6 Strategi Sukses Langsingkan Tubuh

6 Strategi Sukses Langsingkan Tubuh – Anda mungkin sudah mengetahui mantra ajaib untuk mengurangi berat badan : kurangi makan dan perbanyak olahraga. Walaupun tampak sederhana, mantra tersebut ternyata sulit dipraktekkan.

Fakta mengurangi porsi makan itu sulit. Lagi pula, siapa yang masih punya waktu untuk berolah raga teratur saat ini? Tampaknya  sulit melewati hari yang diisi dengan kegiatan Anda, mengantar anak ke sekolah, pekerjaan kantor Anda begitu menumpuk atau justru banyaknya undangan makan malam dan banyaknya aktivitas lainnya. Ini membuat Anda sulit mengusir lemak dalam tubuh Anda. Kapan terakhir Anda melakukan olahraga?

Mungkin Anda mengetahui saat ini ada berbagai macam diet ataupun program pengurangan berat badan. Umumnya, hal ini menjanjikan penyusutan berat badan yang cepat dan mudah. Tetapi tetaplah diingat, fondasi bagi setiap program penurunan berat badan yang berhasil adalah kombinasi diet sehat dan olahraga. Anda mesti membuat perubahan gaya hidup.

Berikut terdapat 6 (enam) strategi efektif untuk membantu Anda mengajak dan menurunkan berat badan :

LAKUKAN SENDIRI

Tidak ada orang lain yang bisa membuat Anda menurunkan berat badan, Faktanya, tekanan dari luar, sering kali dari orang dekat, malah membuat kondisi bertambah buruk. Sekali lagi, menurunkan berat badan berkaitan erat dengan perubahan gaya hidup. Cobalah cari jalan keluar bagi masalah lain yang saat ini sedang Anda hadapi. Hal ini membutuhkan kekuatan mental dan energi untuk mengubah kebiasaan Anda. Dengan demikian, pastikan Anda tidak tersangkut pada isu besar seperti problem pernikahan dan masalah keuangan misalnya. Waktu juga merupakan kunci keberhasilan.

Juga jangan harap Anda akan berhasil saat pertaman kali mencoba. Jadi jangan gampang menyerah. Buatlah motivasi yang terfokus pada manfaat dan hasil yang akan Anda perolah nantinya. Begitu berhasil menurunkan berat badan, tubuh Anda akan lebih segar, lebih banyak energi dan tentu saja lebih sehat. Nah, siapkah Anda menurunkan berat badan?

DAPATKAN DUKUNGAN DARI ORANG LAIN

Anda memang harus bertanggung jawab untuk mengubah kebiasaan. Tetapi, dengan begitu bukan berarti Anda melakukan hal ini semuanya sendirian. Carilah dukungan dari pasangan, sahabat-sahabat dan keluarga. Pilihlah orang yang Anda kenal baik dan bisa menjadi pendukung terbaik. Anda membutuhkan dukungan seorang atau orang lain yang akan mendengar apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Misalnya, seseorang yang bisa menemani berolahraga. Pilih juga orang yang menpunyai gaya hidup yang sehat. Beberapa orang menyewa pendukung profesional yang dibayar seperti ahli gizi atau pelatih pribadi.

BUATLAH TUJUAN YANG REALISTIS

Saat berpikir apa yang Anda harapkan dari gaya hidup Anda yang baru. Cobalah bersikap realistis. Penurunan berat badan yang sehat terjadi perlahan namun pasti. Bila Anda kehilangan berat tubuh dengan cepat, itu berarti yang hilang adalah cairan atau lapisan otot bukan lemak.

Sebagai tambahan, buatlah rencana tujuan. Seperti makan dengan bijaksana dan latihan secara terarut dan bertahap. Perubahan kebiasaan Anda merupakan kunci untuk menghilangkan berat badan. Ingat pastikan tujuan itu realistis, spesifik dan dapat terukur. Misalnya Anda akan jalan 30 menit per hari, lima hari seminggu.

BELAJAR MENIKMATI MAKANAN SEHAT

Makanan cair, pil diet dan kombinasi makanan yang tidak wajar bukanlah kunci menjaga berat badan dalam jangka panjang dan sehat. Sebaliknya, belajarlah untuk menikmati variasi makanan-makanan yang sehat.

Menyesuaikan diri dengan gaya makan yang baru dapat mendukung program penurunan berat badan yang sehat untuk Anda. Namun, mengurangi kalori yang Anda butuhkan bukan berarti mengurangi kepuasan makanan Anda. Satu cara untuk mengurangi masuknya kalori adalah dengna makan lebih banyak makan sayur, misalnya. Memotong kalori akan lebih mudah jika Anda memfokuskan pada pengurangan lemak.

Diet amat rendah kalori bukanlah strategi sehat dalam jangka waktu panjang. Lebih dari 1200 kalori per hari bagi wanita dan 1400 kalori per pria, bukanlah sesuatu yang direkomendasikan. Jika pemasukan kalori terlalu rendah, Anda akan beresiko tidak mendapatkan semua unsur gizi yang diperlukan. Cara terbaik adalah konsultasi ke dokter atau ke ahli gizi sebelum memulai rencana mengurangi berat badan,

TETAPLAH AKTIF

Diet dapat membantu Anda menghilangkan berat badan. Memotong 250 kalori setiap hari, membantu Anda mengurangi sekitar 0.5 – 1 g seminggu. Tetapi dengan menambah jalan kaki 30 menit empat hari seminggu, misalnya, bisa menggandakan efeknya. Tujuan olahraga adalah untuk membakar lebih banyak lemak. Berapa banyak kalori yang Ana bakar tergantung dari frekuensi, durasi dan intensitas latihan Anda. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak berat badan adalah melakukan latihan aerobik seperti jalan kaki sekitar 30 menit setiap hari.

Latihan untuk menambah kekuatan tubuh, seperti angkat beban juga amat penting karena membantu menghambat hilangnya otot karena faktor usia. Dan, karena lapisan otot membakar lebih banyak kalori, massa otot merupakan faktor penting untuk membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Kian banyak massa otot yang Anda bentuk, lebih banyak kalori yang terbakar.

Walaupun latihan aerobik secara teratur merupakan cara terbaik untuk menghilangkan lemak, banyak kegiatan ekstra lainnya yang dapat membantu mengurangi kalori. Pikirkan bagaimana Anda meningkatkan aktivitas fisik dalam kegiatan Anda sehari-hari. Sebagai contohnya, naik tangga, berjalan, berkebun dan melakukan beragam pekerjaan rumah tangga.

 

GAYA HIDUP SEHAT

Tidaklah cukup untuk makan sehat dan latihan selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Anda harus menyesuaikan kebiasaan hidup Anda. Untuk melakukan itu, Anda harus mengubah tingkah laku yang dapat membantu menjaga bobot badan Anda yang sudah berkurang. Perubahan gaya hidup dapat dimulai dengan mencoba jujur melihat apa yang Anda konsumsi dan aktivitas Anda. Misalnya sanggupkah Anda menahan godaan tiramisu, coklat atau es krim? Bagaimana menjadwalkan latihan Anda secara teratur dan menjadikan bagian penting dari rutinitas Anda sehari-hari.

Penulis : Aryani

Sumber : Majalah Wanita Mingguan – No. 51/V, 23-29 Desember 2004

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!