7 Langkah Membersihkan Lemari Es Secara Total

7 Langkah Membersihkan Lemari Es Secara Total –  Kapan terakhir kali Anda membersihkan lemari es secara total menyeluruh? Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk, mungkin Anda tidak punya cukup waktu untuk mengerjakannya. Hidup yang cukup sibuk membuat kita tidak memasukkan membersihkan lemari es kita ke dalam jadwal tugas kita. Masalah yang sering terjadi dengan peralatan rumah tangga kita adalah peralatan itu harus dibersihkan, tidak ada mode self-cleaning nya. Sehingga setiap 3 (tiga) sampai 6 (enam) bulan, kita harus menyempatkan waktu mungkin di akhir pekan untuk berkencan dengan lemari es Anda.

Jika selama ini yang Anda lakukan hanyalah mengelap lemari es Anda sejak hari pertama membelinya, mungkin inilah saatnya Anda harus meluangkan waktu lebih untuk membersihkan lemari es Anda. Jika kali ini Anda melakukannya dengan benar, kali berikutnya semua akan lebih mudah. Siap??? Ayuk kita lakukan!

PERSIAPAN UNTUK PEMBERSIHAN TOTAL

Anda mungkin bisa dengan spontan membersihkan lemari es Anda. Dibutuhkan sedikit perencanaan untuk melakukan pembersihan total ini secara benar,

Pertama, pembersihan ini perlu dilakukan sebelum waktu belanja kebutuhan dapur Anda berikutnya sehingga lemari es Anda bisa memiliki ruangan yang cukup kosong untuk belanjaan Anda berikutnya. Dengan cara ini, Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk membongkar isi lemari es Anda dan yang lebih penting adalah tidak ada makanan yang terbuang.

Kedua, lepaskan kabel colokan ke listrik semalam sebelum pembersihan dilakukan agar es dan bunga es di dalam lemari es Anda mencair. Ini juga akan menghemat banyak waktu Anda karena Anda tidak perlu menunggu es mencair di pagi hari. Ingat, letakkan handuk atau lap di lantai di depan lemari es dan sedikit dibagian bawahnya agar es yang mencair tidak meluap kemana-mana.

Langkah 1: Aturlah Tempat Sekitar Anda Bekerja

Ada baiknya Anda memutar beberapa lagu yang Anda suka saat membersihkan lemari es Anda agar pekerjaan ini terasa lebih cepat. Mengapa? Karena hal ini akan membawa Anda ke suasana hati yang baik. Peraslah handuk dan pel hingga kering supaya tidak membuat lantai basah dan Anda tidak terpeleset. Langkah selanjutnya adalah mengeluarkan semua isi lemari es. Dan yang terakhir adalah mencari alat bantu jika siku Anda penuh dengan busa nantinya

Langkah 2 : Kosongkan Lemari Es

Keluarkan semua isi lemari es Anda. Tergantung dari gaya hidup Anda, mungkin mengeluarkan semua isi lemari es ini bisa menjadi hal yang cukup berat atau menakutkan. Mungkin ada beberapa percobaan kimia yang tidak sengaja terjadi di dalam lemari es Anda.

Letakkan makanan dan minuman ke salah satu tempat dan lepaskan semua tak termasuk yang ada di bagian pintu yang bisa dilepaskan tentu saja. Tumpuk di tempat cuci untuk segera dibersihkan. Lepaskan semua yang menempel di bagian luar lemari es Anda.

Langkah 3 : Cucilah Rak

Isi bak cusi dengan air hangat dan tambahkan sabun pencuci. Jika memungkinkan pakailah sabun cuci ramah lingkungan. Gunakan spon dan pengggosok lembut pada kotoran yang membandel. Bersihkan rak dengan maksimal. Keringkan dan lanjutkan ke proses berikutnya.

