8 Alasan Untuk Tidur Siang

8 Alasan Untuk Tidur Siang – Ada dua tipe orang di dunia ini yaitu orang yang tidur siang dan orang yang tidak tidur siang. Sering kali kita berada di kategori kedua, bahkan yang paling tidak tidur saat kadang harus menyerah para pertarungan kantuk di tengah hari.

Tidak perlu merasa bersalah karena tidur siang. Karena bukan berarti kita malas, Tidur siang sebenarnya baik untuk kita. Berikut adalah 8 (delapan) alasan yang didukung oleh analisa ilmiah, untuk menikmati tidur siang yang enak hari ini! Ya, hari ini!

8 Alasan Untuk Tidur Siang

8 (delapan) Alasan Tidur Siang Baik Untuk Kita :

KITA AKAN MENJADI LEBIH PRODUKTIF

Banyak orang yang merasakan kantuk di sekitar pukul 15:00. Ini adalah akibat dari ritme sirkadian alami dari tubuh kita. Alih-alih mengisi energi yang merosot ini dengan secangkir kopi manis, mengapa tidak memberi tubuh kita apa yang benar-benar dibutuhkannya yaitu tidur siang selama 20 menit saja?

Jika kita telah bekerja sangat keras dan menghabiskan energi dan pikiran, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang menyegarkan dapat memperlambat atau bahkan mencegah kelelahan. Selama tidur, otak kita memproses dan menyimpan informasi yang dikumpulkan saat kita terjaga.

Tidur siang setelah kerja keras yang melelahkan akan menghapus kelelahan dan membuat kita siap untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan mata yang segar.

TIDAK MELAKUKAN KESALAHAN YANG TIDAK PERLU

NASA menemukan bahwa tidur siang selama 26 menit meningkatkan kinerja para pilot sebanyak 34%. Dan keawasan mereka juga melonjak 54%. Ini berarti bahwa tidur siang dapat membantu kita mengurangi kemungkinan melakukan kesalahan karena tidak fokus dan kelelahan. Bahakan jika kita tidak tidur dengan baik di malam sebelumnya.

 

DAYA INGAT KITA AKAN MEMBAIK

Berdasarkan sebuah penelitian, setelah diberikan daftar kata-kata dan padanan kata untuk diingat, tidur siang selama 45 menit, membuat para murid mengingat 5 kali lebih banyak kata-kata daripada mereka yang baru saja menonton film.

Otak kita membutuhkan istirahat untuk mencerna dan memproses informasi. Tidur siang dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Jadi, tidur siang membuat kita lebih pintar.

 

TEKANAN ANDA AKAN BERKURANG

Tidur siang mengurangi tingkat stres baik secara psikologi dan biologi. Berdasarkan sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, para peserta yang tidur siang setelah kurang tidur, tidak mengalami perubahan pada norepinefrin yang ada pada contoh cairan yang diambil dari mereka diantara hari kurang tidur dan hari yang normal. Mereka yang tidak tidur siang meempunyai tingkat norepinefrin dua kali lebih tinggi.

Norepinefrin adalah senyawa fight -or – flight (hadapi atau hindari) yang diproduksi tubuh ketika sedang mengalami tekanan dan pada umumnya meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan juga gula darah.

8 Alasan Untuk Tidur Siang

MENEMUKAN KREATIVITAS

Menurut para peneliti, tidur siang yang dalam seperti REM (Rapid Eye Movement), memungkinkan otak kiri beristirahat (otak untuk logika) sementara otak kanan meningkat kerjanya (otak untuk kreativitas). Jadi jika kita mencari solusi kreatif untuk sebuah masalah, mungkin tidur sianglah yang kita perlukan.

Siasat ini tampaknya paling efektif ketika kita mencoba memecahkan masalah baru dan mencari perspektif yang berbeda.

 

TIDAK AKAN GAGAL DALAM DIET

Setidaknya kita tidak akan cenderung gagal dalam diet yang kita jalani. Kita semua tahu bahwa kurang tidur dapat mendorong keinginan makan kita menjadi lebih besar terutama makanan dengan karbohidrat dan gula untuk cepat mendapatkan energi.

Kurang tidur akan benar-benar akan merusak fungsi korteks prefrontal pada otak kita dan merusak kemampuan pengambilan keputusan. Hal in ijuga akan meningkatkan kadar hormon ghrerin yang menyebabkan munculnya rasa lapar. Tetapi dengan menyegarkan diri melalui tidur siang, akan mampu membuat kita bertahan dari godaan makanan manis dan memilih camilan sehat sebagai gantinya.

 

8 Alasan Untuk Tidur Siang

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR

Berdasarkan penelitian, tidur siang sebenarnya dapat membersihkan area penyimpanan informasi, memungkinkan informasi ini untuk dapat diproses kemudian diserap sambil memberikan jalan untuk menciptakan informasi baru.

Otak dapat menproses banyak informasi dalam jumlah besar sekaligus. Jadi, tidur siang adalah cara yang bagus untuk membantu otak kita mengejar ketinggalan dan belajar lebih baik. Bayangkan berapa banyak lagi informasi yang dapat kita pertahankan saat kita tidur lelap.

 

MEMBUAT KITA MERASA LEBIH GEMBIRA

Tidur siang yang baik mempunyai efek yang signifikan pada suasana hati. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hertfordshire menunjukkan bahwa dua per tiga dari para peserta penelitian menunjukkan kegembiraan yang lebih setelah tidur siang selama 30 menit ataupun kurang.

Jadi mungkin ada baiknya, kita kembali ke masa kecil sebelum sekolah dimana kita mengomel saat diminta tidur siang.

 

BERAPA LAMA TIDUR SIANG YANG SEHAT ?

Jadi, berapa lama waktu tidur siang yang baik? Ini tergantung pada keadaan diri kita. Antara 10 (sepuluh) menit dan 1 (satu) jam memberikan keuntungan pada kesehatan kita.

Dari semua manfaat tidur siang yang telah kita tahu dan telah terbukti ini, memberikan satu kesimpulan bahwa tidur siang bukan berartiĀ  malas, Ini adalah tanda manusia yang sehat. Jadi pada saat kita atau orang lain merasa perlu tidur di sore hari, ingatlah bahwa hal itu baik.

Jadi senangkanlah dirimu sendiri!

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Jordyn Cornier

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!