5 Alasan Mengejutkan Mengapa Merasa Kelelahan Setelah Berolahraga

5 Alasan Mengejutkan Mengapa Merasa Kelelahan Setelah Berolahraga – Kita harusnya merasa bersemangat setelah berolahraga, bukan merasa seperti tertabrak bis. Sayangnya, banyak dari kita yang merasa kalah setelah berolahraga. Kelelahan paska berolahraga membuat kita merasa hampir mustahil bisa menikmati latihan dan olahraga secara konsisten. Untungnya, kita dapat mengatasi halangan umum ini dengan mengidentifikasikan alasan yang membuat kita merasa lelah setelah berolahraga.

KITA TIDAK TIDUR DENGAN CUKUP

Tidur memainkan peran penting dalam menjaga perasaan (mood) tetap baik dan tubuh tetap berenergi. Jika kita tidak tidur selama 7 – 8 jam, maka mungkin kita akan merasa lelah setelah berolahraga.

Walaupun olahraga pagi adalah hal yang luar biasa, jangan mengurangi jam tidur dengan alasan berolahraga di pagi hari. Sangatlah baik untuk tidur dengan cukup lalu berolahraga setelahnya. Kurang tidur bisa menjadi masalah terbesar apalagi jia kita merasa mengantuk setelah berolahraga. Tuntaskan masalah ini dengan tidur lebih lama dan praktekkan beberapa tips untuk memperbaiki kualitas tidur.

MELAKUKAN OLAHRAGA TERLALU MENANTANG

Kita mungkin melakukan kesalahan ini di masa lalu dan berakhir dengan membuang waktu akibat merasa kelelahan. Yang mengejutkan, olah raga akan menjadi berat jika tidak melibatkan angkat berat atau pengulangan beberapa set. Ini semua tergantung juga pada tingkat kebugaran kita. Lari selama 30 (tiga puluh) menit dapat membuat kita merasa lelah dan lemah jika kita tidak berolahraga selama beberapa tahun. Karena hal ini sangat penting untuk memudahkan olahraga kita.

Jika kita tidak berada dalam kondisi prima, lakukan latihan sederhana seperti berjalan kaki. Lakukan secara singkat sekitar 10-20 menit. Kemudian secara bertahap lakukan latihan yang lebih berat saat kita telah lebih bugar. Sadailah bahwa kita tidak perlu tergesa-gesa melakukan latihan berat untuk mendapatkan bentuk tubuh terbaik. Latihan singkat dapat membuat kita tetap ramping dan kuat asal dilakukan secara konsisten.

KEMUNGKINAN DEHIDRASI

Tubuh kita kehilangan cairan melalui keringat saat berolahraga. Jika kita tidak mengkonsumsi cukup air sebelum, saat dan setelah berolahraga, kita akan merasa lelah.

Selalu minumlah segelas air sebelum berolahraga terutama di pagi hari. Hal ini karena saat pagi hari tubuh kita telah kehilangan sejumlah air saat kita tidur. Akan tetapi minum terlalu banyak air juga dapat menyabotase kegiatan olahraga kita. Minumlah secukupnya selama melakukan olahraga, bukan minum banyak-banyak.

NUTRISI KITA MUNGKIN PENYEBABNYA

Untuk beberapa orang, berolahraga dengan perut kosong dapat memicu rasa lelah setelah berolahraga. Mengkonsumsi makanan yang salah sebelum berolahraga seperti makanan dengan lemak tinggi juga dapat menyebabkan mual dan lelah setelah berolahraga. Isilah energi tubuh sebelum berolahraga dengan makanan ringan seperti buah, protein atau smoothie. Serta hindari mengkonsumsi makan berat paling tidak 2 (dua) jam sebelum berolahraga. Makanan sehat yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga adalah makanan dengan karbohidrat sehat serta protein dapat meningkatkan energi tubuh kita.

ADANYA KONDISI MEDIS YANG TIDAK DIKETAHUI

Kelelahan juga dapat merupakan tanda dari beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, masalah penafasan saat tidur ataupun masalah pada kelenjar tiroid. Jika masih merasa lelah setelah berolahraga walaupun kita sudah melakukan strategi baru yang disarankan diatas, segera lakukan tes kesehatan yang berhubungan dengan kelelahan.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis: Brian Syuki

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!