego ataupun pipa.

SAN dan ABS ini merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman.

Untuk plastik dengan kode PC atau polycarbonate biasa ditemukan pada botol susu bayi, gelas balita, dan juga kaleng susu formula.

 

Dari sekian banyak jenis plasatik yang ada, plastik yang aman digunakan adalah plastik dengan kode angka 2,4,5 dan 7 (SAN dan ABS).

Walaupun disebutkan aman untuk microwafe, ada baiknya tidak menggunakannya dalam alat pemanas.

Beberapa tips :

  1. Pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca atau plastik jenis  4 dan 5.
  2. Gunakan cangkir bayi dengan bahan stainless steel atau plastik dengan kode 4 dan 5.
  3. Untuk dot, gunakan yang berbahan baku silikon karena tidak akan mengeluarkan zat karsiogenik seperti pada bahan latex.
  4. Hindari penggunaan botol susu atau cangkir bayi dengan bahan jenis 7 PC.
  5. Semua jenis dengan polycarbonate baiknya tidak digunakan untuk menyimpan air panas atau makanan dalam keadaan panas.
  6. Daripada menggunakan peralatan makan dari plastik, sebaiknya gunakan peralatan makan dari stainless steel, kaca, keramik atau  kayu

 

 

Sumber : dari berbagai macam sumber

 

Incoming search terms:

  • arti tanda kemasan plasttik

Share This:

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!