4 Makanan Yang Mempercepat Penuaan

4 Makanan Yang Mempercepat Penuaan – Tahukah Anda secepat Anda makanan yang Anda makan menyebabkan Anda berkeriput? Makanan tertentu dapat menyebabkan lingkar pinggang Anda melebar namun sebenarnya makanan-makanan ini juga akan mempercepat proses penuaan dalam tubuh Anda. Jika Anda mengkonsumsi makaan yang berinflamasi secara terus menerus, makanan ini akan merusak fungsi pengaturan pada tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan penyakit, degenerasi selular dan juga keriput.

Berikut adalah 4 (empat) jenis makanan yang harus dikontrol konsumsinya untuk mengendalikan penuaan dini pada sel tubuh Anda :

MINYAK YANG SEBAGIAN TERHIDROGENASI

Minyak yang sebagian terhidrogenasi sering ditemukan pada makanan olahan. Minyak ini dapat menyebarkan peradangan ke seluruh tubuh Anda dan juga menciptakan radikal bebas.  Radikal bebas ini akhirnya merusak DNA Anda dan menyebabkan sel-sel menjadi tidak berfungsi jika sel-sel ini berada pada tahapan sakit atau mati. The  Environmental Working Group memperkirakan bahwa walaupun “lemak trans” yang muncul pada label nutrisi makanan hanyalah 2%, lemak inflamasi ini berpotensi digunakan oleh 37% makanan olahan karena lemak trans tidak harus diberikan label jika disajikan dalam kurang dari 0.5 gram. Selain minyak yang sebagian terhidrogenasi, lemak trans juga ditemukan dalam minyak olahn, bahan pengemulsi, minyak yang terhidrogenasi penuh dan juga beberapa perasa tambahan dan pewarna. Jadi, bagaimana Anda dapat menghindari penuaan dini sel tubuh Anda dengan lemak trans ini? Hal teraman  yang dapat dilakukan adalah makan makanan yang mengandung nutrisi padat, makanan olahan yang bebas dari segala zat tambahan – bukanmakanan yang datang dalam kemasan.

KELEBIHAN GULA

Secara naluriah kita suka makanan yang mengandung gula dan ini sepertinya sudah mendarah daging dalam diri kita. Gula yang kaya energi dan mudah didapatkan ini memang bagus bagi mereka yang memiliki aktivitas tinggi. Namun sebagian besar dari kita lebih banyak duduk dan tetap makan banyak gula. Jadi saat kita mengkonsumsi gula padat, gula hanya akan merusak tubuh kita. Kelebihan gula dalam aliran darah menyebabkan hilangnya kolagen dalam kulit dan mempercepat timbulnya keriput juga merusak mitokondria di dalam sel kita.

Kerusakan pada sumber energi di sel kita menyebabkan degenerasi ingatan, penglihatan dan berkurangnya energi serta masih banyak hal lain. Selain penuaan dini, terlalu banyak gula juga mendorong berkembangnya penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan alzheimer. Gula adalah zat adiktif yang mudah didapatkan. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menghindari makanan olahan dan menggunakan sedikit gula alami seperti madu mentah, sirup mapel, gula kepala, kurma dengan tidak berlebihan.

 

KARBOHIDRAT YANG DIMURNIKAN

Karbohidrat yang dimurnikan ini dapat ditemukan di tepung putih dan ini sangat mirip dengan gula rafinasi dalam tubuh kita. Dengan sedikit serat yang kita konsumsi, kita dapat memperlambat penyerapannya di dalam darah. Karbohidrat dapat menyebabkan masalah yaitu dengan meningkatnya insulin dan mendorong perkembangan resistensi insulin dari waktu ke waktu.

Dengan mengkonsumsi karbohidrat sehat seperti buah, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti quinoa dan beras merah, Anda akan mengalami pelepasan energi yang lebih lama. Serat dan pati yang dapat difermentasikan ini akan memberi makan bakteri dalam usus sehingga dapt mengendalikan respon insulin secara signifikan.

 

MENGGORENG DENGAN DEEP FRIED / MAKANAN BAKAR

Memasak pada suhu tinggi meningkatkan peradangan senyawa yang kita kenal sebagai produk Advance Glycation End (AGE). Ironisnya, AGE ini benar-benar mempercepat penuaan dini Anda. AGE mendorong tekanan oksidasi dan peradangan dalam tubuh.  Tingginya tingkat AGE dalam tubuh terkait dengan osteoporosis, neurodegenerasi, penyakit jantung, stoke dan penyakit yang berhubungan dengan usia lainnya.

Sementara AGE secara alami terjadi dalam tubuh kita, meninngkatkan beban dengan makanan yang dimasak dengan proses yang berlebih (berat) dapat mempercepat kerusakannya. Untuk menghindari hal ini, cobalah memasak pada suhu yang rendah. Memang sesekali memanjakan diri dengan makanan yang digoreng atau dipanggang tentu saja diperbolehkan bagi orang sehat walaupun dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Pada dasarnya, jika Anda mengkonsumsi makanan sehat yang tidak diproses/digoreng secara berlebihan, Anda memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengalami penuaan secara alami dan tidak memaksanya lebih cepat. Sebagai bonusnya, jika Anda memperhatikan hal-hal diatas maka Anda akan merasa jauh lebih sehat juga.

 

Sumber : www.care2.com

Penulis : Jordyn Cormier

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!