6 Pengobatan Populer Yang Berkaitan Dengan Penambahan Berat Badan

6 Pengobatan Populer Yang Berkaitan Dengan Penambahan Berat Badan – Saat timbangan bergeser ke kanan, sebagian besar orang rasanya tidak pernah berpikir bahwa hal itu ada hubungannya dengan obat-obatan yang sedang mereka konsumsi. Tetapi sebenarnya ada beberapa obat-obatan umum di pasaran yang mempunyai hubungan dengan kenaikan berat badan. Obat-obatan ini dapat membuat berat badan kita bertambah dengan meningkatkan nafsu makan, memicu penyimpanan air atau menyebabkan keletihan yang semuanya membuat kita menjadi tidak bergerak .

Buruknya, orang yang kondisinya telah terhubung dengan obesitas seperti diabetes dan depresi, kemungkinan besar akan terpengaruh oleh hal ini. Bukan berarti bawa orang tersebut harus menghentikan pengobatan yang dikonsumsinya. Jika kita menduga bahwa obat-obatan dibawahi ini membuat berat badan bertambah, segera konsultasikan pada dokter. Mereka mungkin akan menawarkan dosis yang lebih rendah atau bahkan jenis obat lain.

OBAT DIABETES

Kita semua tahu bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko diabetes. Sayangnya menurut penelitian, obat-obatan untuk mengatur tekanan gula darah dapat membuat pinggang melebar. Insulin adalah hormon anabolik. Jadi dengan menyuntikkan atau menghirupnya, dapat meningkatkan penyimpanan glukosa dan lemak.  Untungnya, kita dapat menghindari efek ini dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan nabati dan tetap aktif.

ANTI DIPRESI

Obat-obat anti depresi (antidepresant) dapat memicu peningkatan atau penurunan berat badan. Ini tergantung pada individunya serta jenis obat tertentu yang dikonsumsi. Jika seorang dengan kelebihan berat badan mengalami penurunan selama mengkonsumsi obat, ini dapat berarti bahwa dia keluar dari depresinya. Penambahan berat badan juga dapat berarti positif jika depresi membuat berat badan seseorang turun.

Akan tetapi, saat seseorang yang telah kelebihan berat badan mengalami pertambahan berat akibat mengkonsumsi obat anti depresi. Penelitian menunjukkan bahwa ini mungkin adalah efek samping dari obat anti depresi tersebut. Beberapa obat anti depresi seperti Paxil memang mempunyai hubungan dengan penambahan berat badan sedangkan Wellbutrin sepertinya lebih tidak menyebabkan peningkatan berat badan,

ANTIHISTAMIN

Tahukah bahwa penggunaan antihistamin untuk melawan reaksi alergi ataupun insonmia dapat membuat berat badan bertambah? Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa para pengguna Antihistamin H1 memiliki lingkar pinggang, berat badan dan kadar konsentrasi insulin yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

ALAT KONTRASEPSI

Banyak perempuan percaya bahwa alat kontrasepsi dapat meningkatkan berat badan. Cukup mengagetkan bahwa sebuah ulasan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengaruh alat kontrasepsi terhadap berat badan itu tidak banyak. Namun, dibuktikan juga bahwa alat kontrasepsi menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sumber lain mengatakan bahwa alat kontrasepsi meningkatkan nafsu makan dan memicu penyimpanan air dalam tubuh.

Beruntungnya, ada banyak macam alat kontrasepsi yang dapat dipilih. Beberapa pil kontrasepsi mempunyai tingkat estrogen dan progesteron yang rendah.

ANTI PSIKOTIK

Entah obat anti psikotik digunakan untuk mengatasi masalah bipolar atau demensia, obat-obatan jenis ini dapat menaikkan berat badan. Kenyataannya, hampir semua obat anti psikotik telah menunjukkan bahwa mereka memicu penambahan berat badan.

Anti psikotik dapat meningkatkan berat badan dengan beberapa cara. Salah satu contohnya adalah dengan merusak kadar gula serta dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

PENGHAMBAT BETA (BETA BLOCKER)

Penghambat beta ini adalah obat-obatan yang paling umum diberikan untuk mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi). Namun, beberapa jenis obat-obatan ini memberikan beberapa efek samping seperti kenaikan berat badan, menurunnya sensitivitas insulin dan merusak profil lipid.

Penghentian obat tanpa sepengetahuan dokter bisa saja membahayakan. Jika kita merasakan bahwa obat-obatan yang kita minum menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak kita inginkan, segera bicarakan dengan dokter.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!