5 Cara Untuk Bebas Dari Gula

5 Cara Untuk Bebas Dari Gula, adakah yang cocok untuk Anda? – Anda sudah memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi gula? Ada banyak cara berbeda untuk menjalaninya. Manakah Anda rasa terbaik untuk Anda?

Bagaimana berhenti mengkonsumsi gula dapat menciptakan atau mengubah pengalaman Anda? Kebanyakan orang akan langsung berhenti secara tiba-tiba dengan memutuskan diri dari segala bentuk gula lalu gagal dalam beberapa hari. Sementara yang lainnya secara perlahan membebaskan diri dari gula dan tidak pernah sepenuhnya lepas dari zat ini. Dengan sadar, ambillah pendekatan dan cara yang paling sesuai dengan profil diet Anda saat ini saat Anda memutuskan untuk melakuka detoks gula.

5 cara untuk bebas dari gula, dimulai dari HARI INI !

Mungkin kita bertanya-tanya, bagimanakah cara terbaik untuk tetap menjalani diet bebas gula? Untuk menjawab rasa penasaran kita serta untuk mengetahui tip untuk mengatasi keinginan pada gula serta membantu kita tetap di jalurnya, bacalah beberapa hal berikut. Tetapi di jalur mana kita berada?

1. DETOKSIFIKASI GULA KOMPLEKS

Detoksifikasi gula kompleks diperuntukkan bagi kedua jenis orang berikut. Yang pertama adalah jenis orang radikal. Jika Anda adalah tipe ini maka Anda adalah orang yang ekstrim dan berkomitmen. Tidak peduli sekuat apapun kesukaan Anda pada gula, bahkan mungkin Anda mengkonsumsinya setiap hari atau beberapa kali dalam satu minggu, Anda adalah tipe orang yang menguasai hampir semua hal dalam hidup Anda. Anda akan bertekad memutuskan hal yang akan Anda lakuka seketika itu juga. Jika Anda mampu melakukan ini dengan baik, maka detoksikasi gula komplek cocok untuk Anda.

Tipe kedua ini cocok bagi mereka yang lebih sadar akan kesehatan. Mungkin saat ini Anda telah berada di jalur yang benar dalam hal mengkonsumsi makanan sehat. Anda telah melakukan pengurangan konsumsi karbohidrat serta makanan kemasan lainnya. Anda mungkin bahkan tidak lagi mengkonsumsi minuman bersoda. Anda bukan baru saja melakukan pemangkasan terhadap makanan yang kurang baik. Jika Anda berada di tipe ini, maka detoksifikasi gula lengkap adalah tantangan yang tepat untuk Anda.

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, apakah detoksifikasi gula lengkap ini diperlukan? Ini akan berarti memangkas permen, hidangan penutup, minuman bersoda, jus, semua jenis karbohidrat (sementara) dan bahkan sebagian besar buah. Jika Anda mengkonsumsi produk hewan maka ada program dari luar negeri yang disebut 21 Day Sugar Detox yang menyediakan rencana serta tantangan 3 (tiga) tingkat yang akan memandu perjalanan kesehatan Anda.

Jenis detoksifikasi ini akan menjadi tantangan bagi para vegetarian atau pelaku diet vegan. Tetapi ini tidak berarti Anda tidak bisa melakukan yang terbaik untuk kesehatan Anda.

Tujuan utama dari tantangan ini adalah mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi dari segala bentuk makanan dan minuman. Kita perlu mengetahui dengan baik bentuk gula yang mempunyai andil paling besar dalam pola diet kita. Selain itu kita perlu mencari tahu bagaimana menggantinya untuk waktu satu bulan atau setidaknya sampai tubuh kita mampu mengatur ulang ulang kebutuhannya akan gula dan sebelum kembali dikenalkan kembali kepada beberapa jenis makanan.

2. TIDAK LAGI MENGKONSUMSI MAKANAN MANIS YANG PALING MUDAH DIHILANGKAN

Langkah kedua untuk meninggalkan gula untuk mereka yang dengan terbuka mengakui apa saja yang mereka konsumsi secara teratur. Mungkin makan hidangan penutup manis sebanyak beberapa kali dalam seminggu ataupun makan pagi dengan makanan manis seperti donat. Jika kita tidak terlatih untuk melihat tabel pada makanan, maka inilah awal yang baik untuk memulainya.

Kita dapat mulai bebas dari gula dengan mengatakan tidak pada semua makanan manis yang menyenangkan, Segala bentuk makanan manis termasuk permen, minuman bersoda, jus, sirup susu, hidangan penutup ataupun makan pagi yang manis. Jika semua itu nyata-nyata makanan manis maka kita tidak lagi bisa mengkonsumsinya. Membiasakan diri untuk mengatakan tidak pada segala makanan manis dan mulai mencari penggantinya adalah hal yang cukup besar untuk dilakukan. Setelah kita mampu berada pada tingkatan berhenti dari gula maka kita dapat mengambil dua metode berikutnya.

