5 Langkah Mudah Agar Dapur Anda Tetap Bersih dan Terawat

5 langkah mudah agar dapur Anda tetap bersih dan terawat – Jika Anda merasa sangat kesulitan untuk selalu rapi dan teratur sepanjang tahun, sekarang adalah saat yang tepat untuk menekan tombol kembali ke awal dan mulai kembali membersihkan semuanya. Fokuslah dengan membersihkan satu area setiap kali membersihkan agar lebih mudah diatur. Mari kita mulai dari area favorit kita yaitu dapur karena area ini adalah yang penting dalam setiap rumah.

5 Langkah Mudah Agar Dapur Anda Tetap Bersih dan Terawat

Berikut adalah 5 (lima) langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan dan menata ulang ruangan dapur Anda :

BERSIH DARI NODA DAN BARANG YANG TIDAK DIPERLUKAN

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan semua barang dari rak-rak Anda. Entah Anda memiliki lemari kecil atau dapur sederhana, adalah penting untuk mengeluarkan semua isi lemari dan dapur Anda. Jika Anda memiliki dapur yang besar, keluarkan beberapa bagian agar  Anda tidak dikelilingi oleh terlalu banyak tumpukan barang.

Setelah semua barang keluar dari rak atau lemari dapur Anda, segera bersihkan rak, lemari dan dapur Anda. Lakukan pembersihan total ini paling tidak satu tahun satu kali untuk membersihkan remah-remah, tumpahan dari botol-botol Anda.

LAKUKAN PERUBAHAN

Melakukan perubahan adalah hal penting dalam proses pengaturan ulang rak dan lemari Anda. Perubahan ini akan membantu Anda untuk dapat menyortir barang-barang yan tidak lagi Anda butuhkan atau inginkan lalu membuangnya. Hal ini akan membantu Anda untuk memiliki ruangan yang lebih luas untuk barang-barang yang Anda perlukan dan sukai.

Sebelum Anda mulai menyingkirkan barang-barang itu, ada baiknya Anda mengelompokkannya sesuai kategori. Saat Anda sudah mulai mengelompokkannya, Anda akan dapat melihat dan menemukan barang-barang yang sama, kantong-kantong yang hampir kosong ataupun barang-barang yang telah kadaluarsa. Tentukan jumlah dan waktu untuk penggunaan barang-barang yang jumlahnya berlebih, dan buanglah barang yang tidak lagi dibutuhkan. Janganlah membuang barang yang masih layak dipakai atau bisa dimakan. Ada baiknya jika menyumbangkan makanan kaleng atau makanan kemasan lain kepada mereka yang membutuhkan.

5 Langkah Mudah Agar Dapur Anda Tetap Bersih dan Terawat

BARANG MUSIMAN

Saat Anda melakukan perubahan pada isi lemari dan rak dapur, perhatikanlah juga barang-barang musiman yang tersimpan disana seperti kue-kue natal coklat untuk Valentine’s day dan barang lain. Hari-hari khusus ini datang dan pergi, mungkin ada baiknya segera habiskan atau mungkin dibuang. Ini akan membersihkan dapur Anda serta membantu memastikan bahwa makanan Anda masih layak makan dan tidak kadaluarsa.

BAHAN MEMBUAT KUE

Bahan kue yang kering sebaiknya diganti setiap tahunnya. Bahan pokok untuk membuat kue seperti tepung dan biji-bijian tidak hanya rentan terhadap kutu tetapi juga karena kandungan minyak di dalamnya maka tepung dan biji ini dapat berubah. Ingatlah bahwa bahan kue yang mengandung gandum, biji-bijian dan kecang-kacangan memiliki kandungan minyak yang ada batasan dalam waktu penyimpanan.

5 Langkah Mudah Agar Dapur Anda Tetap Bersih dan Terawat

TANGGAL KADALUARDA

Mungkin saja Anda akan kaget saat memeriksa tanggal kadaluwarsa. Anda mungkin masih menyimpan beberapa makanand dalam kaleng yang mungkin sudah kadaluwarsa beberapa bulan lalu atau bahkan tahun lalu. Luangkan waktu sejenak untuk memeriksa kembali makanan dalam kaleng, kemasan-kemasan, bumbu-bumbu serta rempah-repmah. Mungkin Anda akhirnya akan tahu apa yang Anda perlukan dan gunakan, apa yang Anda beli berulang dan butuhkan berulang dan apa saja yang Anda beli berlebihan. Sering kali kita memiliki alasan yang baik untuk membeli barang tetapi waktu kadaluwarsa membuat kita harus membuang barang-barang tersebut.

Jika Anda telah selesai memilah, mengelompokkan, membersihkan dan memeriksa barang-barang, kini saatnya Anda meletakkannya kembali ke rak dengan rapi. Baiknya gunakan kotak, kaleng atau kontainer untuk memudahkan pengaturan dan memudahkan Anda untuk melihat barang tersebut.

Lakukan ini sekali setiap tahunnya agar dapur dan rak serta lemari Anda tetap teratur. Ini juga akan melatih Anda untuk menggunakan makanan yang Anda beli dan hanya membeli makanan yang Anda butuhkan dan gunakan. Dengan pendekatan ini, Anda akan mampu mengelola dapur Anda tetap bersih dan rapi hingga saat pembersihan berikutnya.

 

Sumber : The Home Edit 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!