4 Teknik Meditasi Yang Harus Dicoba Oleh Pemula

4 Teknik Meditasi Yang Harus Dicoba Oleh PemulaJika Anda takut salah dalam melakukan meditasi, cobalah meditasi dengan panduan. Ini seperti memiliki pelatih pribadi di pusat kebugaran. Seorang instruktur berbicara kepada Anda untuk memandu latihan membersihkan dan memfokuskan pikiran Anda. Temukan dan bergabung pada kelas di pusat kebugaran atau studio yoga. Bisa juga dengan mendengarkan sesi singkat, mungkin 5 (lima) menit pada aplikasi seperti Headspace atau Insight Timer yang menawarkan meditasi dengan bimbingan tokoh-tokoh terkenal seperti Eckhart Tolle (keduanya adalah aplikasi bebas bayar dari App Store atau Google Play).

4 Teknik Meditasi Yang Harus Dicoba Oleh Pemula

Jika Anda tidak bisa duduk tenang, cobalah meditasi bergerak. Jika Anda dapat merajut ataupun merajang sayuran, Anda dapat bermeditasi. “Meditasi juga dapat dilakukan saat Anda benar-benar fokus pada benang saat Anda sedang merajut”, demikian ungkap Schwartz. Bahkan dalam serangkaian buku karya Thich Nhat Hanh, termasuk yang berjudul “How to Walk and How to Eat” (Parallax Press), memberikan sejumlah instruksi tentang cara bermeditasi sambil melakukan kegiatan sehari-hari.

Jika Anda tidak punya banyak waktu – cobalah menarik nafas. Anda dapat bermeditasi secara kumulatif, satu menit setiap jam. “Hanya itu yang Anda butuhkan,” kata Schwartz. Anda bisa melakukan ini saat ini mengantri di Starbucks. Ambil nafas selama dua atau tiga detik, amati situasinya, kenali perasaan Anda, lalu buang nafas dan lanjutkan dengan hidup Anda. Maka Anda baru saja bermeditasi,

4 Jenis Meditasi Untuk Menyembuhkan Pikiran dan Jiwa

Apapun yang Anda lakukan untuk menenangkan pikiran Anda, semua itu adalah hal baik. Apakah itu melakukan yoga atau hanya duduk di tempat tenang dan membiarkan diri kita beristirahat. Meditasi dapat dilakukan dalam banyak cara, dan banyak dari cara-cara itu mudah untuk dilakukan.

Berikut adalah petunjuk latihan yang paling populer dilakukan :

1. MEDITASI PENUH

Anda berkonsentrasi pada satu hal misalnya pada jalan nafas. Ini juga dikenal sebagai meditasi dengan perhatian terfokus

2. MEDITASI ALA ZEN

Jenis ini dimulai dengan posisi duduk tetapi juga dapat melibatkan gerakan seperti berjalan.

3. MEDITASI PEMANTAUAN TERBUKA (OPEN MONITORING)

Seperti halnya seorang penonton, Anda menelaah pemikiran yang keluar dan masuk dari kembara pikiran Anda sendiri.

4. MEDITASI VEDA (VEDIC MEDITATION)

Anda akan berulang merapal kata-kata ataupun mantra. Salah satu yang terkenal adalah meditasi transendental.

Stres sebenarnya adalah respond biologis alami. Ini yang menyelamatkan dari kerusuhan diri. Tetapi dalam kehidupan dunia metropolitan, stres psikologis malahan tidak baik untuk penderitanya. Sayangnya, stres ini berada dekat di sekitar kita dan tidak dapat dihindari. Apakah Anda kuatir akan kehilangan tempat tinggal, pekerjaan atau hanya pikiran Anda saja yang pelik. Ada cara untuk mengelola akibat stres ini.

Sumber : www.marthastewart.com

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!