Aduh, Malas Banget Olahraga

Aduh, malas banget olahraga – Ini sering sekali dikeluhkan oleh sejumlah wanita muda sejak bertahun-tahun lalu. Awalnya semangat banget untuk jogging, senam, bersepeda atau nge-gym. Namun, saat waktunya tiba, rasa malas perlahan mulai menyerang, Jadilah macam-macam alasan berhamuran agar terhindar dari kegiatan yang sebenarnya menguntungkan untuk kesehatan kita ini,

Agar hal ini tidak terjadi, memang perlu beberapa trik yang bisa memacu semangat untuk berolahraga. Rachel Cosgrove penulis buku “The Female Body Breakthrough“dan pemilik Result Fitness serta kolumnis untuk Woman’s Health Magazine membocorkan beberapa tipsnya :

FOKUS PADA CARANYA BUKAN TARGETNYA

Lupakan target karena hal ini sering membuat stres sendiri. Lebih baik fokuskan pada cara kita mencapai tujuan tersebut. Pilihlah cara yang gampang dan menyenangkan untuk dilakukan.

 

KENAKAN JEANS FAVORIT YANG LAMA

Coba buka dan aduk lemari pakaian dan temukan jeans favorit yang dulu menjadi andalan kita untuk bergaya. Nah, apakah yang terjadi? Kalau pinggangnya tidak muat lagi, itu adalah bukti nyata bahwa timbanan badan kita naik. Nah, sekaranglah saatnya kita berolahraga untuk menurunkan berat badan.

 

MULAI DARI HAL YANG KECIL

Tidak usah muluk-muluk dengan melakukan kegiatan olahraga tertentu. Temukan olahraga yang praktis, misalnya seminggu dua kali masing-masing selama 30 (tiga puluh) menit. Apabila target tersebut sudah tercapai, cobalah menset target yang lebih menantang di minggu-minggu berikutnya.

NGE-GYM DI RUMAH

Kalau malas menjadi anggota pusat kebugaran, jangan paksakan diri Anda. Lebih baik berolahraga di rumah saja. Carilah ruangan yang cocok untuk latihan. Ruang tamu bisa menjadi tempat yang cocok.

KELUAR RUMAH

Bangun dan bergeraklah lalu keluar dari rumah bisa mendongkrak semangat dan melenyapkan rasa malas. Begitu melangkah keluar pintu, itu sudah sama artinya dengan bergerak.

CARI PUSAT KEBUGARAN YANG COCOK

Meski sudah menjadi anggota sebuah pusat kebugaran. Kadang masih ada saja alasan yang membuat kita malas kesana. Ini mungkin saja terjadi, lantaran kita tidak merasa menikmati tempat tersebut. Jadi, cari pusat kebugaran yang cocok dengan kita.

COBA HAL BARU

Pastikan kita tidak malas berolahraga. Kalau sedang dilanda rasa bosan, coba hal baru atau tentukan tujuan yang baru sehingga akan menantang diri sendiri.

 

SEGARKAN ALASAN KITA

Saat kita mulai malas berolahraga dan memilih bermalas-malasan, termukanlah kembali alasan  mengapa kita harus berolahraga. Apakah karena ingin menurunkan berat badan atau ingin meningkatkan kesehatan karena sesuatu hal? Saat kita mengingat kembali tujuan awal berolahraga, biasanya kita akan kembali bersemangat mengejar tujuan tersebut.

 

Sumber : Majalah Kartika, Edisi 105

Gambar : www.pixabay.com

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!