7 Alasan Mengapa Kita Seharusnya Mengindari Diet Makanan Mentah

7 Alasan Mengapa Kita Seharusnya Mengindari Diet Makanan Mentah – Diet makanan mentah mungkin kedengarannya menarik. Apalagi jika kita tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak makanan yang enak dan sehat. Kita mungkin juga pernah membaca penelitian yang menyatakan bahwa makan makanan mentah seperti buah, sayur dan kacang-kacangan dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Banyak orang juga tertarik pada pernyataan bahwa semua makanan mentah mengandung lebih banyak nutrisi. Mungkin pernyataan ini benar dan berlaku pada beberapa jenis makanan. Memasak sebenarnya dapat meningkatkan ketersediaan hayati nutrisi yang terkandung dalam beberapa makanan. Misalnya: sayuran akan lebih sehat saat dimasak, diantaranya adalah wortel, sayuran berdaun hijau gelap,  asparagus, tomat, bayam, terong dan kecambah.

Sesekali mengkonsumsi makanan mentah memang tidak mengapa. Tetapi diet makanan mentah sampai lebih dari 70% mungkin saja berbahaya, bukan menjadi sehat. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus menghindari diet makanan mentah :

MENSTRUASI TIDAK TERATUR

Mungkin kedengarannya mengejutkan tetapi diet makanan mentah dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa 70% wanita yang mengkonsumsi sayuran mentah mengalami menstruasi yang tidak teratur. Bahkan lebih buruknya, sepertiga dari mereka telah mengalami amenorea yang artinya mereka sama sekali telah tidak mengalami menstruasi lagi.

Para peneliti mencurigai bahwa rendahnya kalori dalam diet makanan mentah mungkin saja merupakan faktor yang berkontribusi pada siklus menstruasi yang tidak teratur ini.

KEKURANGAN GIZI

Hal ini kedengarannya sangat ironis mengingat banyak orang beranggapan bahwa makanan mentah menawarkan lebih banyak nutrisi. Namun diet makanan mentah seperti ini mungkin saja membuat kita kekurangan nutrisi penting seperti Vitamin B12.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tidak satu orangpun dari pelaku diet makanan mentah yang mendapatkan vitamin B12 yang cukup dari dietnya. Jika kita kekurangan vitamin maka bisa saja kita menderita anemia, penyakit jantung, kesehatan tulang yang buruk bahkan infertilitas.

 

KEAMANAN MAKANAN

Memasak makanan membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi terutama daging. Daging serta unggas mentah mengandung bakteri seperti Salmonela, E.coli dan Listeria yang mungkin saja dapat menyebabkan muntah, diare bahkan kematian.

Pada beberapa kasus, efek dari makan makanan mentah dapat langsung terjadi. Seperti seorang pria di Korea Selatan yang menderita demam dan sakit yang luar biasa pada tangan kirinya hanya dalam beberapa jam setela makan hidangan laut mentah. Akhirnya dokter harus mengamputasi lengannya beberapa hari kemudian.

TULANG YANG LEBIH LEMAH

Hampir semua diet makanan mentah ini cenderung kurang kalsium dan vitamin D. Padahal kedua vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menguatkan tulang. Sebuah penelitian menemukan bahwa kadar mineral dalam tulang serta kepadatan tulang pelaku diet makanan mentah lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan diolah.

KESULITAN

Mungkin saja kita berpikir bahwa akan makanan mentah tidak membutuhkan persiapan. Pikirkanlah lagi! Menyiapkan makanan mentah termasuk menyiangi, mencampur, mengeringkan, merendam bahkan melakukan fermentasi. Pekerjaan seperti ini dapat memakan waktu dan cukup sulit bagi mereka yang sibuk.

KENYAMANAN

Beberapa waktu lalu, para vegetarian menemui masalah jika mereka makan diluar rumah. Tetapi hal ini bukan masalah lagi. Banyak restoran yang menyediakan makanan vegetarian. Sayangnya, pelaku diet makanan mentah masih harus menunggu beberapa tahun lagi sampai makanan mentah menjadi sajian yang biasa di restoran.

MASALAH PENCERNAAN

Makanan mentah cenderung lebih sulit dicerna. Orang dengan sistem pencernaan yang sensitif mungkin saja akan mengalami masalah dengan pencernaan, kembung dan banyak gas, alergi makanan bahkan kesulitan buang air besar saat menjalani diet makanan mentah.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!