8 Makanan Kecil Untuk Melawan Ketergantungan Gula

8 Makanan Kecil Untuk Melawan Ketergantungan Gula – Janganlah merasa bersalah karena telah mengkonsumsi makanan manis. Ada banyak alasan yang membuat kita keranjingan makanan manis. Gula menstimulasi pelepasan serotonin, hormon yang memberikan perasaan senang. Selain itu, rasa gula yang enak juga memicu pelepasan endorfin yang memberikan efek menenangkan dan rileks.

Sekarang mungkin saja kita berpikir bahwa kita kita tidak bisa lepas dari efek mengkonsumsi gula yang sudah mempengaruhi otak dan tubuh kita. Namun dengan strategi yang tepat dan tekad yang bulat, kita dapat mengatasi kecanduan gula ini. Selain itu kita akan menikmati manfaat yag luar biasa dari pengurangan gula yaitu hilangnya lemak tubuh, tingkat energi yang tinggi serta sistem kekebalan yang lebih kuat.

Karena berhenti seketika dari konsumsi gula tidak dapat dilakukan oleh semua orang, akan lebih baik jika kita mulai pendekatannya dengan mengkonsumsi pengganti gula. Sebuah langkah awal yang baik untuk mengganti karbohidrat olahan dengan makanan berpemanis alami. Ini akan membantu mengekang keinginan mengkonsumsi gula.

Simpan persediaan makanan kecil dibawah ini untuk mengendalikan kecanduan gula kita

KURMA

Adakah buah yang lebih manis daripada kurma? Selain dapat membangkitkan selera, kurma juga menawarkan banyak nutrisi bagi tubuh termasuk serat, zat besi dan kalium.

Bagi mereka yang terbiasa mengkonsumsi minuman bersoda di sore hari, coba gantilah minuman dengan beberapa buah kurma. Kita juga dapat mengkombinasikan kurma dengan kacang agar menjadi kenyang lebih lama.

ANGGUR

Tahukah kita bahwa anggur mengandung pemanis alami tapi bukan itu saja alasan mengapa kita harus mengudap anggur. Anggur adalah sumber kromium yang baik. Kromium adalah nutrisi yang dapat membantu mengatur tekanan gula darah. Ini berarti bahwa gula darah kita tidak akan mengalami lonjakan seperti saat kita mengkonsumsi makanan tinggi gula.

Setengah cangkir anggur akan mampu mengekang keinginan kita dan pastinya mengandung banyak kromium untuk kesehatan.

 

APEL

Tidak seperti kudapan olahan yang rendah energi, apel akan meningkatkan energi kita. Apalagi apel mengandung serat dan memiliki kalori yang rendah.

Seperti halnya anggur, apel mengandung kromium yang telah kita tahu keunggulannya untuk melawan ketergantungan kita pada gula. Pisang serta jeruk juga merupakan sumber kromium yang baik.

SELAI KACANG

Meningkatkan asupan protein dapat membantu mengatasi kecanduan gula yang kita alami yaitu dengan menstabilkan tingkat gula darah. Kacang dan selai kacang menawarkan banyak protein dan lemak sehat untuk tubuh.

Tertarik untuk membeli selai kacang? Pastikan untuk memilih selai kacang tanpa tambahan gula agar mendapatkan manfaat daripada bahayanya. Kita juga dapat makan apel dengan 2 (dua) sendok selai kacang di sore hari yang melelahkan.

UBI JALAR

Kadang kala kita merasa lapar diakibatkan sedikitnya asupan makanan. Ubi jalar dapat membuat kita merasa kenyang tanpa membuat lingkar pinggang melebar. Mengapa? karena ubi jalar mengandung serat serta rendah kalori.

Ubi jalar juga mengandung potasium serta vitamin A dan C. Silahkan menaburkan kayu manis diatas ubi jalar. Peneliti menyarankan untuk menggunakan kayu manis karena mampu menyeimbangkan kadar gula darah.

COKLAT HITAM (DARK CHOCOLATE)

Coklat hitam dapat memuaskan keinginan kita akan rasa manis sembari memberikan kita banyak anti oksidan. Coklat hitam mengandung lebih dari 70% cocoa yang mengandung polifenol yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. 

Akan tetapi, konsumsilah coklat secukupnya karena coklat hitam tetap saja mengandung gula. Terlalu banyak makan coklat hitam juga dapat memicu keinginan untuk menikmati makanan manis lainnya.

ANEKA JENIS BERI

Aneka jenis beri adalah buah paling fenomenal untuk mengendalikan rasa ngidam. Tidak hanya rasanya yang manis tetapi aneka jenis beri juga mengandung serat yang dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengurangi keinginan makan dan rasa ngidam.

Jika kita cenderung mengudap di sore hari sambil menonton televisi, gantilah kudapan itu dengan aneka beri.

TEH

Kita tahu bahwa jenis-jenis teh tertentu dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Dengan seimbangnya kadar gula maka akan menolong kita mengendalikan rasa ngidam. Gantilah minuman bersoda serta minuman manis lainnya dengan teh oolong, teh hijau dan jenis teh lainnya.

Pastikan untuk tidak menambahkan madu atau gula apapun dalam teh karena dapat membatalkan semua manfaat teh untuk kesehatan.

 

Tambahkan kudapan ini ke dalam pola diet kita untuk dapat membantu mengurangi asupan gula. Jika kita masih mengalami tanda ingin menambah asupan gula, cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan strategi ini.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!