5 Hal Sederhana Di Akhir Pekan untuk Lebih Sehat

5 hal sederhana di akhir pekan untuk lebih sehat – Hidup sehat adalah sebuah perjalanan, tetapi itu bukan berarti kita membutuhkan hanya dua hari saja untuk memulai. Cobalah 5 (lima) tips, resep dan proyek masing-masing untuk kita untuk memberikan rumah dan tubuh kita peningkatan mutu kesehatan di akhir pekan ini.

Apakah tujuan akhir kita adalah adalah memiliki tubuh ataupun rumah yang lebih sehat? Satu akhir pekan adalah saat yang kita perlukan untuk melakukan beberapa peningkatan kesehatan dalam segala hal mulai dari diet kita, produk kecantikan yang kita pakai hingga dekorasi rumah kita. Maksimalkanlah hari-hari kita dengan memanfaatkan tips, kegiatan dan resep cepat dan sederhana berikut ini yang akan langsung membawa kita pada jalur kehidupan yang lebih sehat.

HIASILAH RUMAH DENGAN TANAMAN

Jika kita tidak memiliki banyak tanaman hijau di sekitar rumah kita, maka kita kehilangan sebuah cara yang cepat dan efektif untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan mengurang stres dan juga membersihkan udara di dalam rumah kita. Ada banyak penelitan yang menunjukkan bahwa dengan merawat tanaman hias di rumah dapat memberikan sikap positif serta menciptakan rasa tenang yang tentu saja dapat mengurangi stres serta membantu meningkatkan produktivitas. Sehubungan dengan membersihkan udara dalam rumah, penelitian menunjukkan bahwa tanaman hias seperti bunga Lily dan juga tanaman laba-laba yang sangat aktif dalam memurnikan udara di dalam ruangan dengan membersihkan udara dari aneka polutan seperti amonia.

MENYESAP TEH HERBAL BUATAN SENDIRI

Saat suhu udara menurun, resiko terserang pilek atau merasa perlu menghangatkan tubuh, jagalah diri lebih awal agar terhindar dari segala potensi penyakit yang mungkin akan mengganggu akhir pekan kita. Buatlah teh herbal di rumah. Teh yang dapat menenangkan dan mendetoksifikasi dengan menggunakan bahan-bahan seperti jahe, kayu manis, kardoman atau minuman kaya vitamin yang mengandung lemon, madu, kunyit dan juga cabe. Apapun kombinasi bahan teh yang kita pilih, luangkanlah waktu kita sejenak untuk tidak menggunakan teh kemasan kantong dan segera membuat teh herbal sendiri di rumah. Kita akan melihat bagaimana teh herbal ini membawa keajaiban untuk tubuh kita tidak hanya pada akhir pekan tetapi pada sepanjang minggu.

BUATLAH SENDIRI SABUN MANDI DARI SUSU KAMBING

Tentu saja lebih mudah untuk membeli sabun di toko seperti yang selama ini kita lakukan. Tetapi, jika kita mempunyai waktu luang di akhir pekan, tidak ada salahnya jika mencoba membuat sabun sendiri di rumah. Tidak hanya karena membuat sabun dirumah adalah kesempatan untuk menelurkan kreativitas melalui aroma dan inklusi. Sebagian dari kita menyukai sabun dengan aroma lavender yang bersifat menenangkan dan dapat menghilangkan rasa sakit. Selain itu, dengan membuat sabun sendiri di rumah, kita dapat memastkan bahwa bahan alami terbaik yang digunakan daam pembuatannya.

MEMBUAT PRODUK PEMBERSIH SENDIRI

Sayangnya, banyak produk komersial yang kita andalkan untuk membersihkan rumah ternyata tidak memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, mereka juga menggunakan bahan-bahan kimia yang belum tentu sehat. Ada baiknya jika di akhir pekan kita membuat produk pembersih rumah, memberikan label dan menyimpan pembersih rumah tangga ini lalu menggunakannya setiap kali kita membersihkan rumah. Dari menggunakan cuka sebagai bahan dasar untuk pembersih lubang toilet, mencampurkannya dengan shampo bayi untuk membersihkan noda pada kasur dan masih banyak lagi cara untu membuat pembersih rumah sendiri. Setiap ramuan akan berharga terutama saat terjadi kekacauan di rumah.

GUNAKAN BOLA LAMPU RAMAH LINGKUNGAN

Jika kita belum melakukannya, luangkan waktu di akhir pekan ini untuk mengganti bola lampu lama kita dengan bola lampu baru yang ramah lingkungan. Selain lebih sehat untuk lingkungan juga akan membuat dompet menjadi lebih sehat. Dengan memilih opsi bola lampu ini maka bukan saja kita menggunakan bola lampu yang memiliki waktu hidup lebih lama tetapi juga menggunakan lebih sedikit energi. Pada akhirnya berarti memaksimalkan efisiensi biaya sejalan dengan pencapaian efesiensi energi.

Penulis : Tamara Rahoumi

Sumber : www.marthastewart.com

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!