6 Makanan Untuk Disantap Saat Kita Menginginkan Cokelat

6 Makanan Untuk Disantap Saat Kita Menginginkan Cokelat – Saat bangun pagi hari, kita telah siap dan penuh komitmen untuk menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dalam minggu ini. Lemari es kita dipenuhi dengan buah-buahan segar dan manis. Mungkin kita juga membuat rencana untuk makan siang ke restoran yang menyajikan makanan sehat. Dan tiba-tiba, sebelum jam 8 malam, sirine ktia berbunyi untuk menikmati cokela yang tersimpan di dapur. Keinginan ini terlalu kuat untuk dilawan.

Rasa ingin yang besar ini terjadi dengan banyak sekali alasan. Beberapa alasan jelas tetapi yang lain tidak. Kita mungkin telah tahu bahwa kurang tidur dan stres yang meningkat dapat menyebabkan munculnya keinginan untuk makan lebih banyak. Tetapi sebenarnya keinginan ini dapat juga dikaitkan dengan kekurangan gizi. Coklat salah satunya.

COKLAT  BUKANLAH HAL YANG SEBENARNYA DIINGINKAN

Menurut Amy Gorin, RDN dari Amy Gorin Nutrition yang dijelaskan kepada Everyday Health, ada dua jenis kelaparan. Rasa lapar homeostatis yaitu kebutuhan fisik untuk makan dan rasa lapar hedonis yaitu keinginan makan untuk kenyamanan.

Rasa lapar hedonik ini dikaitkan dengan pemicu psikologis. Hal ini membantu menjelaskan mengapa kita sangat ingin makan saat merasa sedih atau gundah. Rasa lapar homeostatis  dan keinginan yang menyertainya dapat juga muncul karena kekurangan nutrisi dan mineral tertentu.

Jika emosi kita stabil dan mental kita sehat namun masih sangat menginginkan coklat, sepertinya kita mengalami kekurangan magnesium.

APAKAH MAGNESIUM?

Magnesium adalah rekanan mineral kalsium yang dikenal karena sifatnya yang membawa relaksasi dan anti stres. Cokelat, khususnya cokelat hitam (dark chocolate) sangat kaya dengan magnesium sehingga rasa lapar tidak terpuaskan. Apakah kesukaan kita adalah cokelat kaya susu ataupun cokelat hitam (dark chocolate) dapat mengindikasikan bahwa kita benar-benar butuh untuk  meningkatkan asupan makanan kaya magnesium.

APA YANG HARUS DIMAKAN SAAT MENGINGINKAN COKELAT

Lain waktu saat kita sangat menginginkan cokelat, cobalah mengkonsumsi salah satu makanan kaya magnesium pengganti cokelat dibawah ini :

COKELAT MENTAH (RAW COCOA)

Mari kita bicarakan hal ini : satu sendok makan cokelat mentah tidak akan segera memuaskan keinginan mulut akan makanan manis seperti halnya permen favorit. Namun cokelat mentah mengandung magnesium tinggi. Jadi cobalah menambahkan satu sendok pada smoothie untuk sarapan kita atau taburkan ke dalam mangkuk oatmeal hangat.

KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN

Kacang-kacangan dan biji-bijian mempunyai 3 (tiga) keunggulan yaitu kaya magnesium, mengenyangkan dan mudah dicampur dengan makanan kita. Baik itu salad, campuran buah dan kacang kering ataupun ditaburkan ke atas sup.

Dua sendok makan biji labu kering (pepitas) mempunyai 96 gram magnesium. Contohnya kacang Brazil, biji rami, kacang mede, biji bunga matahari dan juga almond merupakan pilihan yang bagus untuk jenis ini.

SAYURAN BERWARNA DAUN HIJAU TUA

Tambahkan sayuran berwarna daun hijau tua ke dalam smoothies kita. dimakan sebagai salad yang menyehatkan, tumis dengan sayuran dan protein kesukaaan kita atau juga mengovennya menjadi keripik.

LENTIL (MIJU-MIJU)

Lentil (mju-miju) ini adalah makanan yang sehat untuk jantung. Lentil kaya akan protein, serat dan magnesium. Kita akan merasa lebih bersemangat, kenyang dan merasa lebih rileks setelah memakan satu atau dua porsi lentil.

PISANG

Buah pisang sangat kaya akan magnesium dan potasium. Disarankan untuk menikmati buah pisang dengan selai kacang favorit untuk mendapatkan ekstra magnesium.

TAHU

Dalam 3,5 ounce sajian tahu terdapat 13 persen dari jumlah asupan magnesium harian yang direkomendasikan pada dosis 53 miligram. Campurkan tahu pada tumis sayuran berwarna daun hijau tua untuk mendapatkan manfaat paling banyak.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Lia Ryerson

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!