5 Cara Menyerap Vitamin dan Mineral dari Makanan Dengan Lebih Baik

5 cara menyerap vitamin dan mineral dari makanan dengan lebih baik – Ada istilah Anda adalah yang Anda serap. Hal ini berlaku juga untuk hal baik seperti vitamin, mineral dan nutrisi; serta hal yang tidak baik seperti racun dari lingkungan kita, zat tambahan pada makanan. Dalam tulisan ini, kita akan memusatkan pembahasan pada hal-hal yang baik yaitu cara efektif untuk dapat menyerap vitamin dan mineral dengan lebih baik.

Jumlah vitamin dan mineral yang kita serap dari makanan yang kita akan itu bervariasi, mulai dari 10 persen hingga 90 persen. Mengapa variasinya sangat besar? Beberapa faktor memberikan pengaruh pada persentase nutrisi yang sebenarnya Anda dapatkan dari makanan, diantarnya adalah bagaimana makanan itu disiapkan, adakah obat-obatan atau zat tambahan pada makanan Anda, usia Anda, kondisi kesehatan Anda, waktu makan serta makanan lain yang Anda makan bersamaan.

Sering kali hal ini ini menjadi lebih membingungkan karena jumlah vitamin dan mineral tertentu itu bervasiasi, tergantung pada jenis, cuaca dan kondisi dimana bahan makanan itu, kondisi dan cara penyimpanan dan banyaknya variasi alami

Sebagai contohnya, menurut data dari National Nutrient yang ditentukan dari 14 contoh, pisang dalam ukuran sedang mengandung 42,2 miligram potasium. Tetapi kisaran potasium yang sebenarnya ditemukan dalam contoh-contoh yang diambil tersebut adalah 364 miligram hingga 502 miligram per pisang. Dan ini juga telah dicatat dalam artiket Scientific American terbaru.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, mungkin kita berpikir betapa sulitnya untuk mengetahui apakah kita dan juga tubuh kita telah mendapatkan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Sebenarnya, asupan vitamin dan mineral serta panduan diet yang direkomendasikan menunjukkan bahhwa kita tidak dapat menyerap semua dari makanan yang kita konsumsi.

Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa kita tidak dapat melakukan apa-apa untuk memastikan bahwa tubuh kita dapat menyerap nutrisi dalam jumlah maksimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi makanan segar, bahan makanan mentah, alami bahkan organik jika memang memungkinkan.

Berikut adalah 5 (lima) cara yang dapat dilakukan agar penyerapan vitamin dan mineral dari makanan kita berlangsung lebih baik :

ENZIM PENCERNAAN

Enzim pencernaan adalah protein aktif (asam amino) yang membantu proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Enzim pencernaan umumnya adalah amilase, laktase, lipase dan juga protease yang diproduksi di saluran pencernaan. Tugas enzim-enzim ini adalah melakukan metabolisme makanan menjadi nutrisi yang dapat dicerna untuk kemudian diserap dan digunakan oleh tubuh.

Walaupun enzim pencernaan dihasilkan didalam tubuh, enzim ini juga ditemukan dalam makanan mentah seperti bromelain dalam buah nanas dan papain dalam buah pepaya. Enzim pencernaan juga tersedia dalam bentuk suplemen, akan tetapi jika Anda mengalami masalah dalam enzim di lambung, mungkin saja suplemten tidak akan membantu dalam meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral.

 

PROBIOTIK

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan banyak enzim berbeda termasuk jenis enzim yang dapat membantu proses pencernaan dan penyerapan. Bakteri menguntungkan ini tersedia dalam bentuk suplemen dan makanan yang difermentasikan seperti kefir, kimch, sauerkraut, yoghurt dan juga tempe.

 

NUTRISI YANG BERMANFAAT

Jika Anda menggabungkan makanan-makanan tertentu, Anda dapat meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu. Sebagai contohnya, makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam menyerap zat besi terutama yang berasal dari makanan nabati. Salah satu contohnya adalah makan pagi dengan sereal yang kaya zat besi atau dengan segenggam kismis dengan minum jus jeruk. Vitamin B lebih baik diserap saat dikonsumsi bersama dengan vitamin C dan lemak makanan.

