9 Langkah Meningkatkan Kesuburan Secara Alami – Bagian 2

9 Langkah Meningkatkan Kesuburan Secara Alami – Ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang 9 Langkah Meningkatkan Kesuburan Secara Alami. Item nomor 1-4 telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya dan inilah item berikutnya :

SAMPAIKAN TEKANAN / STRES YANG ANDA ALAMI

Tekanan yang mengakibatkan stres kronis dapat menyebabkan masalah kesuburan karena tubuh mungkin merasa bahwa dunia yang penuh tekanan ini bukanlah tempat yang aman bagi bayi yang baru lahir. Tubuh kita bereaksi terhadap tekanan kontemporer dengan cara yang sama seperti tubuh leluhur kita dalam menanggapi pergolakan historis seperti pada masa peperangan dan perpindahan tempat tinggal – dengan badai sinyal molekuler yang mengatakan bahwa wanita ini tidak punya waktu untuk merawat bayi.

Stres kronis juga memicu kortisol, hormon fight-or-flight (kondisi dimana secara psikologis kita memberikan respon atas situasi yang menakutkan) yang mengaktifkan sistem syarat simpatik. Hal ini sering memicu hormon lain yang tidak seimbang seperti progesteron yang menenangkan rahim dan membantu mempertahankan kehamilan. Para praktisi integratif menyarankan untuk mengambil tindakan untuk memahami dan menghilangkan sumber stress. Sedangkan ahli kandungan OB/GYN Marcelle Pick merekomendasikan agar pasiennya bekerja dengan jam kerja yang wajar, berlatih yoga dan melakukan meditasi. “Saya melihat masa kanak-kanak para pasien dan tekanan hidup yang dialaminya saat ini”, kata Pick; yang sering menemukan bahwa para pasien tidak sadar akan banyaknya tekanan yang dihadapi para pasien tersebut. Para pasien didorong untuk melakukan meditasi, mencatat kejadian yang dialami dan melakukan latihan pernafasan.

Usaha Rumahan Bagi Ibu Dengan Balita

Kadang kala, stress diakibatkan oleh kekhawatiran yang mendasar tentang kehamilan. Karena itu, Bethany Hays, MD mendorong para pasien untuk menyelidiki hal bawah sadar yang dipercaya banyak orang. ” Kebanyakan dari para wanita yang sedang berusaha untuk hamil sebenarnya adalah 2 orang wanita”, jelasnya. Maksudnya adalah dalam seorang wanita, salah satu sisi dia menginginkan seorang bayi dan sisi lainnya mengkhawatirkan bahwa kelahiran bayi akan membuat hidupnya berubah total. Anda harus membawa kedua wanita itu ke otak sadar dan mengobrol dengannya atau dengan tubuh Anda yang akan merespon keinginannya untuk tidak memiliki anak.

Hal ini memerlukan banyak pekerjaan psikologis karena wanita harus mengeksplorasi masalah yang mungkin mereka hadapi dengan ibu dan keluarga mereka sendiri, serta membayangkan masa deoan mereka dengan bayi yang mereka miliki. Hal ini dapat membantu para wanita untuk meluangkan waktunya untuk dapat berbicara dengan terapisnya seperti juga dengan teman dengan anak-anak ataupun dengan rekan kerjanya untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana menyeimbangkan pengasuhan anak dengan tanggung jawab yang harus diambil saat ini. Entah itu terkait dengan pekerjaan dan kehidupan ataupun harapan untuk membesarkan anak, apapun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres Anda akan mengirimkan pesan kepada sistem reproduksi Anda bahwa aman untuk dapat mengandung.

 

PAHAMILAH SIKLUS BULANAN ANDA

Selalu ada masa paling subur di setiap bulannya dan para wanita yang mengerti bagaimana mengidentifikasinya mungkin tidak memerlukan bantuan untuk dapat hamil. Sayangnya, banyak wanita yang kurang paham tentang siklus kesuburan yang sebenarnya dan tidak menyadari bahwa hal itu dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Mungkin karena selama ini yang dipahami adalah “metode irama”. Jauh sebelumnya, ini dikenal sebagai cara untuk menghindari kehamilan. Dengan metoda irama ini. wanita dapat mengetahui perhitungan kesuburan mereka pada siklus standardf dimana ovulasi terjadi pada hari ke 14. ” Mitos ini membuktikan bahwa banyak kehamilan yang tidak direncanakan dan kegagalan untuk hamil yang telah terjadi”, kata Toni Weschler, penulis Take Charge of Your Fertility (Collins 2006).

Selama masa pendidikannya, Weschler mengalami beberapa kali kepanikan akibat infeksi vagina yang dialaminya tetapi tidak seorangpun dapat menjelaskan bahwa ini adalah siklus normal dari cairan serviknya. Saat ini, Weschler yang telah menggenggam gelar master di kesehatan masyarakat, mempunyai misi untuk menyediakan pendidikan dan informasi dasar tentang siklus bulanan wanita yang mungkin masih saja mengagetkan bagi sebagian pasiennya.

