7 Jurus Ampuh Menghalau Flu

7 Jurus Ampuh Menghalau Flu – Pergantian dari musim penghujan ke musim kemarau sering menyebabkan cuaca berubah-ubah. Masalahnya, cuaca yang berubah-ubah tersebut cenderung menurunkan daya tahan tubuh. Kalau sudah begitu, flu jadi mudah menyerang.

Jangan menganggap remeh penyakit flu yang bisa mengganttu aktivitas Anda sehari-hari. Langkah-langkah sederhana berikut ini bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi penyakit flu yang menyerang.

JANGAN LUPA CUCI TANGAN

Sepintas mungkin kedengarannya sepele. Tapi, tahukan Anda kalau kuman-kuman penyakit amat mudah masuk ke tubuh lewat tangan yang tidak bersih? Jadi, cucilah tangan sesering dan sebersih mungkin selama 15 hingga 30 detik agar flu tidak datang menyerang. Gunakan sabun dan air mengalir. Cuci tangan dengan seksama hingga ke bagian belakang, pergelangan, sela-sela jari dan daerah di bawah permukaan kuku.

ISTIRAHAT CUKUP

Cukup beristirahat bisa membantu membangun kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jurus yang satu ini cukup jitu untuk mempercepat penyembuhan jika Anda sudah terlanjur terserang flu.

KONSUMSI VITAMIN

Jika dikonsumsi dalam dosis cukup tinggi, vitamin bisa membantu kerja sel-sel darah putih membasmi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antihistamin alami yang ada di dalamnya juga bisa mengatasi hidung tersumbat akibat flu. Saat gejala-gejala pertama flu mulai muncul, 500 miligram vitamin C setiap hari bisa menghentikan gejala-gejala flu. Tapi jika Anda menderita diare, kurangi dosis pemakaian. Vitamin A juga perlu dikonsumsi selama deman atau flu guna memerangi infeksi. Beta karotin di dalamnya bisa meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan virus. Begitu gejala flu muncul, asupan vitamin A sebanyak 25.000 IU (international unit) setiap hari sudah cukup untuk mencegah gejala. Tapi wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi vitamin A terlalu banyak.

MINUM TEH DAN JUS

Minum lima cangkir teh hitam atau teh hijau setiap hari selama dua minggu bisa membantu sel T menghasilkan senyawa-senyawa pembunuh virus flu sepuluh kali lebih banyak. Demikian menurut penelitian para ahli di Harvard University, Amerika Serikat. Selain teh, jus nanas segar juga amat bermanfaat di saat Anda terserang demam dan flu. Anda bisa meminumnya sebanyak 400 – 800 mililiter sekitar empat kali sehari. Tapi jangan lupa mencampurnya dengan air putih dengan jumlah yang sama. Selain itu, jus apel dan anggur juga dapat Anda minum untuk mengatasi flu. Keduanya dapat mengatasi hidung tersumbat, mengurangi lendir dan membunuh virus.

BATASI GULA DAN PRODUK TURUNAN SUSU

Produk turunan susu dan makanan serta minuman yang banyak mengandung gula dapat memperbanyak lendir. Hindari minuman bersusu pada malam hari jika dada terasa agak sesak akibat lendir agar dada terasa lega pada saat bangun pagi.

MEDITASI, HIDROTERAPI DAN AROMATERAPI

Manfaat meditasi dibuktikan oleh suatu studi yang dilakukan para ilmuwan dari The University of Massachusetts dan University of Wisconsin, Amerika Serikat. Menurut penelitian itu, bertambah aktifnya bagian otak kiri saat meditasi bisa membuat fungsi kekebalan tubuh meningkat sehingga flu tidak mudah menyerang.

Selain meditasi, hidroterapi juga bisa Anda lakukan. Caranya : berendamlah di air hangat dan gosokkan handuk dingin ke seluruh tubuh. Jika dilakukan dua hingga empat kali sehari, lendir bisa berkurang. Sirkulasi darah menjadi lancar dan sistem kekebalan tubuh juga semakin kuat. Sehingga proses pemulihanpun menjadi lebih cepat.

Aromaterapi juga bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan begitu Anda mulai merasa tidak enak badan. Pililah rosewood, lemon, fir, cheri, kelapa, blackberry atau pinus yang digunakan untuk mengharumkan kamar. Minyak tersebut berfungsi sebagai antiseptik pembunuh kuman.

 

Sumber : Majalah Wanita Mingguan – No. 13/V , 25-31 Maret 2004

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!