5 Gangguan Hidup Bahagia

5 Gangguan Hidup Bahagia – Saat kita mulai merenungkan diri kita saat menghadapi tahun baru, akan sangatlah membantu untuk mengklarifikasi kembali apa yang sebenarnya membuat kita merasa bahagia. Jadi, apa yang benar-benar membuat benar-benar bahagia?

 

Kita perlu berpikir lebih besar dari sekedar binatang kesayangan, coklat ataupun bersepeda. Kita sedang membicarakan apa yang perlu dilakukan dalam membuat rencana-rencana besar dalam hidup Anda sehingga menjadi stabil dan seimbang. Kita berbicara tentang apa yang membuat Anda bahagia secara keseluruhan.

Ada banyak jenis hubungan dalam hidup yang harus seimbang adar seseorang dapat mencapai kebahagiaan yang langgeng. 5 (lima) pilar utama yang perlu dipertimbangkan adalah komunitas, keadaan fisik, kegemaran (passion) hubungan dengan diri sendiri dan hubungan dengan lingkungan.

Berikut adalah beberapa tips untuk dapat meningkatkan kebahagiaan dengan mulai mengutamaan keseimbangan dalam hal-hal berikut ini  (dan masuh banyak hal lain lagi) :

BINA HUBUNGAN SEHAT

Apakah rekan-rekan Anda berperan memperbaiki hidup Anda secara keseluruhan? Atau apakah Anda menemukan bahwa persahabatan Anda melelahkan?

Terkadang persahabatan bisa menimbulkan energi yang buruk atau menjadi menyebalkan. Dan sayangnya ini berarti sudah waktunya untuk melanjutkan hidup, segera menentukan langkah. Hidup ini terlalu singkat untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuat Anda tidak bahagia. Bersikap sopan dan putuskan hubungan yang tidak lagi seimbang. Dan sementara Anda tidak memilih keluarga Anda, Anda dapat berusaha keras untuk memastikan hubungan Anda adalah hubungan yang sehat sebagaimana seharusnya.

ISILAH HIDUP ANDA DENGAN HAL-HAL YANG DIGEMARI

Janganlah mulai mencari kegemaran Anda tetapi pikirkan tekanannya. Sebagai gantinya isilah hidup Anda dengan hal-hal yang menstimulasi , yang mendorong Anda seperti seni, budaya, hal-hal yang menyenangkan dan kreativitas.

Carilah kegiatan dimana Anda dapat mulai menanamkan benih minat dalam diri Anda dan rawatlah agar bertumbuh dan mekar.

Hidup tanpa gairah atau tujuan akan menjadikan hidup terasa kosong. Berhentilah menunggu untuk menemukan tujuan Anda dengan mengolah dan mencarinya secara proaktif. Ada sesuatu yang tersedia diluar sana, bahkan untuk semua orang.

GUNAKAN TUBUH ANDA

Ada alasan mengapa kita memiliki tubuh. Tubuh inilah yang mengijinkan kita untuk menjadi ramah dan gembira atau galak, menulis atau mengetik, merayaka dan bercinta, untu menciptakan dan menghancurkan. Alih-alih menjadi kekuatan energi yang tidak jelas; Anda mempunyai tubuh yang luar biasa, Nikmati sepenuhnya dan tetaplah bugar.

Ingatlah tubuh Anda membutuhkan dan layak dicintai. Semakin Anda mencinai tubuh Anda maka semakin mudah bagi Anda untuk menyadari betapa cantiknya tubuh dan diri Anda. Dan itu indah!

 

CARILAH KESEHATAN ALAMI DAN SEIMBANG

Pada bahasan yang sama, untuk menjadi bahaga, Anda harus sehat. Makanlah makanan yang bergizi, rawatlah tubuh dan pikiran Anda dengan baik dan bijak, minumlah air yang cukup dan tidur yang cukup pula. Dan jangan stres terlalu sering walaupun itu stres karena hal kesehatan. Sesekali makanlah sepotong kue yang Anda suka.

Dengan tidak berlebihan, Anda dapat merayakan bagian hidup Anda dengan cara yang paling gila seperti berjalan dan bercakap dengan seorang teman lama sampai matahari terbit, makan setengah kue pada hari ulang tahun Anda, atau merayakannya dengan teman dan menikmati minuman segara setelah mendaki gunung.

Jadilah sehat tetapi jangan terlalu mengingini kenikmatan hidup yang berlebihan.

JELAJAHI PLANET

Apakah Anda pernah berdiri di pantai yang sepi dan memandang senja lalu berpikir, inilah dunia yang luar biasa dan kita hanyalah seperti sebuah belati dalam luasnya semesta. Dan hanya ada aku. Namun demikian, kita hidup di planet yang ajaib ini yang tidak hanya mendukung kehidupan tetapi juga mendorong untuk berkembang.

Luangkan waktu untuk menjelajah bagian bumi  yang Anda mampu. Kemanapun. Bahkan jika Anda harus tetap menjelajah daerah sekitar Anda, selalu temukan sesuatu yang baru dan menakjubkan di sekeliling kita. Bukalah diri Anda pada lingkungan dan budaya yang baru sesering mungkin.

 

AMBILAH WAKTU UNTUK BERSYUKUR

Seringkali kita hanya melihat pada hal buruk, negatif dan yang tidak menguntungkan dalam hidup kita. Dan kita selalu teringat akan hal-hal manis.

Berhentilah sejenak dari menganalisa dan memikirkan hal-hal negatif ini terus menerus agar dapat juga melihat dan mengakui adanya bagian-bagian baik dalam hidup Anda.

Saat Anda membaca tulisan ini, mungkin Anda memiliki tempat yang hangat untuk tidur, makanan yang bergizi diatas meja makan dan akses komputer. Anda mungkin memiliki keluarga yang sangat mendukung atau mungkin Anda menikmati pekerjaan Anda atau mungkin Anda tida menikmatinya tetapi setidaknya membantu untuk membayar tagihan-tagihan Anda saat ini.

Luangkan waktu sejenak untuk menuliskan hal-hal indah yang Anda miliki dan hal-hal baik yang telah Anda ciptakan untuk diri Anda sendiri. Dan jangan lupa bahwa Anda adalah makhluk yang luar biasa!

Kebahagiaan kadang sulit dipahami. Jadi nikmatilah perjalanan /proses menuju kebahagiaan dan bukan berfokus pada tujuan kebahagiaan itu sendiri.
Orang Amerika lebih terobsesi dengan kebahagiaan dari siapapun tetapi obsesi ini membuat mereka cemas dan ironisnya malah tidak bahagia.
Jangan terlalu memaksakan diri untuk bahagia, itu mengalahkan inti kebahagiaan. Berlatihlah mengarahkan hidup pada arah yang lebih positif, seimbang dan sehat. Anda akan mampu berada dalam perjalanan menuju kepuasan jangka panjang.

 

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Jordyn Cormier

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!