 

Langkah 4 : Bersihkan Bagian Dalam

Jika Anda mempunyai area cuci piring yang luas, isi kembali bak cuci Anda dengan air sabun hangat untuk membersihkan bagian dalam lemari es Anda. Namun bila tidak, gunakan ember saja, Untuk kegiatan ini, Anda membutuhkan lap.

Gunakan spon untuk membersihkan bagian dalam lemari es juga untuk bagian pintu. Perhatikan semua sudut dan celahk karena bisa jadi disana tempat tumpahan makanan Anda berakhir. Bersihkan juga celah karet yang mengelilingi pintu. Anda akan kaget melihat betapa kotornya.

Gunakan kain untuk menyeka sabun, bilas dan ulang sampai bagian dalam lemari es Anda bersih dan kering. Perlu melakukan proses ini beberapa kali.

Langkah 5 : Bersihkan Bagian Luar Lemari Es

Sekarang waktunya membersihkan bagian luar lemari es Anda. Mungkin pada bagian ini, air yang Anda gunakan akan menajadi lebih cepat kotor. Segera ganti air ini. Jika Anda menggunakan seember air hangat, air sabun; tetap Anda perlu menggantinya dengan air yang bersih.

Gunakan spon untuk membersihkan lemari es Anda dengan lebih maksimal. Ini bagaikan memberikan layanan spa untuk prangkat rumah tangga Anda sehingga ia akan terus mampu menjaga minuman Anda tetap dingin dan sayuran Anda tetap segar. Laplah kelebihan sabun yang ada dengan kain dan bilaslah seperti yang telah Anda lakukan pada bagian dalam lemari es Anda sebelumnya.

Lemari es Anda sudah pasti berkilau di tahapan ini dan mungkin Anda juga telah berkeringat dan semoga saja puas. Di tahap ini, Anda sudah hampir selesai. Begitu Anda mengganti rak-rak, sebentar lagi tugas Anda selesai dan Anda dapat beristirahat.

Langkah 6 : Makanan Yang Disimpan

Lakukan inventarisasi atas makanan yang Anda simpan dan buang hal-hal yang mencurigakan atau sudah tak layak dikonsumsi. Bersihkan bagian bawah botol dan toples juga tutupnya dengan lap agar bersih dan tidak lengket. Di proses ini, mungkin Anda perlu air hangat dan sabun. Setelah semua selesai, masukkan semua makanan ini ke dalam lemari es dengan rapi.

Langkah 7 : Kertas-kertas, Kalender, Hasil Karya Anak dll

Periksalah semua yang sebelumnya menempel di pintu lemari es Anda. Sortirlah untuk melihat apa saja yang bisa dibuang. Kebanyakan orang akan membuang hampir setengah barang-barang itu ke tempat sampah atau ke tempat daur ulang. Gantilah dengan hal lain dan untuk tipsnya, gunakan saja magnet bukan lem supaya lebih mudah saat dibersihkan.

Langkah 8 : Kumparan pada Lemari Es

Kok 8 langkah? Bukankah seharusnya 7 langkah dalam membersihkan lemari es? Ya, untuk pembersihan yang sangat dalam dan teliti, Anda juga harus membersihkan bagian belakang lemari es Anda.  Tergantung kapan terakhir Anda melihatnya. Mungkin pembersihan bagian ini mmbutuhkan waktu beberapa jam. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membersihkan bagian kumparan ini, ada baiknya Anda tunda dulu sampai Anda mengerti dengan proses pembersihan ini.

SAATNYA BERISTIRAHAT

Nah, lemari es Anda telah bersih dan siap untuk menampung semua bahan makanan, masakan dan sisa makanan. Satu tips terakhi adalah lakukan pembersihan ini 3 (tiga) bulan lagi dari sekarang. Jika hal ini telah diagendakan, pasti Anda tidak akan lupa dan tidak akan menjadi pekerjaan yang berat. Siapa tahu, sampai di suatu titik Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk membersihkan lemari es.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Angela Horn

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!