8 Manfaat Mandi Air Dingin

8 manfaat mandi air dingin – Bukanlah hal yang menyenangkan jika di tengah menikmati mandi air hangat, tiba-tiba keran air hangat kita mati. Tetapi sebenarnya, mandi dengan air dingin juga mempunyai banyak manfaat untuk kita. Tidaklah Anda percaya?

8 Manfaat Mandi Air Dingin

Berikut adalah 8 (delapan) alasan untuk menjadikan mandi air dingin salah satu dari rutinitas kebugaran Anda :

BANGUN LEBIH CEPAT

Kopi tidak ada pengaruhnya dengan mandi air dingin. Kopi hanyalah salah satu stimulator yang dapat Anda nikmati di pagi hari. Selain itu, Anda tidak harus mengurangi kadar kafein yang mungkin akan memperburuk keadaan Anda. Nikmatilah kopi!

MENGURANGI STRESS DAN MENINGKATKAN METABOLISME

Jika Anda mempunyai lemak yang membandel di perut yang dimungkinkan diakibatkan oleh stres, mandi air dingin dapat menjadi salah satu cara untuk melatih metabolisme agar menjadi kuat serta salah satu penghilang stres yang baik. Ya, mandi dengan air dingin di pagi hari mungkin saja tidak menyenangkan tetapi ini justru memberikan efek yang berbeda pada sel-sel Anda. Dalam kenyataannya, mandi air dingin di pagi hari sangat baik untuk mengurangi stres oksidatif. Bahkan setelah Anda keluar dari pancuran air dingin, Anda akan memasuki kondisi parasimpatik yang merupakan mode istirahat dan relaksasi tubuh.

Untuk metabolisme, membenamkan tubuh Anda dalam suhu yang dingin, akan mendorong konversi lemak putih yang tidak sehat menjadi lemak coklat yang dapat membakar metabolisme tubuh. Ini berarti Anda akan dapat membakar lebih banyak energi setelah mandi dengan air dingin daripada mandi dengan air panas, bahkan setelah Anda melakukan pemanasan.

MEMPERBAIKI SIRKULASI

Air dingin menstimulasi aliran darah dan getah bening ke dalam pembuluh darah dalam organ tubuh yang dapat membantu tubuh menjadi lebih efisien dalam pembuangan racun atau sampah dari tubuh. Hal ini juga memberikan dorongan baik pada imunitas dan kesehatan jantung. Tentu saja jangan berlama-lama menghabiskan waku berada di bawah air dingin karena hal ini juga bukanlah hal yang baik. Terlalu lama didalam air dingin dapat menyebabkan Anda kehilangan sirkulasi diluar batas kemampuan tetapi jika dalam porsi yang cukup, mandi air dingin sangatlah menyehatkan.

MEMPERBAIKI FUNGSI IMUNITAS

Paparan air dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatnya jumlah sel darah puth yang dapat melawan penyakit dalam tubuh kita. Bahkan manusia es yang terkenal. Wim Hof, telah membuktikan bahwa ia benar-benar dapat mengendalikan sistem kekebalan tubuhnya melalui latihan pernafasan dan paparan air dingin secara teratur. Benar saja, mandi di pancuran air dingin cukup manjur.

8 Manfaat Mandi Air Dingin

MENINGKATKAN KESEHATAN KULIT DAN RAMBUT

Air panas berpotensi merusak rambur dan kulit yang halus, terutama jika Anda menyukai mandi dibawah pancuran air panas. Sebaliknya, air dingin mendorong pori-pori untuk menutup. Ini berarti bahwa kulit akan mampu mempertahankan lebih banyak minyak alami serta rambut mendapatkan kilaunya. Ini seperti mendapatkan pelayanan gratis ke rumah perawatan / spa karena Anda akan bersinar.

MENGURANGI PERADANGAN DAN MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN

Banyak orang yang sadar bahwa para atlet profesional mandi dengan menggunakan es secara rutin. Mengapa? Karena air dingin dapat menghambat produksi asam laktat dan memperlambat terjadinya peradangan, serta kombinasi yang menyebabkan kelelahan dan nyeri otot. Ini bukan cuma cerita dongeng karena ilmu pengetahuan telah membuktikan praktek ini dimana terbukti bahwa mandi dengan air es atau air dingin dapat mengurangi nyeri/rasa sakit dan peradangan sampai 4 hari pasca latihan.

8 Manfaat Mandi Air Dingin

MERINGANKAN DEPRESI

Tidak banyak orang yang menyukai air dingin untuk mengejutkan sistem tubuh. Menurut penelitian, mandi dengan air dingin dapat menstimulasi pusat sumber utama otak yaitu noradrenalin yang juga disebut dengan norepinefrin yang dapat membantu untuk meredakan depresi. Selain itu, air dingin dapat membuat ujung syarat di kulit mengirimkan sejumlah besar impuls elektrial dari ujung syaraf perifer ke otak. Inilah yang dapat menghasilkan efek anti depresi. Beberapa peneliti bahkan mengklaim bahwa mandi dengan air dingin secara teratur ini lebih efektif daripada anti depresan – walaupun pernyataan ini perlu diteliti lebih lanjut. te

MENGURANGI DAMPAK LINGKUNGAN

Tidaklah rumit. Semakin jarang Anda mandi dengan air panas maka semakin sedikit alat pemanas air Anda bekerja. Ini berarti lebih sedikit penggunaan minyak, gas ataupun listrik Anda. Tampaknya memang mandi dengan air panas itu hanya memakan waktu sebentar tetapi sebenarnya mengurangi penggunaan bahan bakar fosil walaupun dalam jumlah yang sedikit adahal sebuah hal yang baik.

Jika ingin merasakan manfaat mandi dengan air dingin secara eksklusif? Coba saja mandi ala Skotlandia? Caranya adalah mandi yang dimulai dengan air panas kemudian sebelum bilasan terakhir, Anda mengubahnya menjadi air dingin selama 20-30 detik sebelum Anda menyelesaikan mandi Anda. Anda akan mendapatkan semua manfaat mandi air dingin dengan sedikit ketidaknyamanan. Selain itu, ini juga adalah gaya mandi James Bond 007 dan Anda akan menjadi lebih sehat karena mandi dengan air dingin.

 

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Jordyn Cornier

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!