7 Sayuran Yang Lebih Sehat Jika Dimasak

7 Sayuran Yang Lebih Sehat Jika Dimasak – Umumnya kebanyakan orang percaya bahwa sayuran mentah lebih banyak mengandung nutrisi. Akan tetapi, hal ini tidaklah selalu benar. Ada beberapa sayuran yang sebenarnya memiliki jumlah nutrisi yang tinggi setelah dimasak. Ini bukanlah alasan bahwa kita harus memasak sayuran kita. Beberapa sayuran mentah malahan mengandung banyak racun yang dapatĀ  menyebabkan masalah kesehatan.

Dikatakan bahwa banyak jenis sayuran dan buah mentah yang dapat meningkatkan kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Frontiers of Psychology menunjukkan bahwa mereka yang telah makan makanan mentah mempunyai tingkat depresi dan masalah kesehatan mental yang rendah.

SAYURAN YANG LEBIH SEHAT JIKA DIMAKAN SETELAH DIMASAK

Jika kita memilih untuk meningkatkan kesehatan kita dengan mengkonsumsi sayuran mentaj, perlu diketahui bahwa tidak 100% mengkonsumsi mentah adalah cara yang ideal. Ada beberapa sayuran yang akan lebih sehat jika dimakan setelah dimasak.

WORTEL

Mungkin ini bukan kabar baik bagi mereka yang suka mengudap wortel jenis kecil (baby carrot) yang manis. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan nutrisi dari wortel, kukuslah.

Wortel melepaskan beta karoten lebih setelah dimasak, Badan kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata, kesehatan kulit dan sistem imunitas yang kuat.

SAYURAN BERDAUN HIJAU TUA

Menambahkan sayur kale mentah kedalam salad adalah sebuah kesalahan besar. Walaupun sayuran ini akan menambahkan banyak serat, tetapi daunnya mangandung asam oksalat, racun yang dapat menyebabkan masalah pada perut dan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran berdaun hijau tua dalam jumlah besar, sebaiknya Anda memasaknya terlebih dahulu.

ASPAGARUS

Walaupun aman untuk mengkonsumsi asparagus mentah, akan lebih bergizi jika Anda memasaknya. Memasaknya akan meningkatkan nutrisi hayati dan anti oksidan yang terkandung dalam asparagus.

Jika hal ini tidak meyakinkan, ingatlah bahwa asparagus yang dimasak rasanya jauh lebih enak daripada asparagus mentah.

TOMAT

Walaupun tomat termasuk buah, banyak yang berpikir bahwa tomat juga termasuk sayuran. Untuk alasan ini, tomat dapat masuk dalam daftar sayuran yang harus dimasak sebelum dimakan.

Menurut penelitian, tomat mengandung likopen, antioksidan yang mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan jantung. Tomat melepaskan lebih banyak likopen saat dimasak,

BAYAM

Seperti halnya sayuran berdaun hijau tua, bayam mentah mengandung asam oksalat. Untungnya, racun ini dapat dipecahkan dengan memanaskan bayam.

Vegetarian Times juga menjelaskan bahwa Anda akan menyerap serat, seng, kalsium, zat besi, protein dan vitamin A dan E dalam jumlah yang lebih tinggi ketika Anda memanaskan bayam. Mengukus adalah cara yang bagus untuk memasak bayam tanpa kehilangan nutrisi.

TERONG

Kemungkinan besar Anda tidak makan terong mentah. Jadi teruskan kebiasaan ini. Terong mentah mengandung racun yang disebut dengan solanine yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Satu hal yang menghibur adalah makanlah terong mentah untuk mengalami “efek samping”. Tetapi jika ingin sehat dan tidak mengalami masalah pencernaan, masaklah terong sebelum dimakan.

TAUGE / KECAMBAH

Tauge atau kecambah adalah sumber folat, magnesium, fosfor, vitamin C, mangan dan protein yang baik. Akan tetapi, tauge atau kecambah mentah dari biji apapun mungkin mengandung bakteri berbahaya.

Tauge atau kecambah tumbuh di kondisi hangat dan lembab dimana ini adalah tempat ideal bagi tumbuhnya bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E.coli. Pada kenyataannya, lebih dari 20 tahun FDA telah mengaitkan 48 wabah penyakit bawaan makanan akibat tauge atau kecambah mentah atau dimasak ringan.

Sayur mana yang Anda hindari untuk dimakan mentah? Mengapa?

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!