7 Kebiasaaan Tidur Yang Sangat Efektif

7 Kebiasaaan Tidur Yang Sangat Efektif – Kehilangan jam tidur malam yang cukup bisa mempengaruhi emosi seseorang. Kita semua ingin bangun tidur dengan kondisi tidur yang cukup dan siap untuk menjalani hari. Sayangnya hal itu tidak selalu terjadi.

Ada beberapa masalah tidur yang biasa terjadi dan dapat membuat kita terjaga sepanjang malam. Misalnya, begadang karena menonton acara televisi kesayangan adalah hal yang mudah diatasi. Namun lainnya seperti insomnia atau sindrom restless leg lebih susah diatasi.

Apapun penyebab masalah sulit tidur ini, ada satu hal yang pasti yaitu kita membayar harganya keesokan hari. Kopi mungkin? Tapi sebaliknya, melakukan 7 (tujuh) kebiasaan dibawah ini akan membuat kebutuhan tidur kita terpenuhi.

MENGAPA TIDUR PENTING ?

Memahami apa yang terjadi ketika kita tidur, akan membantu kita mengerti mengapa tidur cukup itu begitu penting. Sebelum tahun 1950, tidur dianggap sebagai kegiatan pasif dimana otak dan tubuh hanya berbaring tanpa adanya beban. Sekarang kita tahu bahwa masalah bukan demikian. Menurut ahli tentang tidur dan dokter syaraf dari Johns Hopkins, Mark Wu, Ph.D; tidur adalah masa dimana otak terlibat dalam sejumlah kegiatan yang diperlukan untuk kehidupan, Ini terkait erat dengan kualitas hidup manusia.

Tidur membantu tubuh kita dalam proses penyembuhan dan pemulihan energi kita. Ini juga penting untuk neuroplastisitas dan fungsi otak. Bahkan dapat membantu memfasilitasi dalam proses pembuangan limbah dan racun dari sel-sel otak. Sesuatu yang diyakini oleh para peneliti tidak terjadi seefisien ketika kita bangun. Efek dari kurang tidur sangat banyak. Kurang tidur ataupun tidak tidur berarti kita lebih mudah jatuh sakit, bertambah berat badan, terkena serangan jantung ataupun mengalami kecelakaan di jalan. Resiko demensia juga meningkat serta diabetes tipe 2 dan kanker kolorektal.

BERAPA BANYAK TIDUR YANG KITA BUTUHKAN

Telah dijelaskan tentang pentingnya tidur dan apa yang terjadi jika kita tidak tidur dengan cukup. Tetapi, berapa jam tidur malam yang optimal dan dapatkan kita tidur terlalu lama? Jawabannya cukup singkat yaitu 7-9 jam dan ya!

National Sleep Foundation merekomendasikan 7-9 jam tidur setiap malamnya untuk orang dewasa dengan usia 18-65 tahun. Ini mungkin berbeda, tergantung pada seberapa keras kegiatan dan jenis olahraga yang kita lakukan. Ataupun jika kita baru sembuh dari sakit dan hal lain yang mempengaruhi. Sedangkan untuk tidur berlebihan, penelitian menunjukkan bahwa tidur yang terlalu banyak dapat menimbulkan sejumlah resiko kesehatan. Menariknya, sebagian besar sama dengan ketika kita tidak cukup tidur.

APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR ?

Sekarang setelah kita tahu berapa lama tidur yang kita butuhkan, sekarang mari kita cari tahu apa saja yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang bangun tidur dalam keadaan segar serta beristirahat dengan cukup.

DIGITAL SUNSET

Sama menariknya dengan merebahkan diri di atas sofa pada malam hari, hal buruk yang dapat kita lakukan sebelum tidur adalah menikmati waktu dengan peralatan digital kita.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti telepon genggan, laptop dan televisi dapat merusak tubuh kita. Selain itu menekan sekresi malantonin yang mengontrol siklus tidur bangun tubuh.  Mengarahkan diri pada kondisi digital sunset setidaknya 2 (dua) jam sebelum waktu tidur akan memberi waktu bagi tubuh kita untuk bersiap tidur. Ini juga memungkinkan otak kita untuk beristirahat. Sebagai bonusnya, hal ini juga akan memastikan kita memiliki hari yang produktif.

WAKTU TIDUR YANG TERATUR

Pergi tidur di waktu yang sama bukan saja baik untuk anak-anak. Orang dewasa juga mendapatkan manfaat dari waktu tidur yang teratur ini. Jika kita konsisten dengan waktu tidur dan bangun tidur, ritme  sirkadan tubuh kita akan beroperasi pada kondisi puncaknya. Ini berarti tubuh  kita mengetahui dengan tepat kapan dan hormon mana yang harus dilepaskan, untuk membuat kita tidur dengan cepat dan bangun tidur dengan mudah. Akhirnya, kita akan mencapai titik dimana kita mampu bangun secara otomatis tanpa alarm.