Minyak kelapa juga memiliki proporsi asam lemak dengan rantai menengah (MCFA  : medium chain fatty acid) yang besar. Ini dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi anti oksidan serta nutrisi lain dari makanan Anda. Asam lemak dengan rantai menengah di minyak kelapa lebih sedikit ditemukan dibanding dengan asam lemak yang ditemukan di sebagian besar minyak jenis lain. Sehingga asam lemak ini lebih mampu memasuki membran sel.

Asam folat pada vitamin B merupakan bentuk yang ditambahkan ke dalam makanan. Biasanya tersedia secara hayati daripada dalam bentuk vitamin yang ditemukan dalam makanan (folat). Untuk meningkatkan penyerapan vitamin B, makanan yang kaya folat seperti sayuran hijau, dapat dikonsumsi bersama dengan makanan yang diperkaya dengan asam folat.

 

PREBIOTIK

Pada dasarnya prebiotik adalah karbohidrat – serat tidak larut – yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Namun, prebiotik adalah makanan super atau nutrisi untuk bakteri yang menguntungkan dalam usus manusia. Oleh karena itu, prebiotik ini dapat menstimulasi pertumbuhan dan aktivitas probiotiks serta membuatnya lebih mudah dalam penyerapan vitamin dan mineral dari makanan.

Prebiotik memiliki nama yang tidak mudah diucapkan oleh lidah kita diantaranya adalah oligofructosa, fructooligosaccharides (FOS), galactooligosaccharides (GOS), xylooligosaccharides dan juga inulin. Kabar baiknya adalah kita dapat memperoleh semua prebiotik yang dibutuhkan tubuh ini dengan mengkonsumsi banyak sayuran segar yang kaya dengan serat larut seperti brokoli, kembang kol, kale, bayam, lobak dan sayuran hijau lainnya serta bawang putih, daun bawang, asparagus juga pisang.

 

LIDAH BUAYA (ALOE VERA)

Mungkin Anda telah tahu bahwa lidah buaya adalah tanaman yang berguna dalam keseharian kita. Biasanya digunakan dalam penanganan luka ringan dan luka bakar. Namun, lidah buaya juga dapat membantu dalam penyerapan vitamin.

Dalam penelitian yang dilakukan di UC Davis Medical Center, para peneliti melakukan evaluasi terhadap penggunaan gel daun bagian dalam lidah buaya dan gel daun lidah buaya utuh terhadap sukarelawan yang sehat. Ini bertujuan untuk melihat bagaimana kedua gel ini mempengaruhi bioavailabilitas vitamin C sebanyak 500 gram dan vitamin B12 sebanyak 1 miligram (bioavailabilitas adalah proporsi obat atau substansi lain yang masuk kedalam sirkulasi saat dimasukkan ke dalam tubuh serta dapat memiliki efek aktif). Air digunakan sebagai pengotrol. Kedua gel lidah buaya secara signifikan meningkatkan tingkat kedua vitamin serta meningkatkan bioavailabilitas dan potensi anti oksidan yang dikandung.

Dalam penelitian lain, penggunaan jus lidah buaya yang telah ditambahkan dengan polisakarida menunjukkan bahwa orang yang diteliti mengalami peningkatan 20 kali lipat dalam penyerapan suplemen vitamin C ketika mereka mengkonsumsi 2 ons jus lidah buaya. Penelitian ini dilakukan oleh Lily of Desert.

Anda adalah apa yang Anda serap. Jika Anda memulai dengan mengkonsumsi makanan organik yang sehat dan alami. Lalu Anda dapat merasakan manfaat nutrisi lebih luas dengan meningkatnya penyerapan vitamin, mineral dan nutrisi lain dari makanan yang Anda konsumsi tersebut.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Deborah Mitchell

Gambar : Thinkstock

 

 

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!