5 Trik Membuka Toples Yang Sulit Dibuka

5 Trik Membuka Toples Yang Sulit Dibuka – Saat kita tengah memasak atau saat ingin mengudap, ternyata toples yang kita inginkan sulit untuk dibuka. Ini merupakan hal yang tidak menyenangkan bukan. Ada kalanya tutup toples kita tidak bisa diputar untuk dibuka. Mungkin bisa mencoca salah satu trik berikut untuk membuka botol atau toples sehingga kita bisa melanjutkan apa yang sedang kita kerjakan.

5 Trik Membuka Toples Yang Sulit Dibuka

Ingatlah bahwa sebagian besar botol atau toples terbuka dengan memutarnya berlawanan arah dengan jarum jam. Jadi pastikan untuk memutarnya ke arah yang benar saat mencoba beberapa trik berikut. 

MENCENGKERAM

Sering kali masalah utama dari kesulitan membuka tutup botol atau toples adalah tutup yang basah atau licin  sehingga kita tidak dapat memegangnya dengan benar.

Beberapa hal berikut mungkin dapat membantu untuk memegang tutup botol atau toples dengan lebih baik :

  • Lap berbahan handuk yang kering
  • Sarung tangan karet
  • Plastik pembungkus
  • Karet gelang yang lebar
  • Alas silikon atau

Letakkan alat bantu cengkeram ini pada tutup botol atau toples dan putarlah. Jika masih tidak dapat terbuka, gunakan alat bantu kedua untuk mencengkeram botolnya juga.

 

LEKUKKAN TUTUPNYA

Gunakan sisi rata dari pisau roti, sendok yang berat atau peralatan padat lainnya, lalu ketuk ke ujung tutup beberapa kali. Hal ini seringkali dapat membantu untuk melepaskan segel yang ada pada tutup. Jika cara ini tidak berfungsi di percobaan pertama, cobalah kembali beberapa ketukan dan putaran untuk membantu melonggarkan segel.

 

GUNAKAN PENGUNGKIT

Kadang kala membuka tutup dengan mencongkel juga bisa efektif. Gunakan pisau untuk mengoles mentega, sendok, pembuka botol, obeng pipih atau perkakas lain dengan ujung kecil yang pas dengan bagian bawah tutup botol atau toples. Jepit alat dengan kencang diantara tutup dan ujung botol, lalu angkat ke atas. Hal ini dapat dilakukan dibeberapa titik disekitar tutup sampai segelnya pecah.

Namun perlu berhati-hati jika menggunakan cara ini karena bisa memecahkan botol kaca atau menusuk botol plastik jika kita menggunakan pengungkit ini.

 

 

 

Mencongkel penutup terbuka juga bisa efektif. Gunakan pisau mentega, sendok, pembuka botol, obeng pipih atau perkakas lain dengan ujung kecil yang pas di bawah tutup tabung. Jepit alat dengan kencang di antara tutup dan ujung tabung, lalu angkat ke atas. Anda dapat melakukan ini di beberapa tempat di sekitar tutup sampai segelnya pecah.

Gunakan hati-hati dengan pendekatan ini karena mungkin memecahkan botol kaca atau menusuk yang plastik jika Anda menggunakan kekuatan yang cukup besar.

 

MEMBUAT WATER HAMMER

Ide dibalik water hammer ini adalah untuk memaksa isi toples atau botol keluar dengan menciptakan tekanan yang cukup untuk membuka penutupnya. Kita dapat melakukannya dengan membalikkan botol atau toples dan menggoyangkan ke arah bawah beberapa kali. Pilihan lainnya adalah dengan memegang toples di tangan dengan sudut 45 derajat dan penutup menghadap ke bawah. Kemudian , tepuk bagian bawah botol atau toples beberapa kali di bagian tengah dengan telapak tangan.

 

GUNAKAN PANAS

Ini adalah pilihan terakhir dari semua alat bantu karen,a ini yang paling berbahaya. Ada beberapa cara untuk menggunakan panas dalam membuka tutup botol terutama yang sulit dibuka.

Pertama, gunakan air panas dalam wadah. Hanya perlu sedikit air sampai menutup bagian tutup. Putarlah bagian tutup botol ke atas dan ke bawah dalam wadah secara pelahan. Tahan selama beberapa waktu hingga terdengar bunyi tutup terbuka. Jangan biarkan air menyentuh botol karena perubahan temperatur yang mendadak akan menyebabkan botol kaca pecah atau botol plastik meleleh. Untuk alasan ini, jangan gunakan air mendidih langsung.

Cara yang kedua adalah langsung memanasi tutup botol misalnya dengan menggunakan pengering rambut. Hal ini dapat dilakukan hanya jika tutup botol terbuat dari besi atau kaleng. Jangan pada tutup dari plastik karena akan mudah meleleh. Tiuplah ujung tutup botol dengan pengering rambut dan gerakkan sehingga panas tidak hanya menyentuh pada satu area saja. Lalu gunakan sarung tangan atau pelapis untuk melindungi tangan kita saat mencoba memutar tutup botol atau toples yang panas ini.

Sumber : www.care2.com

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!