3. TANPA GULA TAMBAHAN

Tanpa gula tambahan ini diperuntukkan bagi mereka yang telah yakin menjalankan tahap kedua diatas. Mereka yang telah mampu mengidentifikasikan makanan manis serta mampu menghindari segala suguhan manis seperti makanan penutup, permen dan minuman bersoda. Pada tingkatan ini, kita telah siap untuk masuk pada tahapan berhenti dari gula dan itu sudah terpatri dalam diri.

Jika kita terus melakukan tahap 2 diatas, kita akan mulai membaca label bumbu, minuman kemasan serta makanan kemasan yang kita beli. Kita juga akan belajar tentang semua bentuk gula tambahan yang mungkin hadir dalam bentuk fruktosa, nektar agave, sirup barley malt, jus tebu, karamel ataupun dekstrin.

Kita perlu tahu ada 61 jenis gula yang berbeda yang ada pada tabel makanan. Apa yang biasa kita temukan selama ini adalah beberapa bentuk gula yang berbeda.  Ini adalah salah satu cara pengusaha agar lolos dalam produksi sehingga membuat produksinya terlihat seperti mengandung sedikit gula walaupun kenyataannya lebih banyak dari yang tertulis. Kita mungkin bertanya-tanya tentang jenis gula tambahahan baru yang ada pada label nutrisi. Ini tentang mengidentifikasikan penambahan gula sederhana seperti jus buah. Jadi untuk memberikan kita pemahaman yang lebih akurat, gula ini tidak hanya soal semua bentuk gula yang bermacam-macam.

4. TIDAK ADA LAGI OLAHAN KARBOHIDRAT (dengan item 2 dan 3)

Saat kita telah lebih mahir dalam mengidentifikasi tentang gula dan penganan manis dengan lebih jelas dan lebih dipahami, maka kita seharusnya telah juga siap untuk memasukkan olahan karbohidrat sebagai bentuk lain gula. Tingkat ini adalah tahap persiapan untuk detoksifikasi gula lengkap yaitu dengan berupaya untuk menghilangkan semua karbohidrat untuk waktu singkat. Tujuannya adalah untuk memberikan tubuh kita kesempatan untuk melakukan pengaturan ulang.

Olahan karbohidrat ini termasuk segala macam roti dan adonan tepung putih, pasta, kue kering, sereal untuk sarapan pagi, tepung putih dan juga nasi putih. Ini adalah biji-bijian gandum tanpa kulit arinya. Jika kita ingin mengganti olahan karbohidrat ini dengan gandum utuh, maka kita melakukan ini disamping item nomor 2 dan 3.

5. LAKUKAN DENGAN MUDAH

Cara mudah untuk bebas gula ini dilakukan oleh mereka yang memiliki hubungan sangat buruk dengan gula. Mungkin saja kita merupakan pendatang baru dalam hal kesehatan dan kesejahteraan. Jangan takut! Ada ruang belajar bagi kita. Tidak menjadi buruk ataupun salah jika kita berada di titik kita saat ini. Kita akan lebih berhasil untuk menghargai dan mengakui dimana tepatnya kita berada dan mulai mengambil langkah untuk mencapai tempat yang kita tuju.

Dalam hal ini, kita dapat memulainya dengan mengurangi jumlah gula dan penganan manis dulu sehari, kemudian satu minggu lalu sebulan. Semakin kita membaik, kita dapat pindah ke item 2 dan mulai mengurangi konsumsi gula dari titik itu. Ini tentu saja akan membutuhkan waktu. Tetapi tetaplah berfokus dan tetap tekun menjalankannya untuk dapat mencapai keinginan dalam hidup kita yaitu SEHAT!

PEMIKIRAN AKHIR TENTANG BEBAS GULA

Penting untuk memahami banyaknya tingkatan dalam membebaskan diri dari gula. Kita mungkin mulai melakukan detoksifikasi gula dan tidak menyadari bahwa terkadang kita sendirilah merusak niat kita. Apalagi dengan banyaknya produk kesehatan dan diet yang menyebut diri mereka dengan rendah lemak serta ramah untuk program penurunan berat badan. Padahal kenyataannya mereka mengandung banyak sekali gula.

Pengetahuan adalah kekuatan. Setelah kita mengetahui tingkatan membebaskan diri dari gula yang berbeda-beda, kita bisa mulai di tingkatan mana yang paling masuk akal dengan kondisi kita. Dan nantinya kita akan meningkatkan kemampuan ini. Kita semua pasti berada di tingkatan kesehatan yang berbeda. Jika ingin sukses maka kita harus menemukan tingkat terbaik dan tepat untuk memulai membebaskan diri dari gula.

 

Sumber: www.care2.com

Penulis : Paula Jones

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!