6 Kesalahan Daalam Melakukan Networking

6 Kesalahan Daalam Melakukan Networking – Sekarang kita sudah tahu betapa penting dan efektifnya networking dalam mendapatkan kesempatan kerja. Tetapi ada 6 (enam) kesalahan yang dapat mematikan secara langsung kemampuan networking Anda. Coba teliti dengan baik kesalahan-kesalahan dibawah ini agar bisa Anda hindari :

Tidak mempersiapkan diri saat berada di tempat keramaian yang dapat melebarkan sayap networking Anda. Apa saja persiapan yang seharusnya Anda lakukan?

a. Cari tahu siapa saja yang akan hadir disana dan perusahaan atau lembaga apa saja yang perwakilannya akan hadir (biasanya pengelola acara mempunyai daftar  undangan tersebut).

b. Pelajari sebanyak mungkin berbagai perubahan yang ada.

c. Bersikaplah agresif dengan waktu. Rancanglah waktu untuk menemui atau menghubungi orang-orang yang ada dalam daftar koneksi Anda.

d. Anda harus menepati dan menaati  rancangan waktu dan batasan yang telah dirancang sebelumnya untuk masing-masing individu yang Anda hubungi.

e. Jangan lupa membawa kartu nama dan menggunakan dompet kartu nama yang berbeda, antara kartu nama Anda dan kartu nama orang lain yang telah Anda dapatkan.

Membawa-bawa surat lamaran saat berada di berbagai acara

Anda pasti akan terkejut mendengarnya. Jangan membawa surat lamaran kerja saat menghadiri pertemuan para profesional. Misalnya saat menghadiri konferensi, pameran perdagangan, pertemuan organisasi, pesta cocktail dan sejenisnya.  Tentu kita tidak ingin dipandang sebagai orang yang putus asa karena berusaha memulai percakapan sambil membawa-bawa surat lamaran dan daftar riwayat hidup bukan?

Tidak mempersiapkan diri dan melatih kalimat perkenalan atau pembuka perbincangan yang memperlihatkan keahlian Anda.

Kita tidak mungkin datang tanpa tahu apa-apa dan berpikir bahwa segala sesuatunya akan berjalan dengan lancar, bukan? Waktu dua puluh detik untuk memperkenalkan diri tidaklah lama. Atau bila ada yang menanyakan apa pekerjaan Anda, dengan segera Anda bisa langsung menjawabnya. Hindari pula menggunakan kalimat yang sangat umum diucapkan misalnya : Saya seorang insiyur dan saya bekerja di perusahaan motor.

Cobalah untuk mengatakannya dengan lebih spesifik seperti : Saya seorang insinyur dan keahlian khusus saya adalah memberikan solusi untuk mengefektifkan penggunaan dana terutama di dunia otomotif.

Tidak memberikan kontribusi apapun di acara tersebut

Bertanyalah! Cari tahu persoalan yang tengah dibicarakan mereka terutama yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun industri mereka. Lalu, jika memungkinkan  usulkan penyelesaiannya, berdasarkan keahlian Anda.  Pada dasarnya, cari tahu apa yang bisa Anda kontribusikan untuk memecahkan persoalan itu.

Lebih memfokuskan pada diri sendiri.

Anda akan menjadi akrab dan dianggap bersahabat oleh orang lain jika Anda lebih banyak bertanya tentang diri mereka ketimbang membicarakan diri sendiri. Ingat, orang-orang hanya suka melakukan bisnis dengan orang yang mereka anggap bersahabat. Jadi, dengan memperlihatkan ketertarikan pada orang lain, Anda akan mendapatkan dua keuntungan. Belajar darinya dan kebutuhan perusahaannya, serta memperlihatkan keluwesan pergaulan dan kemampuan komunikasi Anda. Teruslah bertanya, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Tidak mengirimkan ucapan terima kasih

Memberikan ucapan terima kasih adalah hal yang sederhana. Namun ini penting artinya. Terutama bila mereka sudah meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan Anda sebelumnya. Selain ucapan terima kasih, kembali ingatkan mereka akan keahlian Anda seperti : Mr. Smith, sebuah kehormatan bagi saya untuk berbincang-bincang dengan Anda pada acara seminar minggu lalu. Sebagai seorang website designer, saya sangat menikmati perbincangan kita tentang e-commerce dan tehnologi internet di masa mendatang.

 

Penulis: Rahmi

Sumber : Majalah Wanita Mingguan Lisa, No. 2/V. 13-19 Januari 2005

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!