Weschler juga menjelaskan tentang metode kesadaran akan kesuburan dalam bukunya, yang menginstruksikan para pembacanya untuk memperhatikan 2 (dua) indikator harian yaitu suhu tubuh basal yang diambil saat bangun tidur dan sebelum bangkit dari tempat tidur serta kualitas cairan serviks. Seorang wanita dapat melepaskan satu telur di setiap siklus bulannnya. Jadi dia akan menghasilkan cairan ini hanya pada sekitar waktu telur akan dilepaskan. Pada saat itu, cairan serviks akan menjadi lebih basah dan licin seperti cairan mani atau putih telur. Perhatikan ini sebagai tanda kesuburan yang positif.

 

BERI PERHATIAN BUKAN HANYA PADA ANGKA

Para wanita mengalami masalah infertilitas seringkali terkaget saat mereka tahu bahwa mereka memiliki hormon perangsang folikel tingkat tinggi (FSH) yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari yang akan mendorong folikel agar dapat memasuki telur yang matang tepat sebelum ovulasi. Banyak dokter konvensional yang secara prematur menyimpulkan bahwa kelenjar pituitari menghasilkan hormon yang terlalu banyak karena ovarium memiliki cadangan telur yang rendah sehingga tidak merespond fokilek tingkat tinggi dengan benar.

Brandon Horn, PhD menjelaskan bahwa folikel tingkat tinggi dapat menjadi pembunuh dalam pengobatan ala dunia barat. Banyak dokter di dunia barat yang mengartikan kondisi ini dengan seorang wanita yang memiliki cadangan ovarium yang buruk. Tetapi sebenarnya yang mereka katakan hanyalah seperti tebakan saja.  Mereka sering kali menemukan bahwa masalahnya ada ditempat lain dalam tubuh dan masalah itulah yang sebenarnya yang mempengaruhi sistem reproduksi. Brandon Horn, PhD telah melakukan penelitian pada sejumlah wanita dengan folikel tingkat tinggi yang ingin hamil tanpa melakukan intervensi medis setelah beberapa bulan

 

COBALAH TEKHNIK AKUPUNTUR

Akupuntur telah membuktikan bahwa metode ini dapat meningkatkan tingkat pembuahan sel telur dan kelahiran dari antara para wanita yang mengalami fertilisasi in-vitro, memperbaiki ketebalan lapisan rahim (dorongan untuk kesuburan) dan merangsang ovulasi serta meningkatkan kualitas telur.

Salah satu cara utama paling penting dari proses akupuntur adalah dengan menangani dan mendistribusikan chi atau energi tubuh. Jika jumlah energi tubuh kita rendah dan distribusinya terhambat , organ tubuh kita mulai mengalami kerusakan, demikian penjelasan Brandon Horn, seorang pakar obat-obatan China. Ada jalur energi (meridian tertentu) yang mengarah pada beberapa bagian sistem reproduksi. Jika salah satu dari jalur ini mengalami penyumbatan, maka fungsi reproduksipun berubah.

“Akupuntur adalah salah satu tekhnik yang paling kuat untuk meningkatkan produksi chi dalam tubuh dan membantu menghilangkan hal-hal yang menghalanginya dari pendistribusian yang lancar”, jelas Horn. Sekali aliran ini diperbaiki maka seluruh tubuh akan mulai berproses untuk perbaikan.

Randine Lewis, PhD, seorang pakar pengobatan China dan penulis buku The Infertility Cure (Little, Brown and Company, 2005) juga mencatat bahwa mungkin saja ada ketidakseimbangan antara sepasang suami istri dimana wanita mengalami kesulitan untuk hamil.  Tekanan yang terjadi akibat memaksa diri untuk hamil dapat menciptakan dominasi “yang”atau energi yang mengendalikan dalam tubuh wanita. Padahal untuk menjadi hamil dibutuhkan energi “yin” atau energi reseptif. Akupuntur bekerja untuk melepaskan energi “yang” tersebut serta mengembalikan keseimbangan.

 

 

KENALI SUPLEMEN KESEHATAN ANDA

Makanan kaya nutrisi adalah bagian terpenting untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini juga telah dipertegas oleh para praktisi konvensional dan holistik bahwa suplemen makanan juga mempunyai peran penting.

Berikut adalah beberapa suplemen yang direkomendasikan oleh para ahli – namun ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya dengan para profesional kesehatan sebelum mengubah pola asupan nutrisi Anda :

  • Vitamin B kompleks : Myo-inositol adalah vitamin B yang telah diketahui dapat meningkatkan evolusi dan kesuburan pada penderita sindrom ovarium polikistik. Asam folat (B9) melindungi terhadap terjadinya cacat lahir sehubungan dengan tabung syaraf yang biasa terjadi pada 29 hari pertama kehamilan.
  • Asam lemak Omega 3 : ditemukan pada ikan air tawar dan rami. Lemak Omega 3 dapat membantu mengendalikan endometriosis dan kondisi hormon lainnya. Paling sedikit, minumlah kapsul minyak ikan yang berkualitas tinggi pada konsumsi multi vitamin harian Anda.
  • Coenxyme Q10 : sebuah penelitian di tahun 2009 menemukan bahwa mengkonsumsi 600 miligram CoQ10 sehari membantu meningkatkan kualitas telur dan tingkat pemupukan pada wanita yang lebih tua.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Kristin Ohlson – Experience Life

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!