4 Cara Super Sederhana Menghilangkan Lalat Buah

4 Cara Super Sederhana Menghilangkan Lalat Buah – Sudah lama bergelut dengan serangga kecil yang berkeliaran di dapur kita? Berikut ini beberapa cara yang seharusnya dapat dilakukan untuk mengeluarkan serangga dari rambut kita hingga mangkuk buah untuk seterusnya.

Lalat buah merupakan masalah sepanjang tahun. Namun lalat cenderung sulit dikendalikan saat musim panas dan saat musim buah tertentu dipanen. Sayangnya,  walaupun kita telah mengambil langkah pencegahan untuk menjauhkan lalat buah dengan menempatkan buah matang di lemari es, memastikan pintu dan jendela tertutup atau memasang kasa pada keduanya. Hanya saja, lalat masih menemukan cara untuk datang disekitar saluran pembuangan, kamar mandi yang jarang digunakan dan masih banyak lagi. Ketika kita menamukan bahwa rumah kita telah dikuasai oleh hama kecil ini, haruslah kita mengambil langkah untuk menghilangkan gangguan ini selamanya.

4 Cara Super Sederhana Menghilangkan Serangga Pada Buah-buahan

GUNAKAN CUKA APEL DAN SABUN

Lalat buah sangat tertarik pada cuka apel. Jadi ini adalah ide bagus untuk menggunakan cuka untuk memancing lalat ke perangkap buatan sendiri. Yang perlu kita lakukan mencampurkan sedikit cuka apel dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Lalu tempatkan campuran itu pada piring dangkal dan letakkan di atas meja dapur atau di dekat tempat dimana sering diserbu oleh lalat buah.

Sementara cuka apel bekerja untuk menarik lalat masuk, sabun cuci piring akan berfungsi sebagai penghalang yang mencegah lalat keluar dari piring yang telah dimasuki mereka. Akibatnya, lalat apapun jenisnya akan tertarik lalu masuk, tenggelam dan mati.

GUNAKAN BUAH PISANG

Salah satu alasan kita menyingkirkan lalat buah adalah supaya mereka menjauh dari buah-buahan di rumah kita. Tetepi itu tidak berarti kita tidak bisa mengambil keuntungan atas pecinta buah ini dalam proses menghilangkannya. Kita dapat membuat sendiri perangkap lalat buah yang sederhana dengan memasukkan irisan buah pisang ke dalam toples. Lalu pada bagian atas toples masukkan corong dari kertas atau bahan lain dengan bukaan sempit menghadap ke bawah toples. Alat sederhana ini dapat menarik lalat masuk ke dalam toples. Mengapa? Karena lalat tidak bisa menahan diri dari pisang matang namun corong kertas akan membuat mereka kesulitan untuk keluar lagi.

GUNAKAN SEDIKIT ANGGUR MERAH

Seperti halnya pada buah yang masak, lalat buah juga tertarik pada merlot (sejenis anggur dari Perancis). Jangankan lalat buah, kita juga tertarik bukan? Cara sederhana lain untuk membuat sendiri perangkap untuk lalat buah adalah dengan menggunakan sedikit anggur merah. Letakkan anggur merah dalam sebuah mangkuk dangkal lalu tutup dengan bungkus plastik. Buat beberapa lubang dengan menusuk plastik ke bagian dalam. Ini akan memberikan jalan bagi lalat buah untuk masuk ke dalam mangkuk tetapi bungkusnya akan membuat mereka sulit keluar.

GUNAKAN DAUN BASIL ATAU DAUN SALAM

Jika di rumah kita terdapat kebun tanaman untuk bumbu, ada baiknya jika kita menanam beberapa jenis bumbu segar. Basil bisa menjadi pilihan terbaik jika kita berbicara tentang mengusir lalat buah. Yang harus kita lakukan adalah letakkan daun basil ke dalam mangkuk dan letakkan di sekitar makanan atau buah-buahan kita atau letakkan beberapa ranting kedalam mangkuk buah kita. Dan, lalat buah akan menjauh.

Pilihan baik lain adalah daun salam. Memang jenis daun ini kurang terkenal tetapi daun salam sangat baik untuk menjauhkan lalat buah dari makanan dan buah-buahan kita. Mengapa? Karena lalat akan terganggu dengan baunya. Untungnya, bagi manusia kedua daun ini cukup enak walaupun rasaanya sedikit pahit jika dimakan.

 

Sumber: MarthaStewart.com

Penulis : Tamara Rahoumi

Share This:

Leave a Reply

error: Content is protected !!