MENCIPTAKAN TEMPAT BERISTIRAHAT YANG NYAMAN

Untuk dapat tidur dengan nyenyak, kita perlu menciptakan tempat beristirahat yang nyaman; sebuah tempat yang dapat menginspirasi diri kita untuk beristirahat dan relaksasi. Untuk langkah awal, tidak boleh ada televisi di kamar kita. Dengan ini diharapkan kita segera mengalami digital sunset. Selain itu, kamar tidur kita harus bebas dari perangkat elektronik.

Jika kita berada di lingkungan dengan cahaya terang, cobalah untuk memasang tirai untuk menghadang sinar dari jalan, dll masuk ke kamar. Kurangi cahaya lampu kamar dengan merendahkan daya lampu atau menggunakan lampu redup.

Kita tidak akan tidur dengan nyenyak jika udara di kamar terlalu panas atau terlalu dingin. Aturlah suhu kamar diantara 18C. Yang terakhir, pastikan tempat tidur kita layak pakai. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda aus ataupun rusak, mungkin sudah saatnyan untuk mengganti tempat tidur kita.

JANGAN TEKAN TOMBOL SNOOZE

Ketika alarm kita berbunyi, segeralah bangun. Menekan tombol snooze mungkin akan menjadi hal terburuk yang dapat kita lakukan. Jika kita menekan tombol snooze berkali-kali, sebaiknya segera bangun atau atur alarm untuk 15 menit lagi dan nikmati tidur yang lebih dalam serta memulihkan tubuh kita.

HINDARI KOPI, ALKOHOL DAN NIKOTIN

Mungkin ini tidak masuk akal tetapi jika kita kecanduan, terkadang sulit melihat kayu pada pepohonan. Para mantan perokok dan pecandu kehidupan malam tahu betul betapa sulitnya untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini. Para peneliti tidak dapat menolak bahwa kafein mengganggu tidur kita. Dengan mengingat hal ini maka jam terakhir untuk minum kopi sebaiknya adalah pukul 2 siang. Jika kita terlalu sensitif, sebelum tengah hari akan menjadi hal yang ideal.

Alkohol dan nikotin adalah problem yang sama saat bersinggungan dengan kualitas tidur kita. Idealnya, kita harus berhanti merokok dan mengkonsumsi minuman dengan kadar alkohol ringan seperti satu atau dua sloki anggur di petang hari.

MAKAN RINGAN

Memanjakan diri dengan makan malam yang besar adalah hal buruk bagi pencernaan dan tidur kita. Kita tidak dapat berharap akan menikmat tidur malam yang nyenyak ketika tubuh kita bekerja keras dan buruk akibat burger dan kentang goreng dalam porsi besar yang kita makan satu jam sebelum tidur.

Kita perlu mengkonsumsi makanan yang dapat membantu kita untuk tidur seperti pisang, teh chamomile, kacang almon, hummus dan bahkan oatmeal. Makanan ini mungkin saja menarik atau bahkan tidak menarik untuk kita tetapi perlu digarisbawahi bahwa penting untuk mengkonsumsi makanan yang ringan di petang hari dan makanlah lebih awal.

BANGUN PAGI

Dalam penelitian baru-baru ini, para peneliti melakukan survei atas 1000 orang untuk mengetahui apa yang membuat mereka mendapatkan istirahat malam yang baik. Diidentifikasi bahwa mereka yang tidur dengan baik dan pulas menyatakan bahwa jam 6 pagi adalah waktu terbaik untuk bangun pagi. Sementara semua orang setuju bahwa tidur hingga lebih dari jam 7 pagi dapat menurunkan kualitas tidur.

Manfaat bangun pagi tidaklah berlebihan. Orang yang bangun pagi pasti menyatakan itu dan ini benar. Bangun pagi lebih awal akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas tidur kita dan membantu kita mempertahankan pola makan yang lebih sehat.

KEBIASAAN TAMBAHAN : MEDITASI

Melakukan meditasi secara teratur mengurangi stres, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan serta membantu kita tidur lebih baik. Telah terbukti meditasi juga dapat meningkatkan kinerja mental jangka pendek serta mengurangi kebutuhan tidur. Tidak disarankan untuk tetap terjaga hingga larut malam dan melakukan meditasi sebagai ganti menonton televisi kabel. Sesekali hal ini mungkin terjadi. Melakukan meditasi secara teratur memberikan manfaat yang baik disaat kita tidak dapat tidur di jam-jam yang seharusnya.

Jika kita tidak dapat tidur dan beristirahat dengan cukup, kita dapat mencoba melakukan percobaan 7 hari tidur dan lihatlah apakah kita merasakan adanya perbaikan. Penulis tidak yakin dengan makan seledri di jam tiduur tetapi mungkin dapat dicoba sekali terutama karena ini melibatkan sayuran.

 

Penulis : Angela Horn

Sumber : www.care2.com

Sumber foto : Thinkstock

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!